-->

Asyiknya Jelajah Lorong Bakau Gili Petagan Bagai Hutan Amazon

Mendengar nama Lombok, pikiran Teman Traveler mungkin akan tertuju pada sederet tempat wisata seperti Gili Trawangan, Air, & Meno. Wisata tadi memang sudah tak asing lagi pada indera pendengaran wisatawan. Namun tahukah Teman Traveler, bahwa Lombok masih punya pulau kecil lain yang tak kalah menarik, yaitu Gili Petagan?

Menelusuri lorong-lorong bakau di Gili Petagan (c) Rosita/Travelingyuk

Di ujung timur, kalian bisa menemukan gugusan gili manis yang menawarkan perbedaan makna syahdu. Meski belum populer, Gili Petagan mempunyai sederet pesona menarik.

Cukup Jauh dari Mataram

Birunya laut di perairan Petagan (c) Rosita/Travelingyuk

Gili Petagan berada pada Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Posisinya cukup jauh dari Mataram. Untuk bisa sampai sini, Teman Traveler mampu berkecimpung menuju Labuan Pandan di Sambelia. Kira-kira akan butuh ketika sekitar 2 1/2 jam menurut pusat kota.

Setelah datang di Labuan Pandan, kalian bisa menitipkan tunggangan dalam rakyat sekitar. Tenang saja, sepeda motor atau mobil kalian akan kondusif berada di sana. Setelah itu, langkah berikutnya merupakan menyewa perahu di Pondok Gili Lampu buat menjelajah Gili Petagan. Setelah itu, kalian akan menempuh bepergian lebih kurang 30 mnt sebelum sampai tempat tujuan.

Lorong-lorong bakau bak Hutan Amazon

Deretan pohon bakau di kurang lebih pulau (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler bakal terpukau waktu perahu melaju melewati lorong-lorong bakau pada Gili Petagan. Deretan tumbuhan penghalau ombak tersebut terlihat amat rimbun, hadirkan pemadangan bagai pada Hutan Amazon. Tetapi hening saja, kalian takkan bertemu hewan buas pada sini. Setelah beberapa ketika, Teman Traveler akan sampai di sebuah kawasan mirip danau yg dikelilingi hutan bakau.

Petagan sendiri memiliki luas sekitar 50 hektar. Hutan bakau pada sini konon sudah terdapat semenjak zaman penjajahan Jepang. Sejauh mata memandang, terlihat hamparan padang lamun dan terumbu karang indah. Di sekeliling nampak perairan berwarna biru. Udara kurang lebih juga terasa sangat segar.

Caption: Gili Petagan hanya bisa ditelusuri waktu air laut tidak pada syarat surut (asal foto: rosita)

Gili di Ujung Timur Lombok

Petagan sanggup jadi keliru satu destinasi menarik buat dikunjungi kala Teman Traveler sedang berada di Lombok. Pulau ini adalah bagian menurut deretan gili mini pada yang berada di ujung timur Pulau Seribu Masjid. Setelah berkeliling pada kurang lebih Hutan Bakau, nelayan setempat jua akan mengantar kalian melihat-lihat beberapa pulau mini lainnya.

Posisi Petagan bersebelahan dengan Gili Bidara & Gili Kapal. Pulau-pulau di sekitar sini poly yang tidak berpenguhuni dan belum banyak dikenal wisatawan. Tetapi justru lantaran hal tadi, Teman Traveler sanggup menemukan pemandangan alami tak terjamah plus suasana tenang. Di daerah ini kalian juga dapat melihat gagahnya Gunung Rinjani pada sebelah barat.

Daerah di sekitar Petagan hanya bisa dijelajahi menggunakan bahtera dan nir terdapat pantai buat menyandarkan perahu. Oleh karena itu, kunjungan ke sini usahakan menunggu waktu sempurna saat air sedang tidak surut. Ketika air surut, bahtera takkan mampu melintas.

Lorong bakau bagai Hutan Amazon (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan tentang indahnya daerah pada lebih kurang Gili Petagan, galat satu menurut pulau mini pada ujung timur Lombok. Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yg tertarik berlibur ke sini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter