-->

Cari Suasana Tenang di Akhir Pekan? Kebun Raya Purwodadi Bisa Jadi Pilihan

Merasakan suasana segar nan asri, mampu jadi cara efektif buat melepas seluruh penat. Bagi Teman Traveler yang butuh udara segar, bisa coba berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Kawasan hutan konservasi ini adalah hasil pengembangan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Kebun Raya Purwodadi berada pada Jalan Surabaya-Malang Km 65, Desa Purwodadi, Kab.Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya sempurna pada
sebelah kiri jalan raya dari arah Surabaya. Papan namanya relatif sedikit
menjorok ke pada, jadi hati-hati terlewat ya.

Akses menuju sini sangat gampang, hanya jangan hingga melewatkan pintu masuknya. Sebab lalu lintas di sekitar jalan raya sangat padat. Selain itu, Teman Traveler jua harus memutar lumayan jauh. Jika tak membawa kendaraan langsung, kalian bisa naik bus.

Di dalam kebun raya masih ada sebuah jalan primer memanjang yang membagi daerah ini menjadi 2. Selanjutnya kita sebut dengan sisi sebelah kiri dan kanan. Dengan luas mencapai 85 hektar, Kebun Raya Purwodadi memiliki total 11.692 spesimen flora. Lantas seperti apa keseruan yg menanti? Mari kita simak penerangan berikut ini.

Sisi Kiri

Rumah kaca pada kebun raya (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sisi kiri kebun raya mempunyai lebih poly bangunan & spot bermain. Selain fasilitas masjid, Teman Traveler pula akan menemukan taman anggrek, danau, lapangan hijau luas, & sederet area menarik lain. Kawasan ini juga kerap digunakan buat berfoto pre-wedding.

Bangunan menarik lain yg mampu ditemui merupakan rumah kaca. Dari luar, bentuknya kelihatan unik dan megah. Asyik bukan? Selain relaksasi, Teman Traveler juga sanggup berburu foto-foto keren di sini

Pepohonan rimbun di pada kebun raya (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sementara itu, area belakang didominasi sang pepohonan akbar nan rindang, misalnya palem, bambu dan pohon tropis lainnya. Para wisatawan umumnya hanya memadati bagian depan kebun raya. Jadi bila Teman Traveler ingin suasana lebih private dan hening, bisa duduk-duduk di area ini.

Udara sekitar terasa sangat segar. Sama sekali tidak terdengar bunyi bising kendaraan. Sangat cocok buat melepas penat, maupun mencari inspirasi baru.

Jalan Utama

Jalan utama di kebun raya (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Di depan gapura masuk, Teman Traveler akan melihat jalan besar panjang dilingkupi pepohonan hijau menyegarkan. Apabila kalian tidak punya banyak saat atau hanya bertanya-tanya dengan view pada lebih kurang Kebun Raya, mampu menyusuri jalan utama ini.

Jangan lupa buat menengok ke 2 sisi, karena terdapat poly panorama apik yang patut disimak. Beberapa di antaranya bahkan Instagenic. Asyiknya lagi, selain jalan-jalan dan berfoto, Teman Traveler juga bisa piknik, berkeliling naik sepeda, atau bahkan belajar menyetir pada sini, lho.

Anggrek rambat membangun kanopi (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Begitu hingga pada ujung jalan, Teman Traveler akan melihat tumbuhan anggrek merambat membentuk kanopi. Kalian bisa istirahat sejenak di sini, sebelum menjelajah area perkebunan lainnya.

Sisi Kanan

Dari ujung jalan primer, Teman Traveler mampu ambil jalan mini sebelah kanan. Kalian bakal disuguhkan pemandangan hijau yang sedikit lebih dramatis dibanding sebelumnya.

Terdapat sebuah pohon akbar yg tampaknya telah sangat tua. Keberadaannya menciptakan tempat ini terasa eksotis, bagaikan di negeri dongeng. Kalian pula akan mendengar gemericik air dari sungai yg mengalir pada sisi belakang.

Itulah sedikit citra mengenai estetika dan suasana tenang di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Tempat ini buka tiap hari, mulai jam 08.00 hingga 16.00. Selamat berlibur, Teman Traveler. 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter