-->

Pilihan Bestik di Solo Steak dengan Kearifan Lokal Khas Kota Budaya

Bestik di Solo merupakan kuliner khas setempat yang diadopsi berdasarkan masakan Eropa. Konon, mulanya kuliner ini asal berdasarkan kata biefstuk bahasa Belanda ataupun juga beefsteak menurut bahasa Inggris. Ini adalah kuliner peninggalan zaman kolonial Belanda yang pula identik dengan kuliner keraton Solo.

Sekilas, bestik ini seperti menggunakan selat Solo. Bedanya, kuah bestik ini encer, ad interim selat Solo relatif kental. Di Solo ada beberapa lokasi yang menawarkan bestik menjadi hidangan unggulannya. Dimana saja lokasinya? Yuk kita ulas sebagaimana berikut adalah.

Harjo Bestik

Harjo Bestik, via Instagram/solofoodgram
Harjo Bestik, via Instagram/solofoodgram

Harjo Bestik merupakan salah satu dari sekian loka yg relatif terkenal menjajakan bestik di Solo. Untuk varian bestiknya, ada telur, ayam, jeroan, uritan, daging, dan lain-lain. Untuk sajian yang paling difavoritkan poly orang merupakan bestik daging. Untuk citarasa khas bestik pada sini merupakan gurih, cantik, asin, & sedikit asam yang spesial .

Harjo Bestik ini terdapat beberapa cabang pada Solo. Lokasi pusatnya berada pada Jl. Radjiman, Serengan, Solo. Sementara itu untuk cabangnya ada beberapa tempat. Sebut saja berada pada Pasar Gading, Pasar Kembang Solo, & lain sebagainya. Untuk harganya, satu porsi bestik pada sini dipatok Rp25.000.

Dapoer Bistik Solo

Dapoer Bistik Solo, via Instagram/rndm_collabs
Dapoer Bistik Solo, via Instagram/rndm_collabs

Ada pula Dapoer Bistik Solo yg jua memadukan konsep tradisional dengan terbaru. Namanya merupakan Dapoer Bistik Solo. Di sini bistiknya dikemas atau tersaji dengan cara yang unik. Platingnya memanfaatkan peralatan berdasarkan gerabah. Jadi cita cita rasanya cukup tidak sinkron. Bisa banget dipilih ketika jelajah Solo.

Selain bistik, pada tempat ini jua menyuguhkan sajian selera anak muda. Misalnya saja milkshake, french fries dan lain sebagainya. Jam buka loka ini merupakan mulai pukul 10:30 sampai 22:00 WIB. Harganya pula nir terlalu mahal. Kamu bisa mampir ke tempat ini ya.

Sumber Bestik Pak Darmo

Sumber Bestik Pak Darmo, via Instagram/kyirfano
Sumber Bestik Pak Darmo, via Instagram/kyirfano

Kemudian ada Sumber Bestik Pak Darmo yang pula populer pada Solo. Alamatnya berada di Jl. Rajiman yang lokasinya tak jauh dari Mall Matahari Singosaren, Solo. Awal berjualan, dahulunya hanya tenda semi permanen saja menggunakan duduk lesehan. Sekarang telah memiliki loka permanen yang lebih nyaman menurut yg sebelumnya, ada bangku panjang.

Menu bestik yang ditawarkan terdapat beragam bahan. Mulai berdasarkan daging sapi, pengecap, ayam, dan jeroan ayam. Harganya, satu porsi Rp35.000. Lokasinya memang sederhana, tetapi acapkali para pengunjung di sini akan dihibur dengan musik keroncong khas Solo.

Warung Bestik Pak Pur

Bestik Pak Pur, via Instagram/bemp777
Bestik Pak Pur, via Instagram/bemp777

Warung Bestik Pak Pur ini lokasinya cukup nyaman. Alamatnya berada pada Jl. Yos Sudarso, Solo. Jika dari arah Selatan, warungnya berada di sebelum belokan menurut Serabi Notosuman. Jam bukanya mulai pukul 17:00 hingga habis.

Di sini pula seringkali ada hiburan musik keroncong. Makan layaknya raja pada Keraton. Menarik bukan? Harganya jua sangat terjangkau, engkau mampu mampir kapan saja.

apabila penasaran menggunakan bestik Solo ini, jangan lupa buat mencicipinya apabila berkunjung ya Teman Traveler. Rasanya lezat , terutama buat kamu yang nggak senang pedas. Bagaimana, mau mencoba?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter