-->

Cobain Lift Unik Tanpa Pintu yang Terus Bergerak di City Hall Praha

Lift adalah keliru satu fasilitas yg biasa ditemukan di gedung tinggi. Misalnya saja ketika berkunjung ke Burj Khalifa, Dubai. Tetapi, pernah terbayang kalau wajib naik lift yg nir punya pintu? Ditambah lagi, lift unik pada Praha ini terus beranjak. Inikah citra Praha. Terdengar seram? Daripada penasaran, ayo dibaca dulu ulasan berikut.

Lift Abad ke-20

Atraksi Menarik via Instagram @trebleandlace
Lift Unik Tanpa Pintu yg Tidak Bisa Berhenti via Instagram @trebleandlace

Lift ini merupakan temuan tahun 1860an, kreasi arsitek asal Inggris bernama Peter Ellis. Tangga berjalan ini generik dipakai di bangunan tempat kerja pemerintahan juga gudang di daerah Eropa misalnya bagian timur & Jerman. Sedangkan 2 lift unik pada City Hall Praha yg terdiri menurut 12 gerbong ini dibuat sang John Prokopec dalam awal abad ke-20.

Lift ini dilengkapi dengan fitur keselamatan yg memungkinkan berkiprah cukup cepat. Sampai kini pun elevator ini masih berfungsi menggunakan relatif baik.

Paternoster Lift

Paternoster Lift via Instagram @leena.Tapper
Paternoster Lift via Instagram @leena.Tapper

Tangga berjalan unik pada City Hall Praha ini merupakan jenis Paternoster lift. Kata Paternoster diambil berdasarkan perputaran manik-manik rosario yg digunakan seperti tasbih. Paternoster merupakan Bahasa Latin berdasarkan “our father”, kata-kata pertama menurut Lord’s Prayer alias Do’a Bapa Kami, do’a dalam kepercayaan Kristen.

Cara kerja lift ini relatif sederhana, pengunjung wajib melompat masuk ke dalam gerbong. Setelah mencapai tujuan bisa pribadi turun. Gerbong lift akan berputar terus layaknya jam.

Berada di Prague City Hall

Prague City Hall, Ceko via Instagram @travel_with_steve
Prague City Hall, Ceko via Instagram @travel_with_steve

Paternoster lift nir lagi poly ditemukan karena dianggap tidak begitu kondusif. Sehingga produksinya pun ikut terhenti terutama pada tahun 1970an. Hanya tersisa sekitar 68 butir pada Ceko, setengahnya berada di Praha.

Termasuk City Hall pada Praha yg mempertahankan kegunaan lift unik ini. Tempat ini pun gampang diakses, karena berada pada pusat kota. Warga yg menaiki lift ini kebanyakan bertujuan buat nostalgia.

Bisa Jadi Atraksi Menarik bagi Pelancong

Lift Unik Tanpa Pintu yang Tidak Bisa Berhenti via Instagram @anders70mattsson
Atraksi Menarik via Instagram @anders70mattsson

Bagi pelancong yang jelajah estetika Kota Praha, mampu nih sekalian mampir ke City Hallnya. Apalagi jikalau bukan demi menjajal naik lift klasik. Paternoster lift memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terasa seru naik-turun elevator yg tidak sanggup berhenti ini.

Teman Traveler yg ingin mencoba naik lift unik pada Praha ini harus permanen berhati-hati, ya. Satu gerbong hanya diperbolehkan bagi 2 orang. Bagaimana nih menurut Teman Traveler mengenai ‘tangga berjalan’ ini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter