-->

4 Makanan Unik yang Bisa Kamu Coba di Tibet Berani Coba Salah Satunya?

Tibet dikenal punya hewan ternak yg diklaim yak. Serupa sapi namun punya bulu panjang & lebat berfungsi melindungi diri dari dingin. Beberapa kuliner & minuman terbuat dari yak, sanggup lemak, daging, bahkan darahnya. Berikut masih ada kuliner unik pada Tibet serba yak. Penasaran? Dibaca ulasannya, ya.

Gyuma

Gyuma via Instagram @gustasian
Gyuma via Instagram @gustasian

Makanan unik pada Tibet ini mungkin terbilang relatif ekstrem. Sebab gyuma merupakan sosis yang terbuat dari darah yak. Cara pengambilannya pun nir biasa. Darah yak diambil tanpa membunuhnya, istilahnya bloodletting. Konon hal tersebut bisa meregenerasi kesehatan yak.

Yak Ada yang Putih dan Hitam via Instagram @ykangmd
Yak Ada yang Putih dan Hitam via Instagram @ykangmd

Darah dicampur dengan nasi, daging yak yang sudahdihaluskan, & garam. Kemudian dimasukkan ke pada usus yg telahdibersihkan. Barulah dimasak dengan cara digoreng, lalu dipotong-pangkas.

Keju Yak

Keju Yak yang Dikeringkan via Instagram @espres_so
Keju Yak yg Dikeringkan via Instagram @espres_so

Keju terbuat berdasarkan susu sapi juga kambing telah biasaberedar pada pasaran. Tetapi, Tibet punya kuliner unik yaitu keju terbuat berdasarkansusu yak. Susu dimatangkan pada padatong tembaga berbahan bakar kotoran yak.Kemudian dikeringkan dan difermentasi dengan garam lokal.

Keju yak sanggupdimakan begitu saja, dicampur roti, juga dikeringkan. Teman Traveler yangingin menjajalnya mampu melipir ke Kota Leh, Ladakh, di negara bagian India yangberbatasan menggunakan Tibet.

Po Cha

Po Cha via Instagram @doggydrooler
Po Cha via Instagram @doggydrooler

Makanan unik pada Tibet selanjutnya dianggap po cha. Ramuan bertekstur kental initerbuat menurut fermentasi teh hitam bernama pu’erh, ditambah garam, & bagianatas diberi fermentasi mentega yak. Minuman ini bermanfaat buat menghalau dingin.Konon punya khasiat yaitu menciptakan tidur lebih nyenyak, menaikkan libido, &membuat badan lebih kuat.

Kalau berada pada Tibet & ditawari po cha, usahakan diminum saja. Lantaran hal tersebut merupakanbentuk keramahan sang tuan tempat tinggal . Penolakan merupakan sesuatu yg kurangsopan. Teman Traveler sanggup mencoba po chadi Ganden Monastery pada Lhasa.

Torma

Torma via Instagram @rinchen_g2005
Torma via Instagram @rinchen_g2005

Dalam tradisi kepercayaan Buddha Tibet, mentega yak yg sudah diwarnai disulap sebagaimajemuk bentuk. Mulai berdasarkan bunga, hewan, & simbol krusial misalnya Buddhamaupun dharma wheel. Patung inidiklaim Torma, yang dibuat sangbiksu, biarawati, juga penduduk setempat.

Torma biasanyadibuat buat festival misalnya Tahun Baru Tibet diklaim Losar. Tetapi tetap dapatditemui sepanjang tahun. Seperti pada Jokhang Temple, Distrik Chengguan, Lhasa.

Teman Traveler berminat menjajal makanan unik Tibet yangmana? Ada planning buat liburan ke kawasan dingin nan suci tadi?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter