-->

Warung Kopi Waris Kopitiam Paling Legendaris di Tulungagung

Jalan-jalan ke Tulungagung, tak hanya wisata alamnya saja yg sanggup dijelajahi. Ada pula destinasi kuliner yang tak kalah rekomendednya. Ada satu tempat ngopi paling legedaris pada Tulungagung. Namanya merupakan Warung Kopi Waris.

Tempat nongkrong di Tulungagung ini tidak pernah sepi berdasarkan pengunjung. Kecuali waktu warung ini libur, baru akan sepi. Buat Teman Traveler pecinta kopi yang berniat jalan-jalan ke Tulungagung, Warkop Waris sayang sekali buat dilewatkan.

Asal Usul Nama Warung Kopi Waris

Pelanggan datang bertubi-tubi, via Instagram/dr_perdana
Pelanggan tiba bertubi-tubi, via Instagram/dr_perdana

Warung Kopi Waris ini awalnya hanya menciptakan kopi buat dijual sendiri. Pendiri warung ini bernama Pak Waris yang mulai merintis usahanya warkop miliknya dari tahun 1978. Penamaan warkop ini berasal menurut oleh pendirinya, Pak Waris.

Popularitas Kopi Bubuk Waris ini makin menanjak setetlah Pak Waris mati dan diteruskan sang istrinya yang bernama Sutijah atau yang karib disapa menggunakan Mak Waris. Makin penasaran, kan?

Ada Dua Jenis Kopi yg Ditawarkan

Tempat legendaris tak pernah sepi pembeli, via Instagram/rio.Wp
Tempat legendaris tak pernah sepi pembeli, via Instagram/rio.Wp

Sebenarnya, di sini hanya menawarkan 2 jenis kopi saja. Yakni kopi tubruk menggunakan gula dan kopi susu. Pembedanya hanya penggunaan gelasnya saja, gelas cangkir dan kaca. Oh iya Teman Traveler, kopi yg dijual pada sini merupakan Kopi Ijo yg memiliki rasa dan tekstur yg tidak sama dengan jenis lainnya. Asal kopi ijo ini bukanlah lantaran pewarna, namun lantaran proses pembuatannya.

Ampas Kopi Biasa Jadi Cethe

Budaya Cethe, via Instagram/bea_mery
Budaya Cethe, via Instagram/bea_mery

Harga satu cangkir kopi pada sini sangat murah, Rp1.500 saja. Uniknya, banyak para pengunjung yg datang memakai ampas kopi. Budaya ini diklaim lethek menjadi cethe, yaitu menghias sebatang rokok memakai ampas kopi yg membuat rasa yg lebih legit.

Selain itu, kopi hijau di sini memang begitu membedakan menggunakan yang lainnya. Karenanya tak galat banyak sekali orang-orang datang.

Bisa Jadi Oleh-sang buat Keluarga

Oleh-oleh, via Instagram/kopi_ijo_cethe
Oleh-sang, via Instagram/kopi_ijo_cethe

Tidak hanya sanggup dinikmati di rumah saja, kopi ijo ini juga menjadi sang-sang untuk para wisatawan yang datang. Bahkan, bubuk kopi ini sudah dikirim ke luar negeri saking enaknya. Tempat ini menjual kopi pada bentuk rentengan, kardus, tas, sampai menggunakan kiloan. Harganya dibandrol mulai menurut Rp7.500 hingga menggunakan Rp70.000.

Alamat Warung Kopi Waris

Ikon kuliner Tulungagung, via Instagram/1915arts.Koffie.Huis
Ikon masakan Tulungagung, via Instagram/1915arts.Koffie.Huis

Warung Kopi Mak Waris ini berlokasi pada Bolorejo, Kecamatan Kauman. Lokasinya dari sentra kota Tulungagung kira-kira hanya menghabiskan waktu 15 menit saja. Di dalamnya, akan terdapat sekitar 25 meja besar . Dan memang tempat ini jadi keliru satu yg begitu padat merayap dalam malam hari. Tempatnya ngopi berbagai kalangan.

Tempat yang bisa kamu kunjungi apabila ingin ngopi pada Tulungagung. Buat kamu yang pernah mencobanya, ayo bagikan pengalamanmu di sini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter