-->

Menjaga Keindahan Bawah Laut Pulau Badi Aset Wisata Penting Indonesia

Kelestarian terumbu karang bisa dibilang mulai menurun dampak pemanasan dunia alias dunia warming. Hal ini menyebabkan sejumlah wisata bawah air mengalami penurunan omset, karena poly terumbu karang meninggal dampak bleaching, termasuk di Pulau Badi, Makassar.

Bleaching sendiri merupakan adalah proses karang melepaskan polip akibat hanya tersisa terumbu saja. Hal ini mengakibatkan karang berubah rona menjadi putih & dianggap terjadi lantaran kenaikan suhu pada samudera .

Menyelam & menikmati estetika bawah laut Badi (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Oleh karenanya, cita rasanya penting sekali menjaga kelestarian terumbu karang. Apalagi hal ini termasuk keliru satu aset wisata krusial di Indonesia. Salah satunya pada Pulau Badi, bagian dari formasi Kepulauan Spermonde pada Makassar.

Keindahan Terumbu Karang pada Badi

Keindahan bawah bahari Pulau Badi (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pulau Badi kerap jadi galat satu yang sering diperbincangkan, dibanding pulau-pulau lain di kumpulan Spermonde. Pasalnya, perpaduan terumbu karang di sini bisa dibilang masih utuh dan terjaga. Jauh dari aktivitas ilegal fishing lantaran rakyat lebih kurang telah dibekali pengetahuan soal pentingnya menjaga lingkungan bawah bahari, termasuk pada wisata Makassar satu ini.

Media Transplatansi Karang (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Sejak awal 90an masyarakat Badi telah sadar betul betapa krusialnya kiprah ekosistem laut terhadap kehidupan mereka. Selama beberapa dasa warsa, upaya-upaya menjaga kelestarian terumbu karang dan biota bahari lebih kurang terus dilakukan secara konsisten. Cukup luar biasa, mengingat jika dipikir-pikir rentang ketika tersebut hampir sapa dengan usia aku .

Kerja Sama dengan Akademisi

Media transplantasi berbentuk sarang laba-keuntungan (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Untungnya, warga Pulau Badi tidak lantas dibiarkan sendirian berjuang menjaga estetika bahari di kurang lebih loka tinggal mereka. Mereka sempat mendapat bantuan berdasarkan berbagai pihak, seperti dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari galat satu perusahaan cokelat global).

Dukungan dari kalangan akademisi juga mereka terima. Salah satunya pada bentuk kolaborasi menggunakan civitas academica Universitas Hasanuddin dari jurusan Ilmu Kelautan. Jalinan kerja sama ini umumnya diwarnai menggunakan banyak sekali kegiatan menjaga & membangun eksosisten terumbu karang sekitar pulau.

Keberagaman Ekosistem Laut di Badi

Penyu di depan dermaga Badi (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pulau Badi masuk pada daerah Desa Mattiro Deceng, Kecamatan Liukang Tipabbiring, Kabupaten Pangkajenne Kepulauan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, pulau ini statusnya berpenghuni. Belakangan Badi pula menjadi objek percontohan bagi pulau & daerah lain pada Indonesia, terkait upaya pelestarian terumbu karang.

Ikan Gobi (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

apabila berkesempatan menyelam di perairan lebih kurang Badi, Teman Traveler mampu melihat beberapa ekor penyu berenang dengan bebas. Ada jua sekumpulan Ikan GT atau bubara berseliweran begitu saja. Hal ini adalah bukti kuat bahwa ekosistem terumbu karang di lebih kurang masih terjaga betul.

Bukan hanya panorama secara keseluruhan, biota bahari mini seperti nudibranchia, ikan gobi, ikan scorpion, gosht fish, pigmi horse, dan lain-lain pula bisa Teman Traveler temui di sini. Tentunya bakal sangat mengesankan, terutama bagi kalian penggemar macro photography.

Maka dari itu Teman Traveler, jadilah seseorang traveler yang bijak. Jangan hanya sekedar menjelajah tempat, akan tetapi pelajari jua ekosistemnya. Hal ini krusial supaya seluruh estetika yang kalian lihat sanggup terus dinikmati hingga generasi anak cucu nanti.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter