-->

Soto Tahu Kemasan Mbah Wongso Cita Rasa Jogja yang Melegenda

Tak salah cita rasanya jika Indonesia diklaim menjadi surganya kuliner. Masing-masing daerah memiliki hidangan khas. Meski ada beberapa yang seperti menurut segi bentuk dan nama, cita cita rasanya sudah diadaptasi dengan lidah masyarakat lokal. Hal ini semakin menyebarkan kekayaan khazanah kuliner Nusantara. Salah satu yg terkenal adalah kuliner Jogja yang lezat dan unik-unik. Pernah dengar mengenai soto tahu kemasan Mbah Wongso?

Semangkuk Soto Tahu (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Soto pun demikian. Kuliner ini mempunyai poly variasi & nama pada tiap daerah, seperti Soto Lamongan, Soto Banjar, Sroto Sokaraja, Coto Makassar, dan masih poly lagi. Khusus pada Jogjakarta, terdapat satu varian soto yang sudah relatif terkenal & legendaris. Namanya Soto Tahu Kemasan Mbah Wongso.

Buka Sejak 1963

Pengunjung berbondong tiba menumpang kendaraan beroda empat (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Soto Tahu Kemasan Mbah Wongso sudah berdiri semenjak 1963. Kala itu Sang Pemilik memulai usahanya di Jalan Kemasan, Kota Gede. Hal ini sekaligus sebagai wangsit penamaan Soto Tahu Kemasan. Namun karena beberapa alasan, masakan legendaris ini lantas pindah ke Ring Road Selatan & belum beranjak hingga kini .

Menemukan lokasi Soto Mbah Wongso sebenarnya susah-susah mudah. Apalagi nir terdapat petunjuk arah yg relatif kentara di pinggir jalan. Untungnya, Teman Traveler bisa menggunakan aplikasi peta pada smartphone untuk mendapatkan pedoman lengkap.

Teman Traveler relatif menyusuri jalan Ringroad Selatan, berdasarkan arah jalan layang Janti menuju Terminal Giwangan. Kalian akan menemukan soto ini pada sebelah kiri jalan, sehabis melewati perempatan Kotagede.

Sempat Disambangi Pak Bondan

Ngobrol setelah menyantap semangkuk soto (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Begitu masuk warung, Teman Traveler akan mendapati foto menggunakan bingkai berukuran akbar. Wajahnya tentu sudah tak asing lantaran sosok pada foto tersebut tidak lain adalah alm Bondan Winarno, keliru satu pengamat kuliner kenamaan Indonesia.

Ya, dia sempat menyambangi loka ini untuk membuktikan kelezatan rasa soto ala Mbah Wongso. Menurut liputan yg aku bisa, Pak Bondan bukan satu-satunya tokoh terkenal yang pernah mampir ke sini. Sejumlah selebritis Indonesia pun kabarnya sempat dimanjakan nikmatnya Soto Tahu legendaris ini.

Kuah Bening, Pedas, & Tahu

Cabai langsung diuleg di mangkuk (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Jika diperhatikan lebih akurat, Soto Tahu memiliki ciri mirip Soto Kadipuro juga soto lain di Jogja. Kuahnya bening & terasa ringan, namun tak menghilangkan nikmat serta aroma sedapnya.

Menariknya, pelanggan bisa memilih tingkat kepedasan soto. Bisa memilih antara pedas, sedang, atau biasa. Berikutnya pegawai akan meracik cabai & sambalnya eksklusif di mangkuk sinkron takaran. Apabila merasa kurang pedas, Teman Traveler mampu kok meminta tambahan cabe.

Gunakan Lauk Tahu Bacem

Aneka lauk tambahan di Soto Mbah Wongso (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Berbeda dengan kebanyakan soto yang memakai daging ayam atau sapi, masakan Jogja ini disajikan menggunakan irisan mini memahami bacem menjadi lauk utama. Meski sudah disiram kuah soto yang gurih dan pedas, rasa manis dari baceman memahami masih terasa bertenaga nan nikmat.

apabila beruntung, Teman Traveler bisa menemukan semangkuk penuh daun kemangi di sini. Tambahkan ke dalam soto buat mencicipi sensasi berbeda menggoyang lidah. Dijamin kalian bakal ketagihan.

Kuliner Murah nan Nikmat

Soto & tambahan lauk (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Semangkuk Soto Tahu dihargai Rp9.000 saja, relatif murah. Seperti kebanyakan warung soto di Jogja, di sini Teman Traveler pula sanggup membeli tambahan lauk seperti kikil, tempe bacem, dan aneka sate. Dijamin membuat pengalaman masakan kalian pada sini kian semarak.

Sekadar saran, sebaiknya Teman Traveler datang di pagi hari buat menikmati sarapan di sini. Sebab memasuki siang hari umumnya deretan lauk tambahan tersebut telah ludes diserbu pelanggan.

Bagaimana Teman Traveler, sudah lapar? Tunggu apa lagi, segera merapat ke Soto Tahu Kemasan Mbah Wongso dan buktikan sendiri kenikmatannya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter