-->

Pantai Kaliantan Surga Pecinta Kitesurfing di Lombok

Berbicara mengenai estetika alam Lombok, memang takkan ada habisnya. Pulau Seribu Masjid memiliki banyak pantai yang masih belum
terjamah wisatawan. Masing-masing memiliki karakteristik spesial , tidak sinkron satu sama lain. Termasuk, Pantai Kaliantan.

Karang Pantai Kaliantan yang spesial (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai perawan eksotik ini terletak pada sebelah tenggara Lombok & mempunyai ciri tebing unik. Tak sedikit juga yg menganggapnya sebagai surga pecinta kitesurfing di Pulau Seribu Masjid.

Berada Lumayan Jauh menurut Mataram

Suasana pada Kaliantan yang masih alami dan hening (c) Rosita/Travelingyuk

Jarak Pantai Kaliantan memang cukup jauh dari pusat kota Mataram, kurang lebih 72 kilometer. Lokasi tepatnya ada di Dusun Kaliantan, Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Perjalanan menuju sini bakal memakan waktu lebih kurang dua jam. Wajib memakai kendaraan pribadi, karena tak ada transportasi umum.

Teman Traveler bisa merogoh rute Mataram, lanjut ke Praya, kemudian ke Mujur, teruskan hingga Jerowaru. Kemudaian ambil arah Seriwe, dan sampailah kalian di Pantai Kaliantan. Beberapa kilometer menuju lokasi, syarat jalan agak kurang baik. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Lokasi Kaliantan lumayan terpencil, sehingga nir ada terlalu banyak petunjuk jalan menuju sini. Akan lebih mudah bila Teman Traveler bertanya pedoman arah pada penduduk sekitar.

Terpencil dan Jarang Dijamah Wisatawan

Terpencil & jarang dijamah wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Tak banyak memang wisatawan yg berkunjung ke Kaliantan. Suasana sekitarnya masih terasa sangat alami, tenang, & menenangkan. Sangat layak dikunjungi bila Teman Traveler ingin mencari suasana syahdu sambil menikmati pemandangan spesial pesisir.

Posisi Kaliantan berada pada bawah perbukitan dan relatif jauh berdasarkan hingar binar keramaian. Hamparan pasirnya begitu bersih & air lautnya berwarna biru segar. Garis pantai di sini jua cukup panjang, sekitar tujuh kilometer.

Karang di Kaliantan mempunyai rona eksotis (c) Rosita/Travelingyuk

Topografi Kaliantan jua terbilang unik. Di sekelilingnya masih ada bukit
& tebing karang berwarna eksotik. Keberadaan bentang alam ini kian menambah daya tariknya.

Surga Pecinta Kitesurfing

Bibir pantai dihiasi pasir putih higienis (c) Rosita/Travelingyuk

Akhir-akhir ini Pantai Kaliantan banyak disambangi pecinta kitesurfing.
Kebanyakan dari dari kalangan wisatawan mancanegara. Kitesurfing merupakan olahraga unik yang menggunakan papan selancar dan parasut, digerakkan memanfaatkan hembusan angin.

Kaliantan sangat ideal buat kitesurfing, terutama jika dibandingkan dengan pantai lain di Lombok. Garis pantai pada sini lebih luas dan panjang. Periode angin kencang di sini jua lebih usang dibanding tempat lain, yakni selama tujuh bulan antara Maret sampai Oktober.

Lokasi Bau Nyale

Jika menginginkan pengalaman tidak sinkron ketika berkunjung ke Pantai
Kaliantan & Pantai Kuta Mandalika, cobalah datang ketika Upacara Bau Nyale. Tradisi perburuan cacing bahari ini telah jadi event tahunan di Lombok. Memiliki keterkaitan erat dengan Legenda Putri Mandalika.

Upacara Bau Nyale biasanya diselenggarakan setiap Februari. Jangan hingga dilewatkan apabila Teman Traveler sedang berada di Lombok.

Itulah sekilas ulasan tentang Pantai Kaliantan di Lombok Timur, yg sekaligus adalah surga pecinta kitesurfing. Apabila berkunjung ke daerah ini, kalian juga mampu sekalian menyambangi Pantai Ekas, Pink, & Tanjung Bloam.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter