-->

Chand Baori Sumur India yang Konon Dibangun Oleh Kekuatan Gaib Penasaran?

India punya atraksi menarik dan unik, yaitu Chand Baori. Sebuah sumur yg tidak selaras menurut dalam umumnya. Letak keistimewaan Chand Baori ini adalah orang-orang tidak perlu susah-susah menimba air. Cukup turun eksklusif menuju dasarnya memakai tangga. Wah seperti apa bentuknya? Informasi selengkapnya terdapat pada ulasan berikut.

Sumur Dihiasi Ribuan Anak Tangga sampai ke Dasarnya

Terdiri dari 13 Tingkat dengan 3.500 Anak Tangga via Instagram @dav1dambriz
Terdiri dari 13 Tingkat dengan 3.500 Anak Tangga via Instagram @dav1dambriz

Sumur umumnya berbentuk bulat menggunakan diameter nir terlalu lebar, sebagai akibatnya air harus ditimba. Berbeda menggunakan Chand Baori pada India, ribuan anak tangga dibangun menurut permukaan sampai bawah sumur. Hal ini buat memudahkan orang mengambil airnya. Jumlah anak tangganya saja mencapai lebih kurang 3.500an buah.

Bangunan Tangga Rapi dan Simetris via Instagram @nowdiscovering
Bangunan Tangga Rapi & Simetris via Instagram @nowdiscovering

Uniknya lagi, anak tangga ini dibangun dengan rapi & simetris. Sehingga jika dilihat menciptakan silang-silang. Seperti susunan anak tangga pada permainan digital.

Dibuat Pada Abad ke-8

Dibangun Sejak Abad ke-8 via Instagram @ninagita
Dibangun Sejak Abad ke-8 via Instagram @ninagita

Chand Baori dibangun kira-kira antara abad ke-8 atau ke-9. Atas perintah dari Raja Chanda berdasarkan Dinasti Nikumbha. Kala itu, sumur unik ini mempunyai fungsi utama sebagai penyedia pasokan air sepanjang tahun. Tempat ini merupakan sumber kehidupan bagi penduduk kurang lebih.

Sumur menggunakan 13 taraf ini berlokasi di Desa Abhaneri, Distrik Dausa, Negara Bagian Rajasthan, India. Merupakan salah satu sumur tertua & terluas di dunia.

Konon Dibangun Oleh Jin Dalam Semalam

Konon Dibangun oleh Jin Dalam Semalam via Instagram @dav1dambriz
Konon Dibangun oleh Jin Dalam Semalam via Instagram @dav1dambriz

Chand Baori termasuk dalam daftar tempat berhantu pada India. Mengingat bangunannya yg sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Bahkan ada legenda beredar mengenai proses pembangunan sumur ini. Konon dibangun hanya pada saat semalam, oleh sesosok tidak kasat mata bernama jin.

Tidak Bisa Menapaki Tangga yang Sama via Instagram @fenton_and_fenton
Tidak Bisa Menapaki Tangga yg Sama via Instagram @fenton_and_fenton

Cerita misterius mengenai Chand Baori pun berlanjut, pada mana orang-orang tidak bisa melewati anak tangga yg sama buat ke 2 kalinya. Jadi saat kamu turun lewat tangga A, maka tidak bisa menapakkan kaki pada tangga yg sama waktu naik. Tempat ini pun menjadi sarang kelelawar. Tetapi makhluk ini tentunya hanya keluar pada malam hari.

Sudah Tidak Digunakan, Kini Jadi Destinasi Wisata

Chand Baori Menjadi Destinasi Wisata via Instagram @auto_psy
Chand Baori Menjadi Destinasi Wisata via Instagram @auto_psy

Chand Baori sudah nir dipakai menjadi sumur, orang-orang India telah beralih ke sistem pengairan modern. Namun, ketenarannya tetap bertahan. Berkat gaya arsitektur unik, pelancong berdatangan ke sini. Menyaksikan sumur yang dibangun menggunakan ribuan anak tangga. Bangunan Chand Baori pun tetap utuh hingga sekarang.

Pelancong Jelajahi Chand Baori via Instagram @jeani_goryacheva
Pelancong Jelajahi Chand Baori via Instagram @jeani_goryacheva

Teman Traveler yg mau singgah ke sini, mampu naik taksi atau bus menurut Jaipur, bunda kota Rajasthan. Perjalanan memang memakan waktu nir sedikit, lebih kurang dua jam.

Cukup menarik & unik pula bangunan sumur Chand Baori. Apakah Teman Traveler berminat menyaksikan pribadi keunikan sumur ala India ini? Kapan merencanakan liburan?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter