-->

Jepang Akan Punya Pulau Buatan Bernama Yumeshima Siapkan Diri Untuk World Expo 2025

Jepang sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah World Expo 2025. Sebuah program pameran budaya lokal dan bisa menaikkan pendapatan ekonomi. Negeri ini pun sedang pada proses pembuatan pulau buatan, bernama Yumeshima pada Teluk Osaka yg dibangun untuk lokasi acara tingkat dunia tersebut. Penasaran misalnya apa gambarannya? Simak ulasan berikut.

Pulau Buatan di Teluk Osaka

Maket Yumeshima via Twitter @expo2025japan
Maket Yumeshima via Twitter @expo2025japan

Pulau Yumeshima adalah pulau protesis yang akan dibangun di Teluk Osaka, tepatnya daerah Konohana. Yumeshima sendiri berarti “pulau impian”, konsepnya pun akan sesuai dengan nama tersebut. Osaka Metro sebagai salah satu biro transportasi di Jepang, akan menyebarkan pulau ini di atas maupun bawah tanah.

Dibangun Untuk Perhelatan World Expo 2025

Reklamasi Dimulai April 2019 via Twitter @ThalesTransport
Reklamasi Dimulai April 2019 via Twitter @ThalesTransport

Pembangunan pulau buatan Yumeshima demi lokasi event World Expo 2025. Selain itu pula sebagai bagian berdasarkan visi “smart resort city” pada Osaka. Walaupun aktivitas taraf dunia ini baru akan berlangsung sekitar bulan November tahun 2025, namun persiapan sudah dilakukan menurut kini .

Tema buat program tadi pun telah ditentukan, yaitu “Designing Future Society for Our Lives”. Maka semua unsur pengembangan Yumeshima disesuaikan menggunakan tema tersebut. Ini bukan pertama kalinya Jepang sebagai tuan rumah World Expo. Sudah pernah menyelenggarakannya tahun 1970, lokasinya pun sama-sama di Osaka.

Reklamasi Dimulai April 2019

Bertema Designing Future Society for Our Lives via Twitter @expo2025japan
Bertema Designing Future Society for Our Lives via Twitter @expo2025japan

Reklamasi pulau protesis Yumeshima akan segera dimulai bulan April 2019. Dimulai berdasarkan pengurukan daerah berlumpur di tempat Konohana. Yumeshima diperkirakan mempunyai luas sekitar 390 hektar.

Sekitar 155 hektarnya digunakan buat keperluan World Expo, sedangkan 30 hektar berdasarkan keseluruhan area masih berupa huma berlumpur. Proyek ini dijadwalkan selesai tahun 2022.

Fasilitas pada Pulau Yumeshima

Ilustrasi Stasiun Yumeshima via japantrends
Ilustrasi Stasiun Yumeshima via japantrends.Com

Pulau buatan Yumeshima ini nantinya akan dibangun beragam fasilitas. Di antaranya merupakan gedung pencakar langit 55 lantai, berfungsi utama menjadi stasiun Yumeshima. Bangunan tersebut pun akan dilengkapi menggunakan perkantoran, restoran, & hotel. Bahkan akan dibangun pula resort dengan kasino.

Gambaran Yumeshima via Twitter @ShingetsuNews
Gambaran Yumeshima via Twitter @ShingetsuNews

Secara holistik, Yumeshima akan terdiri berdasarkan beberapa bagian. Seperti loka buat fasilitas panel surya, green world, water world, area paviliun, stasiun, terminal kontainer, & tentu saja integrated resort (IR).

Stasiun Yumeshima nantinya akan menjadi halte kereta bawah tanah baru buat jalur kereta Chuo. Didesain menggunakan gaya futuristik yg bisa sebagai gerbang tepi laut Osaka.

Kalau sudah jadi, tentu akan sebagai atraksi menarik baru di Jepang. Apabila liburan ke sini, bisa melipir ke Pulau Yumeshima. Bagaimana, tertarik melihat loka ini lebih dekat??

Related Posts

Subscribe Our Newsletter