-->

Geco Nusasari Pa’ Iding Taoge Tauco Khas Cianjur yang Langka dan Istimewa

Cianjur memiliki kuliner enak tetapi keberadaannya sekarang sudah semakin langka. Namanya merupakan Geco yang merupakan singkatan menurut Tauge dan Tauco. Merupakan kuliner spesial Sunda yg langka, dan kini satu-satunya penjual masakan ini adalah Pak Iding. Berencana buat jalan-jalan di Cianjur? Geco Nusasari Pa’ Iding ini bisa dicicipi. Yuk kita bahas terus seperti berikut.

Usaha Turun Temurun yg Sudah Ada Sejak 1948

Geco yang semakin langka, via Instagram/kulinerlimitededition
Geco yg semakin langka, via Instagram/kulinerlimitededition

Kuliner berbahan dasar taoge dan tauco ini dibuat sang Bapak Abdurahman ( atau yg lebih akrab disapa dengan Pak Bendol) dalam tahun 1948. Kala itu nama geco ini masih goclang lantaran bahan utamanya adalah toge dan kacang. Kuliner ini pernah pada masa jayanya dalam tahun 70-80-an. Nah, semenjak diteruskan oleh Iding, yg adalah putra berdasarkan Bapak Bendol, masakan ini diubah sebagai geco.

Lantaran namanya berubah sebagai geco, yg sebelumnya citarasa kacang kini perlahan-lahan berubah sebagai rasa tauco. Menurut pengakuan Pak Iding, almarhum Bondan Winarno pun pernah mencoba geco buatanya. Iding sendiri mulai usaha ini sejak tahun 2001, & sebagai generasi kedua.

Kenikmatan Geco Nusasari Pak Iding

Geco Pak Iding satu-satunya, via Instagram/sarapansiangmalam
Geco Pak Iding satu-satunya, via Instagram/sarapansiangmalam

Dalam satu porsi Geco Nusasari Pa’ Iding akan terdapat irisan ketupat, rebusan taoge, mie sagu berwarna kuning lalu ditambah dengan siraman bumbu tauco yang sebelumnya sudah ditumis dengan tomat, daun bawang, cabai, udang, dan kacang.

Satu lagi yg menciptakan citarasanya makin kaya, yakni penggunaan cuka lahang yg diperoleh berdasarkan nira aren atau kelapa. Melengkapi kenikmatannya ada topping irisan kentang goreng & juga telur rebus. Satu porsi geco akan memiliki deretan rasa anggun, asam, legit & juga segar.

Alamat Geco Nusasari Pak Iding

Suguhkan rasa yang bikin kenyang, via Instagram/monxieur
Suguhkan rasa yg bikin kenyang, via Instagram/monxieur

Geco Nusasari Pa’ Iding berada di Jl. Siti Jenab No. 24, Cianjur. Tempatnya tidak jauh menurut Masjid Agung Cianjur. Buka mulai menurut jam 09:00 sampai 19:00 WIB. Tanpa merubah aspek tardisional, Pak Iding menjual geco racikannya dengan memanfaatkan gerobak warna biru.

Tempatnya memiliki berukuran tiga×3 meter di depan garasi tempat tinggal yg tidak berpenghuni. Agar para pengunjungnya nyaman, Iding memberikan tenda mini . Satu porsi geco dibanderol Rp10.000-an saja. Harga yg sangat terjangkau. Jangan lupa cicipi bila ke Cianjur.

Langka dan istimewa, via Instagram/cjrfoodnote
Langka & istimewa, via Instagram/cjrfoodnote

Geco Nusasari Pa’ Iding sanggup dikunjungi waktu ingin menikmati kuliner Cianjur yang sudah mulai langka tadi. Makin nikmat dicoba di loka asalnya. Bagaimana, sepakat kan?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter