-->

Kuliner Ekstrem Korea Selatan Siapkan Diri Kamu Sebelum Mencobanya

Kurang lengkap cita rasanya bila liburan tanpa mencicipi masakan spesial daerah setempat. Tidak terkecuali saat jalan-jalan pada Negeri Ginseng. Penganan yang terbersit umumnya topokki alias kudapan manis tepung beras bercitarasa pedas cantik, seperti pada Drama Korea. Namun, ingat buat mencoba masakan ekstrem Korea Selatan juga. Penasaran seaneh apa? Inilah setidaknya 7 di antaranya.

Ttongsul

Ilustrasi Ttongsul via Instagram @woosoolkka
Ilustrasi Ttongsul via Instagram @woosoolkka

Kuliner ekstrem Korea Selatan ini berupa minuman, terbuat menurut fermentasi beras yg dicampur dengan kotoran anak kecil. Rice wine yang mengandung alkohol lebih kurang 9 persen ini dipercaya bisa menyembuhkan macam-macam penyakit, mulai dari patah tulang hingga penyakit pada. Kotoran yg digunakan pun milik anak-anak berusia lebih kurang 6 tahun, yg diyakini nir bau dan masih ‘kudus’.

Seonji Haejangguk

Seonji Haejangguk via Instagram @suhunsul
Seonji Haejangguk via Instagram @suhunsul

Korea Selatan mempunyai budaya minum alkohol hampir pada semua acara, baik formal maupun informal. Nah, tersedia jua ‘obat’ buat menghilangkan mabuk. Salah satunya adalah seonji haekangguk yg termasuk masakan ekstrem terkenal Korea Selatan. Bagaimana tidak, sup ini memakai darah sapi beku sebagai bahan utamanya. Mau coba?

Gaebul

Gaebul Mentah via Instagram @poohplatter
Gaebul Mentah via Instagram @poohplatter

Korea Selatan jua dikenal menjadi negara semenanjung. Karenanya, negara ini pula enghasilkan banyak kuliner seafood, termasuk yang ekstrem seperti gaebul. Secara harfiah berarti ‘ikan penis’, sebab bentuknya misalnya indera genitalia laki-laki . Tetapi, sebenarnya gaebul merupakan sejenis cacing sendok laut. Umumnya tersaji mentah, hanya dipotong mini -mini , lalu disantap dengan minyak wijen.

Sundae

Sundae via Instagram @dwkim_0914
Sundae via Instagram @dwkim_0914

Kalau tersebut ada sup berbahan primer darah sapi, yg ini terbuat dari darah babi. Sundae alias sosis darah, terbuat dari usus babi yang sudah dibersihkan, kemudian diisi menggunakan campuran darah dan daging babi, nasi, daun bawang, mie, sayur, & lainnya.

Dapat ditambah bumbu deonjang alias pasta kedelai, maupun ganjang yaitu kecap asin Korea. Cara memasaknya merupakan dikukus. Sundae umumnya disajikan menggunakan jeroan babi, sup jeroan, juga topokki.

Bondaegi

Bondaegi via Instagram @jp_irving11
Bondaegi via Instagram @jp_irving11

Kalau Teman Traveler pernah berkunjung ke Gunungkidul, Jogja, mungkin nir asing dengan kuliner anehnya. Nah, ada jua masakan ekstrem Korea Selatan serupa yg disebut boendegi. Merupakan kepompong ulat sutra yang dipanggang juga rebus.

Walaupun bagi sebagian orang terbilang tidak biasa, namun street food ini relatif terkenal, apalagi di kalangan anak-anak. Teman Traveler yg mau icip, beli saja bungkus kalengnya.

Bokjili

Bokjili via Instagram @vendi_vidi_amavi
Bokjili via Instagram @vendi_vidi_amavi

Bokjili merupakan sup menggunakan bahan utama Fugu, ikan yang dikenal mempunyai kandungan racun di sekujur tubuhnya. Kalau pada Jepang, koki harus memiliki sertifikat khusus sebelum memasak Fugu.

Namun di Korea Selatan, aturannya tidak seketat negara tetangganya. Bokjili terdiri berdasarkan daging ikan Fugu, paprika merah, & rempah-rempah.

Boshintang

Boshintang via Instagram @fastinginkorea
Boshintang via Instagram @fastinginkorea

Kuliner ekstrem Korea Selatan selanjutnya merupakan boshintang alias sup daging anjing. Walaupun bukan kuliner yg biasa dikonsumsi di negara ini, namun masih ada yg menyukainya sebab dipercaya dapat menaikkan stamina pria. Umumnya dimasak menggunakan gochujang alias fermentasi cabe juga doenjang yaitu pasta kedelai.

Itulah setidaknya 7 kuliner ekstrem Korea Selatan yang bisa dicoba. Bikin liburanmu makin berkesan dengan merasakan keliru satunya. Bagaimana, berani mencoba yg mana?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter