-->

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen di Solo Resep Turun Temurun yang Menggoyang Lidah

Seenak kuliner pada Jogja, kuliner Solo juga menggugah kesukaan. Terlebih, kebanyakan merupakan masakan tradisional. Salah satunya adalah Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen. Mie nyemek dengan kuah sedap satu ini mempunyai sederet keistimewaan yg membuatnya sayang dilewatkan.

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen dengan Resep Turun Temurun

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen, Via Instagram/ramzi6699
Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen, Via Instagram/ramzi6699

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen baru berjalan kurang lima tahun, namun sudah sangat kondang di Solo. Menu-menu yg ditawarkan memang enak. Bagaimana tidak, bumbu-bumbu yg dipakai ternyata merupakan misteri warisan berdasarkan keluarganya.

Mbah Mangoen sendiri adalah kakek menurut oleh pemilik, Wisnu Setyo Broto. Ternyata, dahulunya kakek sang pemilik pakar memasak bakmi. Konon, keluarga besar dari oleh pemilik yang orisinil berdasarkan Sukorejo, Solo sudah malang melintang dalam usaha bakmi Jawa. Tak mengherankan jika mereka mempunyai resep spesifik yg berisi rempah-rempah alami.

Tanpa Menggunakan MSG

Bakmi godhog, via Instagram/ani_tanusetiawan
Bakmi godhog, via Instagram/ani_tanusetiawan

Pengolahan di tempat makan Solo ini tidak memakai vetsin/MSG dan bahan penyedap rasa lainnya. Ada bumbu spesifik yang tidak dibeberkan sang sang pemilik. Cara mengolah bakminya pun tak berasal rebus. Ada 3 bumbu dasar yg dipakai. Yakni, tumbukan bawang putih, kemiri mutihan dan bumbu khusus lalu bahan-bahan buat membuat bakmi.

Bakmi goreng, via Instagram/praditadiahp1
Bakmi goreng, via Instagram/praditadiahp1

Ciri khas lainnya yang membuat bakmi ini memiliki cita rasa yg tradisional adalah pengunaan anglo atau tungku dengan bahan bakar berupa arang hitam buat memasaknya. Cita rasa makanannya jadi lebih sedap, bumbunya terasa, & taraf kematangannya sanggup pas.

Satu hal lagi, bakmi Jawa ini dibuat satu per satu, sehingga cita rasanya pas. Selain bakmi Jawa, terdapat pula hidangan ayam goreng Jawa, yang teksturnya empuk.

Alamat menurut Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen

Begitu menggiurkan, via Instagram/cumaincip
Begitu menggiurkan, via Instagram/cumaincip

Tergiur buat merasakan bakmi Jawa dan sajian-sajian yang ditawarkan pada loka makan Solo ini? Kamu bisa eksklusif menuju Jl. Kenanga No. 23, Purwosari, Laweyan, Solo. Satu porsi bakmi godok atau goreng pada sini dibanderol Rp18.000. Sementara jika ditambah dengan bahan-bahan yg lainnya rempela ati, uritan, sayap, & lain-lain, harganya Rp25.000 saja.

Bertambah lagi alternatif lain loka kuliner menggiurkan ketika jelajah Solo, bukan? Apabila engkau penggemar olahan mie, Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen ini wajib dicoba.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter