-->

Warung Sembilang Pak Kasan Gresik Olah Ikan Beracun jadi Kuliner Nikmat

Nasi krawu merupakan keliru satu sajian yang sangat perlu untuk dicicipi apabila jalan-jalan ke wilayah Gresik. Selain itu, ternyata terdapat kuliner jagoan lainnya yang bisa dicoba sendiri kelezatannya, mampir saja ke Warung Sembilang Pak Kasan. Ada apa saja, ya?

Ikan Sembilang Beracun Jadi Menu Utama

Kelan sembilang yang begitu menggiurkan, via Instagram/teguh_bisa
Kelan sembilang yang begitu menggiurkan, via Instagram/teguh_bisa

Menu primer di loka makan Gresik ini merupakan sembilang, homogen ikan laut yg mempunyai bentuk seperti lele, namun memiliki tiga patil. Ada yg mengungkapkan jika sekilas memiliki bentuk seperti ikan patin dengan patil yang menyengat dan kulitnya hitam, namun dagingnya lebih kenyal.

Jika diolah dengan bumbu yang tepat, ikan ini akan menaruh rasa yang begitu menggugah kesukaan. Hal itulah yg dilakukan di Warung Sembilang Pak Kasan Gresik.

Ikan Beracun Tetapi Memiliki Banyak Gizi Baik

Kuliner andalan Gresik, via Instagram/emmatitaley
Kuliner andalan Gresik, via Instagram/emmatitaley

Semua nelayan sepertinya tahu benar jika ikan sembilang ini memiliki racun yg sangat mematikan pada bagian patilnya. Untuk mengatisipasinya, jika menangkap ikan ini, ada baiknya buat terlebih dahulu memotong patilnya. Racun yang masih ada di ikan ini untungnya bersifat heat-labile atau rusak saat terkena panas, jadi kondusif buat dikonsumsi setelah dimasak.

Meskipun beracun, ternyata ikan ini mempunyai banyak kandungan baik yg bermanfaat buat menunjang kesehatan. Ada kandungan asam lemak omega 2, karbohidrat, lemak yg rendah, fosfor, protein & lain sebagainya. Lantaran hal inilah, meskipun ikan ini beracun tetap saja diburu.

Warung Sembilang Pak Kasan Sederhana Namun spesial

Citarasa yang menggoyang lidah, via Instagram/kulinergresik
Citarasa yang menggoyang lidah, via Instagram/kulinergresik

Warung Sembilang Pak Kasan ini menunjukkan menu primer dan satu-satunya, yaitu kelan kuning sembilang. Cita rasa menu ini adalah asam-asam bercampur pedas, yg dipadu menggunakan kenyalnya ikan sembilang, mantap pada pengecap.

Biasanya ikan sembilang ini akan disuguhkan ke dalam mangkok yang nantinya ditaburi irisan daun bawang. Dicampur dengan nasi hangat, akan membuat kamu tiba kembali.

Lokasi Warung Sembilang Pak Kasan

Kuah kuning dengan rasa menyegarkan, via Instagram/novitatriratna
Kuah kuning dengan rasa menyegarkan, via Instagram/novitatriratna

Selain cita rasa kelan kuning yg enak & menyegarkan, suasana di loka makan Gresik ini pula mendukung. Warungnya terletak pada tengah-tengah tambak, jadi makin menyatu dengan alam.

Lokasinya berada pada wilayah Mengare, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Jaraknya kira-kira tiga,5 kilometer berdasarkan gapura Dea Karangrejo, Kecamatan Manyar. Atau sanggup ditempuh 10 kilometer dari pusat Kota Gresik.

Satu-satunya menu, via Instagram/emmatitaley
Satu-satunya menu, via Instagram/emmatitaley

Jika berkunjung menurut luar kota, terdapat baiknya untuk memesan terlebih dahulu. Meskipun buka berdasarkan pagi, akan segera tutup dalam siang hari lantaran telah ludes habis.

Untuk menikmati hidangan yang begitu nikmat ini, Teman Traveler perlu merogok kocek sebesar Rp17.000 sampai denganRp45.000. Harga tadi sebanding menggunakan kenikmatan yg akan ditawarkan. Maka berdasarkan itulah, jalan-jalan ke Gresik perlu sekali mampir ke loka satu ini.

Penduduk Indonesia memang begitu kreatif ya Teman Traveler. Makanya, ikan yang mempunyai racun ini saja disulap menjadi penganan yg nikmat. Jangan lupa mampir ke sini ya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter