-->

Durian Bakar di Thailand Cara Baru Menikmati Buah Berduri Ini

Durian merupakan butir yang poly ditemukan di Indonesia. Salah satunya yg populer ada di Medan, yakni Durian Ucok. Tidak hanya dimakan secara langsung, durian jua dikreasikan menjadi majemuk panganan enak, misalnya saja es, kudapan manis, & lain-lain. Paling unik merupakan durian bakar di Thailand.

Durian diolah dengan cara yang neyeleneh, yakni dengan dibakar. Jadilah durian bakar ini jadi keliru satu yang sedang poly diburu waktu tiba ke Negeri Gajah Putih. Seperti apa, ya?

Konon Tren Bermula dari Malaysia pada Tahun 2016

Durian bakar yang nikmat, via Instagram/nok_wipanee
Durian bakar yg nikmat, via Instagram/nok_wipanee

Durian bakar tidak serta merta ada di Thailand. Dilansir berdasarkan Bangkok Post, ternyata tren durian bakar ini asal berdasarkan negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia. Dengan banyak sekali liputan yg gampang tersebar, akhirnya tren ini hingga di Thailand dari tahun 2016 yang lalu. Selang 2 tahun berlalu, tren bukannya habis malah menjadi-jadi banyaknya.

Cara Pengolahan yg Unik

Pengolahan durian bakar, via Instagram/niiniwvv
Pengolahan durian bakar, via Instagram/niiniwvv

Mungkin terdapat yang berfikir jika durian ini dikuliti kemudian dibakar. Tidak seperti itu Teman Traveler. Durian bakar ini sahih-sahih dibakar bersamaan dengan kulitnya.

Buah durian yang masih utuh berbalut kulit kemudian dibakar di tanur terbuka dengan memakai api kecil selama sekitar 45 mnt lamanya. Setelah kira-kira warna kulitnya berubah sebagai hitam, buah ini diangkat & siap tersaji.

Memiliki Cita Rasa yg Berbeda

Timbulkan rasa yang berbeda, via Instagram/justabakaholic
Timbulkan rasa yang berbeda, via Instagram/justabakaholic

Untuk cara penyajiannya beragam. Ada yang dibelah kulitnya, terdapat jua yang pribadi diiris memakai pisau bersama menggunakan kulitnya. Jangan salah sangka, durian yg sudah dibakar ini kulitnya menjadi tidak keras dan mudah buat diiris.

Begitu menggiurkan, via Instagram/famishednomore
Begitu menggiurkan, via Instagram/famishednomore

Menurut mereka yang pernah mencobanya, kuliner Thailand satu ini mempunyai citarasa yg tidak sama dengan yg “mentah” tanpa dibakar. Duriannya menjadi lebih cantik dengan dagingnya yang lebih creamy.

Tempat untuk Berburu Durian Bakar di Thailand

Nikmati durian dengan cara yang berbeda, via Instagram/miso.En.Place
Nikmati durian dengan cara yang tidak selaras, via Instagram/miso.En.Place

apabila kamu kebetulan sedang berada pada Thailand & ingin mencicipinya, terdapat banyak loka yang dikunjungi. Misalnya saja di Provinsi Phitsanulok. Bahkan saking digemarinya, gerai buah bakar ini hingga antri-antri. Untuk harganya, satu buahnya akan dibandrol 250 bath/kg, atau sekitaran Rp110.000.

Keberadaan durian bakar ini akan semakin merajalela waktu musim durian yang umumnya tiba pada awal April sampai pertengahan Juni. Apabila begitu penasaran ingin mencobanya, jangan lewatkan kesempatan emas mencicipinya saat traveling ke Thailand.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter