-->

Bendungan Kamijoro Tepi Sungai Progo Wisata Baru Jogja yang Dikunjungi Ribuan Warga

Bendungan Kamijoro yang terdapat pada pinggir Sungai Progo jadi keliru satu destinasi wisata Jogja. Meski fungsi utamanya menjadi sarana irigasi, di sini masih ada taman & jembatan yg dibangun dengan apik. Bagaimana persisnya? Uraian pada bawah ini akan menyebutkan buat Teman Traveler!

1. Berada pada Perbatasan Bantul – Kulon Progo

Bendungan di Perbatasan Bantul – Kulon Progo via Instagram/dhian_hardjodisastro

Bendungan Kamijoro berada pada perbatasan Bantul & Kulon Progo. Posisi persisnya berada pada Kecamatan Pajangan, Bantul. Selesai dibangun pada 2018 kemudian, bendungan ini jadi alternatif wisata masyarakat Jogja & sekitarnya. Ia terbentang di pinggir Sungai Progo.

2. Dilengkapi Taman dan Jembatan

Dilengkapi Taman & Jembatan via Instagram/zee_drone

Sebelum dibangun bendungan, Sungai Progo memiliki sebuah dam. Menurut cerita, dam yg terdapat pada Sungai Progo adalah peninggalan era kolonial. Masyarakat menyebutnya menggunakan nama Dam Ngantru Kamijoro.

Playground di Bendungan Kamijoro via Instagram/bendungkamijoro

Pembangunan bendungan di kawasan ini dibarengi dengan pembuatan taman, serta jembatan yang menjadi jalan penghubung. Dapat digunakan pengunjung buat main ke area taman di seberang sungai.

Dome di Bendungan Kamijoro via Instagram/dinisaogawa

Taman tadi dilengkapi menggunakan fasilitas playground dan dome. Banyak masyarakat yang sengaja tiba buat sekadar berfoto atau duduk & menikmati udara pada ruangan terbuka.

tiga. Didatangi Ribuan Pengunjung

Ramai Dikunjungi Warga via Instagram/solusi_trip_wisatajogja

Kehadiran Bendungan Kamijoro ini langsung hits di kalangan rakyat Jogja & sekitarnya. Meski sahih-sahih berada di luar ruangan, sebagai akibatnya intensitas paparan cahaya mentari relatif terik, bendungan tetap ramai dikunjungi.

Disebutkan bahwa pada libur Imlek awal Februari lalu saja, pengunjung yg datang jumlahnya lebih berdasarkan tiga.000 orang. Pengunjung yg tiba ke sini, asal dari berbagai daerah pada sekitar Bantul dan Kulonprogo.

Sunset di Jembatan Bendungan Kamijoro via Instagram/ikhsan_prabowo

Jika ingin main-main, usahakan tiba pada jam16.00-18.30 WIB ya, Teman Traveler. Karena pada waktu tersebut, cuaca telah tidak terlalu panas. Selain itu, suguhan sunsetnya pula dagi.

4. Fungsi Utama Sebagai Irigasi

Fungsi Utamanya Sebagai Irigasi via Instagram/ermawan_

Bendungan Kamijoro mulai dikerjakan dari 2016 & terselesaikan dibangun dalam 2018. Pengerjaannya dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak.

Bendungan Kamijoro berdasarkan Ketinggian via Instagram/dhian_hardjodisastro

Selain sebagai tempat wisata, fungsi primer bendungan ini sebenarnya merupakan mengairi sawah seluas dua.370 hektar yg terdapat pada Kabupaten Bantul. Ia pula berfungsi menyediakan prasarana pengambilan air baku ke arah Kulon Progo menggunakan besaran 500 liter/detik.

Bendungan Kamijoro menjadi salah satu loka plesiran baru pada Kota Gudeg. Meski fungsi utamanya bukan menjadi loka wisata, jalan dan main-main ke sini cita rasanya seru juga! Teman Traveler yang berencana buat ke Jogja pada waktu dekat ini, sempatkan mampir ya?!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter