-->

Empal Gentong Mang Darma di Cirebon Sang Pelopor yang Sudah Ada Sejak 1948

Empal gentong merupakan salah satu kuliner khas Cirebon Jawa Barat yang sekilas mirip menggunakan gulai. Tetapi, umumnya kuliner ini dimasak pada pada gentong atau periuk yang terbuat menurut tanah liat & lalu tersaji menggunakan nasi atau lontong. Salah satu tempat yang populer menyuguhkan empal gentong lezat merupakan Empal Gentong Mang Darma.

Empal Gentong yang Sudah Ada Sejak 1942

Legendaris dan menggugah nafsu makan, via Instagram/hungrycouplee
Legendaris dan menggugah nafsu makan, via Instagram/hungrycouplee

Empal Gentong Mang Darma dirintis dari tahun 1948. Digadang-gadang, masakan satu ini adalah pioner empal gentong pada Cirebon. Sejak tahun 1948, Mang Darma berjualan empal gentong secara berkeliling.

Baru beberapa tahun kemudian, Mang Darma tetapkan buat menyewa lokasi yang sampai kini ini dipakai. Kini, Empal Gentong Mang Darma ini diteruskan sang generasi keempat yakni Radi Agustian.

Sempat Vakum Selama 4 Tahun

Empal Gentong legendaris, via Instagram/akang19
Empal Gentong legendaris, via Instagram/akang19

Empal Gentong Mang Darma sentra ini ternyata sebelumnya sempat berhenti selama 4 tahun lamanya. Kemudian pada bulan November 2018 yang kemudian balik dibuka.

Saat pembukaan pulang, antusias masyarakat relatif akbar. Mereka para pelanggan masih hafal menggunakan cita rasa yang ditawarkan. Ternyata, kesuksesan berdasarkan EGMD ini tidak tanggal menurut kedekatan dengan pelanggan.

Pertahankan Cara Pengolahan Tradisional

Daging yang melimpah, via Instagram/tandiwidjojohenny
Daging yg melimpah, via Instagram/tandiwidjojohenny

Pihak penerus tetap konsisten mempertahankan resep, pengolahan dan trik memasak. Semuanya masih mempertahankan cara tradisional. Mereka masih menggunakan kayu bakar & pula gentong saat pengolahannya. Lantaran itulah, cita rasanya tidak berubah sama sekali.

Pioner empal gentong di Cirebon, via Instagram/lightfoods.Id
Pioner empal gentong di Cirebon, via Instagram/lightfoods.Id

Ada satu bumbu misteri yg hanya diketahui oleh oleh penerus dan itu yang menciptakan citarasanya lezat dan bertahan hingga dtk ini. Untuk sanggup menikmati kelezatan empal gentong pada sini, jangan lupa buat mampir jika ke Cirebon.

Alamat Pusat Empal Gentong Mang Darma

Boleh pakai ketupat atau nasi, via Instagram/apriliawidie
Boleh gunakan ketupat atau nasi, via Instagram/apriliawidie

Alamat Empal Gentong Mang Darma ini berlokasi pada Jl. Slamet Riadi, Krucuk, Cirebon. Tepatnya berada pada sebelah Bank BTN Krucuk. Selain pada loka ini terdapat pula empal gentong dengan resep Mang Darma yakni milik Empal Gentong Mimi Tyah/Bu Darma yang ditemui pada Jl. Diponegoro. Sementara satu lagi bernama Empal Gentong Krucuk Putra Darman, anak Mang Darma. Kamu mampu mencobanya menggunakan harga Rp20.000-an.

apabila sedang jalan-jalan ke Cirebon, tempat makan ini sanggup dicoba. Bisa langsung mencoba ke pusatnya ataupun pada cabangnya. Bagaimana, tertarik buat mencicipinya pribadi?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter