-->

Jelajah Kebun Raya Bali Kebun Botani Terbesar di Indonesia

Selama ini, Bali dikenal menggunakan pesona estetika alamnya. Keelokan Pulau Seribu Pura tak terbatas hanya soal pantai. Jika Teman Traveler menjelajah ke daerah dataran tinggi, ada begitu banyak estetika yg belum seringkali diekspos. Salah satunya bahkan berstatus kebun botani terbesar di Indonesia. Destinasi yg dimaksud adalah Kebun Raya Bali.

Patung Kumbakarna Laga (sumber: rosita)
Patung Kumbakarna Laga (c) Rosita/Travelingyuk

Selain menunjukkan panorama indah, loka ini jua mempunyai sederet wahana bernuansa edukatif. Mari simak pengalaman saya menjelajah eloknya tiap sudut Kebun Raya Bali ini dia.

Tidak Terlalu Jauh dari Denpasar

Salah satu sudut Kebun Raya Bali (c) Rosita/Travelingyuk

Kebun Raya Eka Karya atau lebih dikenal menggunakan Kebun Raya Bali, sanggup ditempuh pada saat lebih kurang satu 1/2 jam dari Denpasar. Meski ke 2 loka tersebut terpisah jeda 80 km, perjalanan takkan terasa melelahkan. Ada banyak pemandangan menarik yang sanggup disaksikan.

Berada pada tempat Bedugul

Pohon cemara koleksi Kebun Raya Bali (sumber: rosita)
Rimbunan pohon cemara di pada taman (c) Rosita/Travelingyuk

Begitu hingga pada sekitar kebun raya, Teman Traveler bakal disambut menggunakan udara sejuk khas Bedugul. Ya, destinasi yg beralamat pada Jalan Kebun Raya, Candikuning ini, masih masuk daerah Bedugul, Kabupaten Tabanan.

Posisi Kebun Raya Eka Karya sebenarnya nir terlalu jauh menurut Pura Ulun Danu Beratan. Tetapi lantaran kurang terekspos, seringkali wisatawan hanya berkunjung ke Danau Beratan saja. Padahal kebun raya ini memberikan pemandangan yg tidak kalah menarik lho. Jangan sampai dilewatkan bila Teman Traveler sedang berada pada daerah Bedugul.

Liburan Anti Monoton di Bali

Suasana sejuk di Kebun Raya Bali (sumber: rosita)
Suasana sejuk di Kebun Raya Bali (c) Rosita/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yg telah seringkali mengunjungi Bali, kebun raya sangat wajib dikunjungi. Tentu saja agar liburan tidak terasa monoton karena monoton menghabiskan waktu pada pantai. Apalagi kalian bakal dibuai segarnya udara dingin spesial Bedugul.

Akses jalan menuju destinasi wisata ini relatif mudah. Tak heran apabila rombongan pelajar maupun karyawan kerap memilih tempat ini sebagai loka rekreasi juga outbond. Tiket masuknya mampu dibilang relatif terjangkau, berada pada kisaran Rp7.000 sampai Rp13.000. Sangat ramah kantong, bukan? Apalagi bagi Teman Traveler yg hobi backpacker-an?. 

Digunakan Juga Sebagai Pusat Penelitian

Taman kaktus (sumber: rosita)
Deretan flora kaktus (c) Rosita/Travelingyuk

Dengan luas mencapai 157,lima hektar, Kebun Raya Bali menyandang status menjadi Kebun Botani terbesar pada Indonesia. Selain dibuka sebagai tempat wisata, loka ini juga berfungsi menjadi balai penelitian nabati, pelestarian tumbuhan, serta pendidikan. Pengunjung bisa menerima banyak pengetahuan berharga soal keanekaragaman tumbuhan di Nusantara.

Tak hanya itu, Kebun Raya Bali juga sebagai tempat asal menurut beberapa spesies burung orisinil Indonesia. Tentunya bakal sangat menyenangkan berkunjung ke sini beserta keluarga maupun sahabat.

Itulah sedikit ulasan tentang pesona Kebun Raya Bali. Adakah di antara Teman Traveler yang telah tertarik berkunjung? Dijamin kalian bakal mendapat pengalaman baru saat liburan di Pulau Seribu Pura.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter