-->

Menyantap Nasi Gudeg Yu Sum Cita Rasa Manisnya Jogja

Menikmati nasi gudeg, jadi sebuah keharusan bagi para pelancong di Jogja. Hidangan ini memang telah menjadi kuliner andalan Kota Pelajar dan citarasanya disukai poly orang. Terbukti, Teman Traveler mampu menemukan banyak penjaja masakan ini di Jogja. Salah satu yg wajib dicoba adalah Gudeg Yu Sum.

Seporsi Nasi Gudeg Yu Sum (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Gudeg menyajikan rasa manis, berpadu menggunakan pedasnya sambal krecek. Sensasinya terasa unik di lidah & sudah sukses memikat banyak penikmat masakan nusantara. Sajian ini jua yg konon membuat sederet orang kangen dan ingin pulang ke Jogja.

Tak heran apabila Jogja mempunyai banyak sekali penjual gudeg. Beberapa di antaranya bahkan sudah berstatus legendaris. Apakah istimewanya Gudeg Yu Sum? Ini dia ulasan singkatnya.

Berjualan Sejak 1974

Proses memasak gudeg (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Yu Sum telah mulai menjajakan nasi gudeg semenjak 1974. Hal tadi membuat beliau jadi sangat berpengalaman pada memasak gudeg. Seiring berjalannya ketika, resep andalannya terus disempurnakan sampai kini . Racikannya terasa begitu pas di lidah konsumen.

Gudeg sendiri dua jenis: basah dan kering. Gudeg basah biasa tersaji buat pelanggan yang ingin makan pada loka. Sementara gudeg kering dihadirkan khusus buat pelanggan yg ingin bungkus atau bawa pergi. Teman Traveler sanggup menemukan dua jenis kuliner itu di Gudeg Yu Sum.

Alat Masak Tradisional

Dimasak memakai tungku tradisional (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Salah satu rahasia mengapa Gudeg Yu Sum bertahan hingga kini dan diminati poly pelanggan adalah cara masaknya yang masih menggunakan alat-alat tradisional. Kompornya saja masih memanfaatkan tungku dan kayu bakar.

Meski saat memasaknya lebih lama dibanding menggunakan kompor gas, aroma kayu bakar itu membentuk kekhasan tersendiri dan menciptakan gudeg terasa lebih lezat . Apalagi, kayu bakar sanggup menghasilkan panas lebih tinggi, sehingga gudeg pun jadi matang sempurna.

Lokasinya Strategis & Mudah Ditemukan

Sambal krecek pedas (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Pusat Gudeg Yu Sum terdapat pada Jalan Imogiri, dekat Terminal Giwangan. Keberadaannya tidak pernah gagal menarik minat para penumpang buat mencicipi seporsi gudeg buatannya. Demikian jua menggunakan pelancong yang hendak jalan-jalan pada wisata lebih kurang Imogiri & Mangunan.

Lokasi kedai Yu Sum jua sangat strategis lantaran berada pada tepi jalan utama Imogiri. Ada plang ukuran akbar sehingga sangat mudah buat ditemukan.

Nikmatnya seporsi nasi gudeg (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Tertarik merasakan nikmatnya seporsi Nasi Gudeg Yu Sum? Teman Traveler sanggup eksklusif meluncur ke Jalan Imogiri Timur no 169, Nglebeng, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Jogja. Mereka buka antara jam 06.00 sampai pukul 21.00. Buktikan sendiri, manisnya cita rasa Kota Pelajar?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter