-->

Gua Seplawan Keindahan Berbalut Misteri di Jawa Tengah

Indonesia disesaki perpaduan gunung dan dataran tinggi di aneka macam daerah. Hal tersebut diiringi kehadiran sejumlah gua. Beberapa konon pernah dipakai menjadi loka tinggal pada zaman dulu. Namun kini tidak sedikit yg dimanfaatkan sebagai loka wisata, galat satunya merupakan Gua Seplawan.

Keindahan Gua Seplawan via Instagram.Com/wistapura

Jawa Tengah mempunyai daerah yang mempunyai relatif poly wisata gua. Beberapa dipakai juga menjadi tempat ibadah, misalnya Gua Seplawan pada Kabupaten Purworejo. Gua ini konon dulunya merupakan
loka ibadah umat Hindu.

Tak hanya indah, gua ini mempunyai sederet rahasia yang belum bisa diungkap hingga kini . Penasaran? Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Bekas Tempat Ibadah Umat Hindu

Patung Dewa Siwa & Dewi Parwati (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Terdapat 2 arca emas pada bibir Gua Seplawan. Keduanya merupakan simbol Dewa Siwa & Dewi Parwati. Meski tampak mengesankan, 2 patung tersebut hanya replika saja. Arca yang asli sekarang berada pada Museum Nasional Jakarta. Konon, artefak versi aslinya sahih-benar dilapisi emas.

Wisata ini beralamat lengkap di Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Cukup terkenal pada antara warga Jawa Tengah. Tak sedikit pula pengunjung yg datang berdasarkan luar wilayah.

Misteri Ujung Gua Seplawan

Gelap & berkesan misterius via Instagram.Com/sherindndakrni

Belum ada seseorang pun yg pernah menjelajah hingga ujung gua, karena sebagian akbar jalurnya masih tertutup dan tidak mampu diakses pengunjung generik. Medannya jua masih berbahaya. Tetapi jangan khawatir, buat kebutuhan wisata, gua ini telah sanggup disusuri hingga beberapa puluh meter.

Menariknya, selain jalan-jalan ada jua beberapa orang yg tiba buat tujuan lain. Menurut pengelola setempat, terdapat yang sengaja mengunjungi khusus buat bertapa. Menurut mitosnya yang berkembang, Seplawan terhubung hingga laut selatan.

Indahnya bagian pada gua via Instagram.Com/fiqih_fiermansyah

Gua Seplawan buka mulai jam 08.00 sampai pukul 17.00. Kondisi di pada gua yg cukup gelap dan rawan sebagai alasan mengapa tempat wisata ini tidak dibuka hingga larut malam.

Setiap pengunjung wajib membayar tiket sebesar Rp5.000. Harga yg cukup murah dibandingkan pesona yg ditawarkan. Begitu masuk gua, wisatawan akan dimanjakan atmosfer eksotis menurut barisan stalaktit & stalakmit. Semuanya tampak menarik pada sorotan lampu warna-warni.

Rute Menuju Gua Seplawan

Warna-warni Gua Seplawan via instagram.Com/john_tri

Bagi yg ingin mengunjungi wisata ini, mampu merogoh rute melewati Samigaluh. Pacu terus tunggangan hingga melewati Gua Kiskendo. Dari situ akan terpampang kentara petunjuk arah menuju Seplawan.

Jalan menuju gua nisbi mini , berkelok, & naik turun. Hal ini bakal jadi tantangan tersendiri. Apabila ingin rute yang lebih gampang, bisa coba melalui Purworejo. Namun demikian kontur jalan di area ini tidak jauh tidak sama dengan jalur pertama.

Ada tips bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi. Sebaiknya menggunakan tunggangan mini atau sepeda motor. Hindari yg jenis matic.

Itulah sedikit ulasan mengenai Gua Seplawan, kenyataan alam indah yg menyimpan rahasia di Jawa Tengah. Bagaimana Teman Traveler, tertarik bertualang pada gua berhiaskan arca emas ini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter