-->

Boneka Jepang untuk Oleh-oleh Ternyata Banyak Artinya Lho

Negeri Sakura tidak cuma populer sebagai negara wisata menggunakan beragam atraksi menarik. Tetapi jua punya kebudayaan cukup kental dan masih diaplikasikan sampai kini . Salah satunya herbi boneka-boneka di Jepang.

Bukan hanya sekedar mainan, boneka-boneka tersebut juga punya kegunaan lain. Mulai berdasarkan jimat sampai penangkal hujan. Cocok nih buat dijadikan sang-oleh. Mau tahu boneka apa yg paling cocok untukmu?

Daruma

Daruma via Instagram @monkey000913
Daruma via Instagram @monkey000913

Daruma adalah boneka yang paling acapkali dicari ketika tahun baru pada Jepang. Mempunyai bentuk yang mendeskripsikan Bodhidharma, seorang pria yg memperkenalkan seni bela diri pada Kuil Shaolin Tiongkok. Daruma terbuat dari kayu, digambar tanpa pupil mata. Di sinilah letak keistimewaan boneka pembawa keberuntungan ini.

Sang pemilik wajib menggambar satu pupil saat menentukan suatu tujuan tertentu. Kemudian, pupil satunya digambar lagi selesainya tujuan tersebut tercapai. Setelah itu, boneka ini harus dibakar pada sebuah upacara spesifik dianggap Dondo Yaki.

Hina Ningyo

Hina Ningyo via Instagram @andytekkun
Hina Ningyo via Instagram @andytekkun

Hina Ningyo merupakan boneka yang wajib dipajang di rumah-tempat tinggal famili Jepang menggunakan anak perempuan belia. Diletakkan beberapa hari menjelang Hari Anak Perempuan alias Hinamatsuri, yg berlangsung setiap bulan Maret.

Boneka tadi sebagi bentuk do’a bagi sang anak perempuan supaya selalu makmur, sehat, dan punya kehidupan pernikahan bahagia dan stabil. Hina Ningyo umumnya disusun menjadi 7 tingkatan sesuai kasta, merepresentasikan pengadilan kekaisaran termasuk boneka kaisar dan permaisurinya.

Sarubobo

Sarubobo via Instagram @associatakayama
Sarubobo via Instagram @associatakayama

Sarubobo adalah boneka Jepang tanpa muka yang dibentuk menyerupai simpanse. Boneka ini terbuat dari kain berwarna merah. Konon dibuat tidak punya muka, menjadi harapan wajah orang yg dipikirkan bisa inheren dalam Sarubobo.

Boneka kain ini umumnya dibentuk sang seseorang nenek buat cucu-cucunya, sebagai sebuah jimat keberuntungan. Sebagai bentuk do’a supaya oleh cucu kelak bisa menjalani kehidupan pernikahan senang dan punya keturunan yg sehat.

Teru Teru Bozu

Teru Teru Bozu via Instagram @ummmmm4311
Teru Teru Bozu via Instagram @ummmmm4311

Teru Teru Bozu merupakan galat satu boneka spesial Jepang yg relatif populer pada Indonesia. Boneka ini tak jarang timbul di film kartun. Biasanya dibentuk secara sederhana menurut kain berwarna putih oleh anak-anak. Kalau dicermati-lihat, bentuk boneka Teru Teru Bozu memang menyerupai hantu.

Tetapi, sesungguhnya boneka Jepang ini nir mengandung kesan horor, malah diyakini bisa mendatangkan cuaca yg diinginkan, tergantung cara peletakannya. Kalau ingin cuaca cerah maka digantung biasa, tetapi jika mau hujan turun dipasang terbalik.

Kalau sedang liburan di Jepang, Teman Traveler mampu loh sekalian beli boneka-boneka tersebut. Dibawa pergi menjadi sang-oleh. Bagaimana setuju?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter