-->

Es Kapal Pak Suradi yang Telah Sejak Tahun 1957 Beroperasi Simpan Nilai Filosofis di Dalamnya

Solo, Jawa Tengah merupakan galat satu daerah pada Indonesia yang menunjukkan destinasi wisata budaya Jawa yang kental. Tak hanya wisata berbasis budaya saja, kota yang juga diklaim menjadi Surakarta ini menunjukkan poly masakan menarik. Salah satunya adalah Es Kapal. Sekilas, minuman segar ini mirip dengan es puter, namun berbeda. Nah, galat satu yang telah bertahun-tahun ada merupakan Es Kapal Pak Suradi.

Es Kapal Pak Suradi yg Telah Ada Sejak 1957

Es Kapal Pak Suradi, via Instagram/solokenyang
Es Kapal Pak Suradi, via Instagram/solokenyang

Pak Suradi berjualan es kapal sejak tahun 1957. Ia mulai berjualan sejak usia yg belia, 15 tahun. Perbedaanya menggunakan kini , dalam zaman dahulu Pak Suradi menjajakan dagangannya dengan cara dipikul. Sekarang ini memanfaatkan gerobak buat berjualan. Disebut dengan Es Kapal karena bentuk gerobak buat jualannya menyerupai sebuah kapal.

Tidak hanya itu saja, terdapat makna mendalam lainnya yang menjadi latar belakang penamaan es kapal. Yakni, lantaran Indonesia dalam zaman dahulu banyak pelautnya, maka es kapal ini pula menjadi semacam bentuk penghargaan tersendiri. Roti dimasukkan ke pada gelas pula mirip moncong kapal.

Seporsi Kesegaran Es Kapal Pak Suradi

Rekomended buat dicoba, via Instagram/solokenyang
Rekomended buat dicoba, via Instagram/solokenyang

Es kapal terbuat dari bahan-bahan seperti halnya santan kelapa yg dicampur dengan serutan es. Nah, setelah bahan-bahan tadi dimasukkan ke dalam gelas saji, selanjutnya ditambah sepotong roti tawar yg diatasnya akan dilumeri menggunakan susu coklat. Salah satu pilihan masakan penghilang dahaga ketika jalan-jalan ke Solo. Begitu istimewa, kuliner yang keberadaaanya sporadis ditemukan pada luar Solo.

Es Legendaris menggunakan Harga yg Murah Meriah

Segar dan menggiurkan, via Instagram/waosansurakarta
Segar dan menggiurkan, via Instagram/waosansurakarta

Memang benar es kapal ini masuk jajaran masakan legendaris di Solo, tetapi harganya tetap terkangkau pada berbagai kalangan. Satu porsi es kapal dibandrol Rp5.000 saja. Dengan uang yg tidak seberapa, kamu mampu menangkal panasnya Solo. Maka berdasarkan itulah, apabila sedang berada pada kota kelahirannya Presiden Jokowi, jangan segan buat merasakan es kapal ya.

Tempat Mangkal Es Kapal Pak Suradi

Es Kapal jangan dilewatkan, via Instagram/dianpermatasari_
Es Kapal jangan dilewatkan, via Instagram/dianpermatasari_

Pak Suradi mulai berjualan pukul 09:00 hingga 16:00 WIB. Kemudian buat lokasi mangkalnya, umumnya berada di depan Museum Keris Nusantara, Solo. Alamat tepatnya berada di Jl. Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Laweyan, Surakarta.

Atau jika nir biasanya ya berada pada sekitaran Museum Keris Nusantara ini. Sudah banyak wisatawan yg berbru kenikmatannya, jadi Teman Traveler jangan melewatkannya ya

Es-es jadul seperti halnya Es Kapal Pak Suradi ini rekomended buat dicicipi. Ada nilai filosofis mendalam di baliknya, dan cita rasanya jua begitu menggiurkan. Semoga kamu punya kesempatan buat mencobanya ya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter