-->

Modern dan Super Unik Ada Air Terjun di Gedung Pencakar Langit Penasaran?

Tiongkok memang selalu punya cara buat menciptakan takjub para pelancong yang tiba. Tidak hanya The Great Wall of China, Kota Terlarang, & lainnya. Negeri Tirai Bambu ini pun punya air terjun kreasi manusia yg dibangun pada gedung pencakar langit. Seperti apa penampakannya? Dibaca ulasan lengkapnya, ya.

Air Terjun Buatan Manusia Setinggi 108 Meter

Air Terjun Buatan Setinggi 108 Meter via Instagram @inquirerproperty
Air Terjun Buatan Setinggi 108 Meter via Instagram @inquirerproperty

Air terjun pertama protesis manusia yang dibangun di sebuah gedung pencakar langit ini punya tinggi melebihi yang alami. Atraksi menarik ini punya tinggi sekitar 108 meter, mengucur berdasarkan bagian atas gedung. Saking tingginya, dikatakan bahwa artificial waterfall ini sebagai air terjun buatan insan terbesar sedunia.

Terdapat beragam reaksi menurut netizen, mulai dari kerennya gaya arsitekturnya, sampai dipercaya buang-buang asal air maupun pemborosan. Namun air terjun ini memang terbilang unik.

Dibangun pada Liebian International Plaza, Gedung Setinggi 121 Meter

Air Terjun dari Dalam Gedung Pencakar Langit via Instagram @arch_diary
Air Terjun dari Dalam Gedung Pencakar Langit via Instagram @arch_diary

Air terjun protesis insan ini dibangun pada gedung pencakar langit bernama Liebian International Plaza. Bangunan ini berlokasi di sentra kota Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou. Plaza yang berisi hotel, sentral perbelanjaan, dan pusat perkantoran ini punya tinggi lebih kurang 121 meter.

Ratusan Dolar Dikeluarkan buat Sekali Guyuran Air

Dihidupkan saat Acara Tertentu via Instagram @levifweekend
Dihidupkan ketika Acara Tertentu via Instagram @levifweekend

Air terjun buatan manusia ini membutuhkan waktu kira-kira 2 jam hingga siap mengalir. Airnya disedot memakai empat pompa air masing-masing berkekuatan 185 kilowatt. Atraksi menarik di gedung pencakar langit ini hanya dihidupkan pada ketika-ketika eksklusif saja, misalnya waktu ada festival di kota ini.

Biaya listrik yang dihabiskan tidaklah sedikit. Dalam saat satu jam saja, dibutuhkan budget setidaknya Rp1,6 jutaan. Durasi aliran artificial waterfall ini pun dibatasi hanya 10 sampai 20 mnt.

Berasal berdasarkan Hujan & Daur Ulang Air Keran

Ditampung di Kolam via Instagram @arch_diary
Ditampung di Kolam via Instagram @arch_diary

Sumber air berdasarkan atraksi yang sengaja dibentuk buat menarik perhatian pelancong ini asal berdasarkan tampungan air hujan, air tanah, dan siklus ulang air keran. Semunya dikumpulkan ke dalam tangki super besar & sistem drainase empat lantai di bawah tanah. Sedangkan output dari guyuran air dari bagian atas gedung, ditampung dalam kolam yg dipasang tepat di bawahnya.

Kalau air terjun ini sedang dinyalakan, Teman Traveler wajib hati-hati, nih. Jangan sampai kebasahan, ya. Apakah tertarik melihat secara eksklusif?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter