-->

Masjid Instagenic di Asia Indonesia Juga Punya Loh!

Masjid instagenic di Asia berikut dibangun sedemikian indahnya. Tidak hanya digunakan buat beribadah, keelokan tempat ibadah tadi juga mengundang pelancong buat datang, melihat-lihat & berfoto. Penasaran secantik apa masjid-masjid berikut?

Sheikh Lotfollah Mosque, Iran

Ubin Bermotif Indah di Sheikh Lotfollah Mosque, Iran via Instagram @iran_vacations
Ubin Bermotif Indah pada Sheikh Lotfollah Mosque, Iran via Instagram @iran_vacations

Masjid instagenic pada Asia ini berlokasi pada Iran, bernama Sheikh Lotfollah Mosque. Tempat ibadah ini digadang-gadang sebagai salah satu karya arsitektur terindah di negara tersebut. Masjid ini begitu megah menggunakan lebih jelasnya mosaik.

Sheikh Lotfollah Mosque, Iran via Instagram @kitkat_ch
Sheikh Lotfollah Mosque, Iran via Instagram @kitkat_ch

Uniknya, ubin dalam kubah masjid bisaberubah rona tergantung syarat cahaya. Kadang berwarna agak coklat hinggamerah muda. Keelokan lainnya terletak pada lukisan merak pada tengah lantai bawahkubah masjid.

SheikhLotfollah Mosque didirikan ketika zaman Shah Abbas, seorang penguasapopuler Kekaisaran Persia. Tempat yg berlokasi di Kota Isfahan inimembutuhkan saat pembangunan lebih kurang 20 tahun.

Jami-Ul-Alfar Mosque, Sri Lanka

Jami-Ul-Alfar Mosque, Sri Lanka via Instagram @shangrilacolombo
Jami-Ul-Alfar Mosque, Sri Lanka via Instagram @shangrilacolombo

Jami-Ul-Alfar Mosque merupakan masjid instagenic pada Asia yang berlokasi pada Sri Lanka. Tempat ibadah ini memiliki julukan Red Mosque, karena bangunannya didominasi warna merah. Jami-Ul-Alfar Mosque memiliki minaret yang cukup tinggi sampai bisa dilihat dari hampir seluruh penjuru Kota Kolombo.

Indahnya Jami-Ul-Alfar Mosque, Sri Lanka via Instagram @annikenaronsen
Indahnya Jami-Ul-Alfar Mosque, Sri Lanka via Instagram @annikenaronsen

Istimewanya lagi, masjid inimemiliki kubah yang dibangun berbentuk misalnya butir delima. Bentuk tadicukup tidak sinkron dengan masjid lain yg biasanya mempunyai kubah bundar .

Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah via Instagram @aqshar_putra
Masjid 99 Kubah via Instagram @aqshar_putra

Seperti namanya, masjid instagenic pada Asia ini memiliki 99 kubah yang latif. Kubah-kubah tadi dibentuk dengan beragam ukuran dan berwarna-warni seperti merah, kuning, & jingga. Tempat ibadah ini memang belum jadi secara sepenuhnya, direncanakan dibuka buat generik dalam bulan Ramadan tahun 2019 ini.

Masjid 99 Kubah dari Dekat via Instagram @iyyhee
Masjid 99 Kubah dari Dekat via Instagram @iyyhee

Masjid 99 Kubah berlokasi pada PantaiLosari, sebelah barat Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Walau masihdalam termin finishing, Teman Travelertelah bisa melihat keelokan tempat ibadah ini menurut kejauhan.

Nasir Al-Mulk, Iran

Nasir-Al-Mulk Didominasi Warna Pink via Instagram @24hourslayover
Nasir-Al-Mulk Didominasi Warna Pink via Instagram @24hourslayover

Nasir Al-Mulk atau dianggap pula ‘masjid pink’ berada di Syiraz, Iran. Bagian luar bangunan loka ibadah ini didominasi warna merah muda. Sedangkan sisi dalamnya memiliki beragam warna.

Bias Cahaya Indah di Dalam Masjid Nasir Al-Mulk via Instagram @sergeysuxov
Bias Cahaya Indah pada Dalam Masjid Nasir Al-Mulk via Instagram @sergeysuxov

Masjid ini mempunyai ventilasi kaca yg dihiasi ornamen warna-warni. Sehingga ketika mentari menyinarinya, akan masih ada bias cahaya yang begitu indah.

Nasir Al-Mulk ini dibangun dalam masaDinasti Qajar di akhir abad ke-19. Nama masjid itu pun diambil berdasarkan namapenguasa pada kala itu yaitu Mirza Hasan Ali Nasir Al-Mulk.

Bibi-Khanym Mosque, Uzbekistan

Bibi-Khanym Mosque via Instagram @thediaryofanomad
Bibi-Khanym Mosque via Instagram @thediaryofanomad

Masjid instagenic di Asia selanjutnya adalah Bibi-Khanym Mosque atau disebut jua Bibi-Khanum. Tempat ibadah super indah ini mempunyai gaya arsitektur khas Timurid. Masjid itu didominasi rona biru dilengkapi dengan ubin-ubin bermotif latif & detail.

Dihiasi Ubin Bermotif Indah dan Detail via Instagram @syafiqariffin
Dihiasi Ubin Bermotif Indah & Detail via Instagram @syafiqariffin

Konon masjid ini dibangun sang Bibi-Khanym bagi oleh suami yaitu Timur atau Tamerlane, seorang penguasa Kekaisaran Timurid. Bibi-Khanym Mosque berlokasi pada Samarkand, sebuah kota tua di Uzbekistan yang dipenuhi bangunan-bangunan indah.

Beemapally Mosque, India

Beemapally Mosque, India via Instagram @masjidgraphy
Beemapally Mosque, India via Instagram @masjidgraphy

Beemapally Mosque ialah sebuah masjid instagenic pada Asia yg berada di Kerala, India. Hampir seluruh bangunan masjid ini tertutup oleh warna merah muda yg enak ditinjau mata. Saat malam hari, lampu-lampu menghiasi bagian luar bangunan.

Suasana Masjid di Malam Hari via Instagram @_afsal_
Suasana Masjid pada Malam Hari via Instagram @_afsal_

Atraksi menarik lainnya adalah makam Syedunnisa Beema Beevi, seseorang wanita Muslim yg konon memiliki kekuatan dewa. Tidak hanya umat Muslim, tempat ini pula dikunjungi oleh orang-orang dari beragam kasta & keyakinan.

Saint Petersburg Mosque, Rusia

Saint Petersburg Mosque, Rusia via Instagram @travelinladies
Saint Petersburg Mosque, Rusia via Instagram @nadiagindina

Saint Petersburg Mosque merupakan masjid instagenic yang berlokasi di Rusia, negara yang wilayahnya ada di Benua Asia dan Eropa. Tempat ibadah ini mempunya dominasi rona biru dengan motif-motif rumit nan latif. Desain masjid ini dipengaruhi sang komunitas Tatar yg bertempat tidak jauh menurut Saint Petersburg Mosque.

Masjid Indah di Rusia via Instagram @hobopeeba
Masjid Indah pada Rusia via Instagram @hobopeeba

Selain latif, masjid ini pula punyanilai sejarah sebab dibangun dalam tahun 1909-1920 & didedikasikan untuk DinastiRomanov yg dulu pernah berkuasa di Rusia. Tempat ini sanggup menampung sekitar5 ribuan jemaah.

Itulah 7 masjid instagenic pada Asia yang punya warna-rona latif. Teman Travelersudah pernah berkunjung ke salah satunya? Atau berminat liburan ke sana?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter