-->

Qasr Al-Farid Makam ‘Kesepian’ di Tengah Kota Oasis Konon Mengandung Suatu Kutukan

Arab Saudi memang dikenal sebagai tempat penuh bangunan bersejarah terbuat menurut bebatuan. Salah satunya Qasr Al-Farid yg berada di Madain Saleh, kota terbesar kedua Nabath, bangsa Arab kuno. Tempat ini adalah makam berjuluk the Lonely Castle. Konon juga menyimpan kutukan. Penasaran kelanjutannya? Yuk, simak ulasannya.

‘Kesepian’ pada Tengah Kota Oasis

Sendirian di Tengah Padang Pasir via Instagram @andredemello
Sendirian pada Tengah Padang Pasir via Instagram @andredemello

Qasr Al-Farid memiliki julukan ‘kesepian’ karena keberadaannya sahih-sahih jauh dari situs-situs lainnya. Sehingga jikalau dicermati menurut kejauhan, seolah makam ini sendirian, tidak berteman.

Makam ini diukir dari sebongkah batu besar . Namun pengerjaannya nir pernah selesai. Maka bentuknya seperti yang kini sanggup disaksikan. Tinggi Qasr Al-Farid ini lebih kurang empat lantai.

Qasr Al-Farid adalah simbol ikonik dari Madain Saleh atau Hegra. Sebuah kawasan yang penuh peninggalan Kerajaan Nabatea. Area ini berada di Al-Ula, kota oasis di wilayah Madinah.

Konon Mengandung Kutukan

Konon Tempat Ini Terkutuk via Instagram @antiqua_archeologia
Konon Tempat Ini Terkutuk via Instagram @antiqua_archeologia

Penduduk Muslim setempat sporadis sekali datang ke Qasr Al-Farid. Mereka meyakini loka ini dikutuk sang Nabath, yg kala itu menolak masuk Islam dan meninggalkan yang kuasa mereka.

Nabath sendiri merupakan bangsa Arab antik yg mempunyai beragam keterampilan, salah satunya mengukir batu. Mampu menguasai Mediterania timur hingga bagian utara Arab. Namun masa kejayaan mereka terusik sang keadaan ekonomi & politik bangsa Romawi.

Terjaga Bentuknya Aslinya

Digenangi Air Hujan yang Jarang Turun via Instagram @thetravelpro
Digenangi Air Hujan yg Jarang Turun via Instagram @thetravelpro

Situs peninggalan bangsa Nabath yang populer berada pada Petra, Yordania. Madain Saleh tidak seterkenal kota tadi, jarang pengunjung yang datang ke sini. Sebab loka ini pun terpencil di tengah padang pasir yang kemarau. Beberapa bangunan antik di area ini pun masih ada yg terkubur pada pada pasir.

Suasana Saat Malam via Instagram @yisunphotography
Suasana Saat Malam via Instagram @yisunphotography

Hal tersebut malah membuat bangunan Qasr Al-Farid terjaga bentuknya, nir terjamah tangan-tangan usil. Ditambah lagi iklim kering gurun pasir yg mengawetkannya secara alami.

Kompleks Pemakaman di Madain Saleh

Qasr Al-Farid via Instagram @gabscanu
Qasr Al-Farid via Instagram @gabscanu

Kalau Teman Traveler ke Madain Saleh, tidak hanya singgah ke Qasr Al-Farid. Sebab tempat ini dipenuhi sekitar 130 pemakaman batu. Dilengkapi tabrakan fauna-hewan mitologi misalnya sphinx & grifon, setengah anjing 1/2 elang. Ada pula goresan prasasti yg terbilang rumit. Semuanya output karya bangsa Nabath.

Teman Traveler yang ingin ke Madain Saleh pada Kota Al-Ula ini, sanggup naik tunggangan bermotor menurut Madinah. Memakan waktu lebih kurang 4 jam bepergian. Bagaimana tertarik buat menyaksikan eksklusif makam-makam unik tersebut?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter