-->

Kamu Pecinta Wisata Sejarah? Kunjungi Kuil Batu di Mesir yang Dipenuhi Fir’aun Raksasa

Mesir dikenal menggunakan destinasi wisata peninggalan peradaban masa lalu, keliru satunya adalah kompleks Piramida Giza. Tidak hanya itu saja, Teman Traveler pecinta wisata sejarah coba juga jelajah kuil batu di Mesir. Beberapa punya keunikan berupa adanya patung Fir’aun raksasa. Mau memahami pada mana saja? Simak ulasannya.

Abu Simbel Temple

Patung Raksasa via Instagram @sylvaincoll
Patung Raksasa via Instagram @sylvaincoll

Abu Simbel adalah kuil di Mesir yg didedikasikan bagi Ramses II alias Ozymandias. Tempat ini telah sangat tua, selesai dibangun saja tahun 1244 SM.

Patung Fir'aun Posisi Duduk via Instagram @youmeandthesaltysea
Patung Fir’aun Posisi Duduk via Instagram @youmeandthesaltysea

Uniknya, Abu Simbel dibangun sejajar dengan poros surya. Sehingga cahaya akan membanjiri bagian dalam kuil, setiap 2 kali pada setahun. Tepatnya lepas 22 Februari dan 22 Oktober. Cahaya akan menerangi patung Ramses, Ra, dan Amun. Namun anehnya, hanya patung Ptah saja yang nir terkena cahaya, permanen tersembunyi pada kembali bayangan.

Bagian dalam Abu Simbel Temple via Instagram @thecompulsivetraveler
Bagian pada Abu Simbel Temple via Instagram @thecompulsivetraveler

apabila ingin berkunjung melipir saja menggunakan tunggangan berdasarkan Bandara Abu Simbel, durasi perjalanan kira-kira 15 mnt. Tiket masuk Abu Simbel Temple sekitar Rp160 ribuan.

Hatshepsut Temple

Patung Raksasa di Hatshepsut Temple via Instagram @elmundoesmejorcontigo

Sesuai menggunakan namanya, kuil batu di Mesir ini dipersembahkan bagi keliru satu fir’aun perempuan Hatshepsut. Tempat suci ini terletak di dekat tebing batu kapur dengan tinggi lebih kurang 300 meter.

Berada di Bawah Tebing Batu Kapur via Instagram @garbelia
Berada pada Bawah Tebing Batu Kapur via Instagram @garbelia

Kuil Hatshepsut bertingkat, dilengkapi teras berpilar, & patung-patung raksasa. Terdapat tabrakan yang bercerita tentang masa pemerintahannya. Ada pula loka pemujaan bagi Anubis, Hathor, Amun, & Ra.

Memasuki Kuil via Instagram @wilifcb4
Memasuki Kuil via Instagram @wilifcb4

Kuil ini buka sepanjang tahun mulai pukul 9 pagi hingga limasore, sebaiknya berkunjung pagi saja supaya tidak kepanasan. Naik sajatunggangan menurut Bandara Internasional Luxor, selama sekitar 1 jam bepergian.Siapkan juga uang tiket kira-kira Rp90 ribuan.

Luxor Temple

Patung Fir'aun Raksasa via Instagram @shesatrailblazer
Patung Fir’aun Raksasa via Instagram @shesatrailblazer

Kuil batu pada Mesir selanjutnya adalah Luxor Temple yang dibangun sang fir’aun Amenhotep III & Ramses II. Serunya, kuil ini masih digunakan menjadi lokasi Festival Opet. Lokasi tersebut berisi patung para ilahi & raja yaitu Amun, Mut, dan Khonsu dikumpulkan pada sini.

Bagian Dalam Luxor Temple via Instagram @shesatrailblazer
Bagian Dalam Luxor Temple via Instagram @shesatrailblazer

Ada juga sebuah pylon alias gerbang spesial Mesir setinggi kurang lebih 24 meter. Dikelilingi 6 patung raksasa Ramses II, tetapi yg tersisa sekarang hanya dua menggunakan posisi duduk dan 1 posisi berdiri.

Relief di Luxor Temple via Instagram @sarah.Experiences.Life
Relief di Luxor Temple via Instagram @sarah.Experiences.Life

Kuil ini dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor, durasibepergian kira-kira 15 mnt menurut Bandara Internasional Luxor. Jangan lupasiapkan tiket masuk kurang lebih Rp115 ribuan.

Ramesseum Temple

Puing Patung Raksasa via Instagram @flywithjennifer
Puing Patung Raksasa via Instagram @flywithjennifer

Ramesseum adalah kuil pemakaman Ramses II. Dilengkapi dengan patung raksasanya menggunakan posisi duduk, setinggi lebih kurang 17 meter. Patung tersebut dipersembahkan bagi Dewa Amon & mendiang raja. Tetapi sekarang yang tersisa hanya potongan-potongannya saja. Dinding kuil ini dilengkapi menggunakan relief, menggambarkan insiden perang Kadesh & Min Festival.

Relief di Ramesseum Temple via Instagram @buscandoalsol
Relief di Ramesseum Temple via Instagram @buscandoalsol

Ramesseum temple yg berada pada dekat Sungai Nil, dapat dijangkau menurut Bandara Internasional Luxor. Durasi sekitar 45 menit berkendara. Cukup rogoh kocek Rp50 ribuan untuk mengakses kuil ini.

Pilar-pilar Raksasa via Instagram @flywithjennifer
Pilar-pilar Raksasa via Instagram @flywithjennifer

Kuil batu di Mesir tersebut siap menyambut Teman Traveler. Berencana liburan ke Mesir? Pastikan mampir ke wisata sejarah menarik yang satu ini, ya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter