-->

Jauh dari Kesan Seram Makam di Uzbekistan Ini Malah Seindah Istana

Kalau umumnya terkesan angker, tidak sinkron menggunakan yg terdapat di negara ini. Uzbekistan punya kompleks makam yg bangunannya megah layaknya istana, yaitu Shah-i-Zinda. Makam latif tadi menyimpan suatu cerita penting di balik pembangunannya yang herbi Nabi Muhammad SAW. Penasaran terdapat apa? Yuk, disimak ulasan berikut.

Dibangun 1000 Tahun Lalu

Sebuah Nekropolis Populer di Samarkand via Instagram @tulanan
Mulai Dibangun Abad ke-11 via Instagram @tulanan

Makam megah di Uzbekistan ini sudah berusia ribuan tahun, sebab dibangun sejak abad ke-11. Awalnya di sini hanya ada 1 makam yang cukup populer. Seiring berjalannya waktu, kuil, makam, dan bangunan lain pun dibangun pada daerah Shah-i-Zinda setidaknya sampai abad ke-19. Hasilnya adalah kemegahan yang sekarang sanggup Teman Traveler saksikan.

Konon Sepupu Nabi Muhammad Dimakamkan di Sini

Desain Bergaya Timurid via Instagram @globetrottingsu
Desain Bergaya Timurid via Instagram @globetrottingsu

Kompleks Shah-i-Zinda ini dipercaya sebagai makam menurut Kusam ibn Abbas, yaitu sepupu Nabi Muhammad yg berbagi kepercayaan Islam di daerah negara ini pada abad ke-7. Sehingga nir heran, makam pada Uzbekistan ini begitu dijaga & terbilang suci.

Selain sepupu Nabi Muhammad, makam di Uzbekistan ini juga dipakai buat menguburkan tokoh krusial lain. Di antaranya adalah Timur, seseorang penguasan Islam Sunni & Ulugbek yaitu sultan menurut daerah timur Persia.

Sebuah Nekropolis

Monumen Indah di Shah-i-Zinda via Instagram @globetrottingsu
Monumen Indah di Shah-i-Zinda via Instagram @globetrottingsu

Makam di Uzbekistan ini adalah sebuah nekropolis yg punya arti secara harfiah “tomb of the living king”. Sisa-residu peninggalan orang yg sudah mati pun ikut dikuburkan. Ciri spesial nekropolis lainnya adalah dibangunnya monumen megah yang pula ada pada Shah-i-Zinda. Bahkan monumen itulah yang sebagai salah satu daya tarik bagi pelancong.

Rutin Dibersihkan via Instagram @reddevil2310
Rutin Dibersihkan via Instagram @reddevil2310

Bangunan Shah-i-Zinda spesial Timurid menggunakan ubin-ubin bermotif indah. Sampai kini pun masih bisa disaksikan keelokannya. Sebab kiin loka ini digunakan buat memakamkan banyak orang, tidak memandang jabatan juga status. Sehingga memungkinkan keluarga yang berziarah buat tetap menjaga keutuhan makam.

Singgah pada Shah-i-Zinda

Pelancong Puaskan Berfoto di Tempat Indah Nan Instagenic via Instagram @eva.Shpilka
Pelancong Puaskan Berfoto di Tempat Indah Nan Instagenic via Instagram @eva.Shpilka

Shah-i-Zinda berlokasi pada Samarkand, sebuah kota tua pada Uzbekistan. Makam ini adalah loka ziarah yang amat suci & penting. Sehingga patuhilah aturan yang diterapkan, galat satunya berpakaian tertutup.

Pelancong Pakai Pakaian Tertutup via Instagram @genifaruk
Pelancong Pakai Pakaian Tertutup via Instagram @genifaruk

Makam di Uzbekistan ini mampu ditempuh menurut Bandara Internasional Samarkand menggunakan 10 menitan mengendarai kendaraan. Jangan lupa siapkan budget buat tiket masuk, mulai dari Rp20 ribuan hingga Rp40 ribuan.

Selain indah, Shah-i-Zinda pula menyimpan cerita dan sejarah. Cocok nih buat Teman Traveler yg suka wisata budaya. Berhubung tempatnya jua super instagenic, siapkan kamera juga. Puaskan berfoto pada sini, tetapi tetap patuhi aturan yg berlaku, ya. Bagaimana tertarik buat tiba?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter