-->

Uniknya Patung Bentuk Tangan di Dunia Indonesia Juga Punya

Patung sebagai landmark suatu daerah memanglah sudah menjadi hal umum, misalnya GWK di Bali maupun Dewa Murugan di Batu Cave Malaysia. Bahkan karya seni tadi menjadi jujugan wisata. Wisatawan berlomba-lomba berfoto di depan patung menggunakan tinggi luar biasa tersebut. Ada juga patung unik bentuk tangan yang tersebar pada beberapa negara. Mau tahu di mana saja? Yuk, disimak ulasan berikut.

Holocaust Memorial, Amerika Serikat

Holocaust Memorial via Shutterstock
Holocaust Memorial via Shutterstock

Patung bentuk tangan satu ini berada pada Pantai Miami, Amerika Serikat. Dibuat sebagai bentuk pernghormatan terhadap korban insiden Holocaust. Kalau ditinjau menurut dekat, lebih jelasnya tangan ini adalah patung-patung berbentuk insan yang seolah berlomba naik ke puncaknya.

Praying Hands Statue, Amerika Serikat

Praying Hands Statue via Instagram @_kimberly_ann_marie
Praying Hands Statue via Instagram @_kimberly_ann_marie

Patung bentuk tangan ini juga terdapat pada Amerika Serikat, tepatnya di Tulsa, mak kota negara bagian Oklahoma. Diberi nama the Praying Hands, bentuknya memang misalnya orang tengah berdo’a. Patung ini terletak di gerbang masuk Oral Roberts campus, punya berat lebih kurang 30 ton menggunakan tinggi kira-kira 18 meter.

Mano del Desierto, Chile

Mano del Desierto, Chile via Shutterstock
Mano del Desierto, Chile via Shutterstock

Mano del Desierto adalah patung bentuk tangan yg berada di Chile, tepatnya pada tengah Gurun Atacama. Ukiran menggunakan tinggi kurang lebih 11 meter ini cukup populer bahkan hingga ke luar negeri. Tangan raksasa ini dibuat oleh Mario Irarrázabal, dalam rangka menghormati korban berdasarkan ketidakadikan rezim militer di Chile.

Giant Hand, Indonesia

Giant Hand, Indonesia via Instagram @top9_id
Giant Hand, Indonesia via Instagram @top9_id

Indonesia pun punya patung bentuk tangan ciptaan seniman berasal Pulau Dewata Nyoman Nuarta. Karya seni ini terletak di gerbang masuk salah satu perumahan di Bandung, Jawa Barat. Jika dipandang lebih detail, di telapak tangannya terletak gesekan insan.

Giant Hands of Venice, Italia

Giant Hands of Venice via Shutterstock
Giant Hands of Venice via Shutterstock

Italia, negara menggunakan bangunan latif ini pun punya patung bentuk tangan, tepatnya pada Venice. Dua tangan raksasa ini seolah ada berdasarkan dalam kanal kota pada atas air ini. Karya seni ini dibuat oleh Lorenzo Quinn, sebagai bentuk pesan tentang meningkatnya bagian atas laut.

Menurut penciptanya, tangan merepresentasikan banyak peran. Seperti menyimpan kekuatan buat menyayangi, membenci, menghancurkan, maupun membangun.

Hand of Harmony, Korea Selatan

Hand of Harmony via Shutterstock
Hand of Harmony via Shutterstock

Patung bentuk tangan selanjutnya ada di Korea Selatan, berlokasi pada Pantai Homigot. Karya seni ini dibangun tahun 1999, terbuat menurut perunggu dan granit. Uniknya, tangan raksasa ini berjumlah 2 buah.

Tangan sebelah kiri terdapat di daratan daerah ini, sedangkan tangan kanan pada tengah samudera . Keduanya menyimpan pesan bahwa semua orang hidup beserta serta buat saling membantu.

Hand of Punta del Este, Uruguai

Hand of Punta del Este, Uruguai via Shutterstock
La Mano de Punta del Este, Uruguai via Shutterstock

La Mano de Punta del Este merupakan patung bentuk tangan yg terlihat seolah “tenggelam”. Dibuat sang Mario Irarrázabal, seniman Chile yg pula membuat Mano del Desierto. Bertujuan menjadi peringatan bagi para perenang juga diver, bahwa samudera loka patung ini berada punya ombak relatif besar .

The Hand of God, Vietnam

The Hand of God, Vietnam via Shutterstock
The Hand of God, Vietnam via Shutterstock

The Hand of God pada Vietnam ini adalah bagian dari Golden Bridge, berlokasi pada perbukitan Ba Na. Perpaduan kedua benda menakjubkan tersebut menjadi tujuan wisata turis. Konon loka ini mirip menggunakan adegan pada film Game of Thrones maupun the Lord of the Rings.

Patung-patung tersebut memang punya bentuk unik dengan akbar yg nir biasa jua. Keren, bukan? Teman Traveler telah pernah ke keliru satunya?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter