-->

Desa di Atas Pegunungan Ini Dipercaya Sebagai Titik Tengah Indonesia

Desa pada atas pegunungan bernama Umpungeng yg secara administratif masuk ke wilayah Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan ini banyak dibicarakan menjadi titik tengah Indonesia. Letaknya yg berada di atas pegunungan, jauh berdasarkan perkotaan, jadi daya tarik sendiri. Seperti apa persisnya? Simak uraian berikut ini!

1. Terletak pada Kawasan Pegunungan

Berada pada Pegunungan via Instagram/matalangitsoppeng

Desa Umpungeng berada di tempat pegunungan Neneconang dan Gunung Laposo. Lokasinya berada pada ketinggian 1000-1500 mdpl. Ia berjarak 10 Km ke sebelah barat daya dari ibu kota Kabupaten Soppeng.

2. Situs Megalitikum Tempat Pertemuan Para Raja Zaman Dulu

Disebut Sebagai Salah Satu Situs Megalitikum via Instagram/akbar_bebeto

Menurut beberapa cerita, daerah ini merupakan galat satu situs megalitukum. Ia berupa gugusan batu-batu gunung yang melingkar. Batu-batu gunung tersebut melingkari batu yg terdapat pada bagian tengah. Konon, dalam zaman dahulu, loka ini dipakai sebagai area pertemuan para raja.

Dikelilingi Batu-batu via Instagram/masblack99

Setiap satu batu yg melingkar tadi berdasarkan cerita adalah tempat duduk berdasarkan satu perwakilan. Tempat ini lalu menjadi simbol pemersatu dan banyak dikunjungi warga berdasarkan banyak wilayah.

tiga. Titik Tengah Berupa Lubang yang Sangat Dalam & Ditutupi Batu Besar

Titik Tengah Indonesia via Instagram/linda93ar

Desa yg dianggap menjadi titik tengah Indonesia ini dalam bahasa Bugis dijuluki Posi’na Tanae yg artinya pusar atau pusat tanah. Wilayah yg disebut menjadi titik paling tengah negeri ini berupa tanah yang dipagari sang batuan.

Desa Umpungeng menurut Atas via Instagram/matalangitsoppeng

Pagar tersebut dibentuk mengelilingi sebuah lubang yang ditutup sang batu. Menurut cerita berdasarkan rakyat, seperti yg dilansir dari Tribun, batu tersebut berfungsi buat menutupi lubang yang sangat dalam. Warga boleh menyentuh batu yg mengelilinginya, namun berhati-hati waktu menginjak tanahnya.

4. Akses yang Menantang

Meski Aksesnya Menantan, Ia Banyak Dikunjungi via Instagram/arie_performance

Teman Traveler bertanya-tanya dengan eksistensi titik tengah Indonesia ini? Siapkan fisik ya, lantaran akses menuju Desa Umpungeng masih relatif menantang buat dilalui. Dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, ketika yang diperlukan kurang lebih tiga jam. Meski begitu, beliau tetap poly dikunjungi!

Bagaimana? Apabila telah mengunjungi titik nol kilometer di Sabang, nggak terdapat salahnya buat mampir di titik tengah negeri ini, kan? Kalau begitu selamat berlibur ke Sulawesi Selatan!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter