-->

Museum di Bawah Bukit Pasir Pantai Harus Lewati Jalan Unik untuk Mencapainya

Selain jembatan kaca maupun perumahan berbentuk piramida, Tiongkok balik menghadirkan bangunan unik. Kali ini terdapat museum yang dibangun pada bawah bukit pasir pantai, bernama UCCA Dune Art Museum. Bukan hanya menampilkan karya-karta pada masa ini menarik, lokasinya yang tidak biasa pun menarik perhatian. Yuk, dibaca ulasan lengkapnya.

Berada di Bawah Bukit Pasir Pantai

Berada di Bawah Pasir via Instagram @ppcimaginarium
Berada di Bawah Pasir via Instagram @ppcimaginarium

UCCA Dune Art Museum ini dibangun di bawah bukit pasir pantai, tepatnya di kota pesisir Qinhuangdao Tiongkok. Destinasi wisata ini sengaja dibangun di lokasi tersebut dengan tujuan menjaga lingkungan. Bangunan yang berada di bawah bagian atas pasir pantai itu menciptakan keberadaan bukit tetap terjaga. Sehingga nir hilang waktu terdapat badai angin besar .

Menampilkan Karya Seni Kontemporer

Salah Satu Pameran Karya Seni Kontemporer via Instagram @uccadune
Salah Satu Pameran Karya Seni Kontemporer via Instagram @uccadune

UCCA Dune Art Museum merupakan loka buat menampilkan beragam karya-karya seni kontemporer Tiongkok. Tempat ini terbagi menjadi kurang lebih 10 galeri pameran seni pada masa ini. Selain itu, akan dijadikan lokasi tempat tinggal ad interim para artis yg karyanya sedang dipamerkan.

Dibangun dengan Jendela Lebar via Instagram @ppcimaginarium
Dibangun menggunakan Jendela Lebar via Instagram @ppcimaginarium

Dilengkapi jua dengan semacam studio apartment sederhana. OPEN Architecture adalah firma arsitektur dibalik ide pembuatan museum pada bawah bukit pasir pantai. Tempat yg menggabungkan unsur seni, arsitektur & alam ini bisa menarik kunjungan pelancong.

Atraksi Menarik pada Dalam

Sebagai Tempat Pameran Karya Seni Kontemporer via Instagram @uccadune
Sebagai Tempat Pameran Karya Seni Kontemporer via Instagram @uccadune

Museum yg dibangun di bawah bukit pasir pantai ini terbagi sebagai beberapa atraksi menarik. Di antaranya 8 gua buatan yang berfungsi menjadi jalan sekaligus ruang pameran. Kafe yang dibangun menghadap pribadi ke lautan, dan rooftop di mana pengunjung dapat menikmati panorama pantai & laut secara eksklusif.

Kafe Menghadap Langsung ke Lautan via Instagram @arquinfad
Kafe Menghadap Langsung ke Lautan via Instagram @arquinfad

Bangunan ini pun dilengkapi dengan sistem mutakhir, sebagai akibatnya suasana akan tetap sejuk sekalipun ekspresi dominan panas. Sistem pendinginan pun bukan memakai AC. Melainkan, sebuah teknik pompa ke pada tanah, dengan pengeluaran listrik minimalis.

Pembangunan Memakan Waktu Tiga Tahun

Museum di Bawah Bukit Pasir Pantai via Instagram @galeriemagazine
Museum pada Bawah Bukit Pasir Pantai via Instagram @galeriemagazine

Pembangunan museum pada bawah bukit pasir pantai ini memakan waktu sekitar 3 tahun. Bangunan ini mempunyai mempunyai luas lebih kurang 930 meter persegi. Punya bentuk seperti cangkang beton yang terbuat berdasarkan bekisting kayu dan beton.

Dapat Melihat Panorama Pantai dan Laut dari Bagian Atas via Instagram @liuzhilinnathan
Dapat Melihat Panorama Pantai & Laut dari Bagian Atas via Instagram @liuzhilinnathan

Kalau dilihat dari atas, UCCA Dune Art Museum ini seolah mencuat menurut dalam pasir pantai. Dinding gedung museum ini dihiasi tekstur tak berbentuk. Tempat ini pun mempunyai semacam jendela lebar, demi pencahayaan alami ke dalam museum.

Museum ini sudah sanggup dikunjungi pada Tiongkok. Namun belum ada pameran karya seni dalam ketika dekat. Apakah Teman Traveler berminat singgah ke sana waktu liburan di Tiongkok?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter