-->

Makam Raja di Asia Tenggara Persemayaman Akhir Sang Penguasa yang Menarik untuk Diulik

Raja umumnya punya loka khusus di hati keluarga juga rakyatnya. Tidak heran, sekalipun telah mati mereka permanen punya persemayaman spesifik. Seperti makam-makam raja di beberapa negara Asia Tenggara ini, galat satunya terdapat di Bali. Mau memahami seperti apa makam penguasa tadi? Langsung disimak ulasannya, ya.

Pura Gunung Kawi, Bali-Indonesia

Pura Gunung Kawi, Bali-Indonesia via Instagram @ivan.Eremenko
Pura Gunung Kawi, Bali-Indonesia via Instagram @ivan.Eremenko

Pura Gunung Kawi adalah makam raja pada Asia Tenggara, tepatnya pada Bali. Berlokasi pada daerah pegunungan wilayah Bankar Penaka, Desa Tampaksiring, Gianyar. Di sini terdapat 10 candi yg dipahat di tebing, tempat pemujaan arwah Raja Udayana dan keluarganya. Pura yang telah dibangun sejak abad ke-11 ini juga sebagai destinasi wisata budaya.

Terdapat anggaran bagi pelancong yaitu laki-laki memakai sarung, perempuan pakai kain yang diikat pada pinggang. Pura ini sanggup dicapai dari sentra Ubud dengan kendaraan bermotor, sekitar 30 mnt perjalanan. Siapkan biaya buat tiket kira-kira Rp15 ribuan, plus parkir Rp5 ribuan.

Royal Tombs of Oudong, Kamboja

Royal Tombs of Oudong, Kamboja via Instagram @k.Atus
Royal Tombs of Oudong, Kamboja via Instagram @k.Atus

Royal Tombs of Oudong merupakan makam raja di Asia Tenggara, tepatnya penguasa Kamboja. Pusara yang berlokasi pada atas bukit Phnom Oudong ini berusia sekitar 200 tahun. Tempat ini dilengkapi stupa spesial dan juga kuil. Para raja disemayamkan pada Oudong, karena kota ini dulunya merupakan bunda kota Kamboja sebelum pindah ke Phnom Penh.

Royal Tombs of Oudong ini relatif terkenal di kalangan pelancong, mengingat tempatnya bersejarah dan elok . Tiketnya pun terjangkau, sekitar Rp70 ribuan. Makam ini gampang dicapai dari Phnom Penh, menggunakan kendaraan beroda empat atau motor sewaan. Perjalanan lebih kurang 1 jam. Ada jua bus generik yg berangkat berdasarkan bunda kota Kamboja menuju Oudong.

Wat Phra Si Sanphet Royal Tombs, Thailand

Wat Phra Si Sanphet Royal Tombs, Thailand via Instagram @so3n
Wat Phra Si Sanphet Royal Tombs, Thailand via Instagram @so3n

Wat Phra Si Sanphet ialah sebuah biara yang dibangun buat makam raja pada Thailand. Tempat ini dibangun di daerah istana, dalam abad ke-14 sang Raja U-Thong. Di area ini terdapat kuil, pagoda berbentuk lonceng, dan loka penyimpanan abu raja & keluarganya. Wat Phra Si Sanphet dipercaya sebagai simbol Provinsi Ayutthaya.

Salah satu makam raja di Asia Tenggara ini berlokasi pada Distrik Phra Nakhon Si Ayutthaya, Provinsi Ayutthaya. Dapat ditempuh dengan sepeda maupun tuk-tuk berdasarkan sentra Kota Ayutthaya, memakan ketika sekitar 15 mnt bepergian. Ongkosnya sekitar Rp15 ribuan. Siapkan jua uang tiket masuk, Rp25 ribuan per orang.

Tomb of Emperor Khai Dinh, Vietnam

Tomb of Emperor Khai Dinh, Vietnam via Instagram @cada_travels
Tomb of Emperor Khai Dinh, Vietnam via Instagram @cada_travels

Tempat ini adalah makam Kaisar Khai Dinh dari Dinasti Nguyen. Sang raja sengaja membangun persemayaman akhir yg megah & beda menurut makam raja lainnya. Dibangun glamor layaknya istana pada sisi gunung. Pusaranya saja terletak pada permukaan, harus ditempuh melewati sekitar 127 anak tangga.

Tomb of Emperor Khai Dinh berlokasi di Gunung Chau Chu, kira-kira 10 kilometer menurut Kota Hue. Dapat dicapai dengan becak atau ojek, ongkosnya sekitar Rp170 ribuan. Lebih irit lagi menyewa motor pada hotel pada Jalan Hung Vuong, biayanya Rp70 ribuan per hari. Sisihkan pula uang tiket masuk makam, senilai Rp35 ribuan per orang.

Teman Traveler yg tertarik wisata budaya, sanggup singgah ke makam raja yang jua destinasi wisata tadi. Apakah terdapat yg telah pernah ke salah satunya? Mungkin yang di Bali?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter