-->

Daftar Bandara Baru di Indonesia Tahun 2018-2019 Kotamu Termasuk Salah Satunya?

Perkembangan infrastrukur di Indonesia, kian hari makin berkembang. Hal tersebut tampak dari aneka macam sarana dan prasarana yg telah beroperasi atau masih pada termin pembangunan. Salah satu yang paling nampak merupakan bandara. Nah, menurut tahun 2018 ke 2019 ada beberapa daftar bandara baru pada Indonesia. Mau tau ada apa saja? Simak list berikut.

Bandara Maratua, Berau

Bandara Baru pada Indonesia, Maratua Berau, via Instagram/majalah_haloindonesia

Pada lepas 25/10/2018 kemudian, Presiden Jokowi meresmikan Bandara Maratua yg berada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Banyak pihak yg berharap bahwa menggunakan adanya bandara ini, dapat memajukan pariwisata wilayah.

Terlebih, Berau memang dikenal estetika bawah lautnya, spot-spot diving, pula resort. Hal itu membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Bandara APT Pranoto, Samarinda

Bandara APT Pranoto di Samarinda, via Instagram/indrachyna

Peresmian Bandara APT Pranoto pada Samarinda, Kalimantan Timur ini bersamaan menggunakan Bandara Maratua di Berau. Saat ini, enam maskapai telah melayani penerbangan pada Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto. Rutenya pun tidak hanya antar provinsi, melainkan internasional, mulai menurut Kuala Lumpur, Kuching, Kinabalu, Brunei Darussalam, juga Singapura.

Bandara Kertajati, Majalengka

Bandara Kertajati pada Majalengka, via Instagram/q_larustonlinestore

Bandara Kertajati juga merupakan bandara baru Indonesia yang letaknya berlokasi pada Majalengka, Jawa Barat. Bandara dibangun di atas lahan seluas 1800 hektar dan mempunyai runway berukuran 2500m x 60 m. Kertajati jua diklaim menjadi bandara terbesar ke 2, sesudah Soekarno Hatta.

Pembangunan bandara tentunya bertujuan utnuk pertumbuhan ekonomi pada Jawa Barat dan terintegrasi menggunakan Pelabuhan Patimban, Jalah Tol Cipali, dan jalur kereta barah. Bandara diresmikan semenjak lepas 24/lima/2018 lalu.

Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya

Bandara Wiriadinata pada Tasikmalaya, via Instagram/abah_frans_002.888.019

Masih berada di Jawa Barat, Bandara Wiriadinata pula baru diresmikan oleh Jokowi lepas 27/2/2019 kemarin, walau wahana ini sudah beroperasi dari tahun 2017 kemudian. Wiriadinata melayani penerbangan maskapai Wings Air menggunakan rute Tasikmalaya-Jakarta (Halim Perdana Kusuma). Setelah adanya revitalisasi, akan ada penambahan penerbangan berdasarkan Maskapai Garuda Indonesia & Citilink.

Bandara NYIA, Kulon Progo

Bandara NYIA di Kulon Progo, via Instagram/adisutjipto_airport

Satu bandara yg masih pada tahap pembangunan merupakan Bandara NYIA (New Yogyakarta Airport) yg berada pada kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Direncanakan akan mulai beroperasi pada bulan April 2019 tahun ini. Proses pembangunan bandara sanggup dibilang cepat. Konstruksi dan pengaspalan lapis awal landasan pacu bandara telah rampung, padahal pembangunan bandara baru dimulai dalam bulan Oktober 2018 lalu.

Perkembangan infastruktur pada tanah air, kian berkembang. Termasuk adanya sejumlah bandara baru pada Indonesia. Semoga nantinya bisa menaikkan perekonomian Indonesia di bidang pariwisata. Apakah kotamu masuk ke pada salah satu list tadi?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter