-->

Nasi Liwet Bu Nisa Solo Kuliner Tengah Malam Gak Bikin Kantong Bolong

apabila sedang berada di kurang lebih Jawa Tengah, luangkan saat singgah di Solo. Selain keraton, Kota Batik memiliki sederet kuliner enak dan sayang dilewatkan. Ada banyak masakan tengah malam Solo yang bisa memuaskan perut. Salah satunya Nasi Liwet Bu Lisa.

Bagi yg sedang berada pada Jogja, cukup naik komuter selama lebih kurang 1,5 jam telah sanggup hingga di Solo. Tarifnya pun murah, di kisaran Rp10.000. Meski Teman Traveler hingga ketika hari gelap, tidak perlu risi. Seperti apa sih masakan Solo satu ini?

Apakah Nasi Liwet itu?

Nasi Liwet Bu Nisa (c) Natalia/Travelingyuk

Nasi liwet adalah keliru satu kuliner spesial Solo yang pastinya akan makin mantap dicoba eksklusif pada loka asalnya. Jika Jakarta memiliki nasi uduk, maka Jawa Tengah, khususnya Solo, punya nasi liwet. Rasanya legit lantaran dimasak dengan kelapa.

Nasi Liwet Bu Nisa di Solo (c) Natalia/Travelingyuk

Nasi liwet umumnya tersaji menggunakan aneka macam lauk, seperti ayam atau sate telur. Namun satu yang menjadi karakteristik khas merupakan areh, bubur halus legit yg pula dibuat dari kelapa. Pertama kali mencoba, dijamin langsung doyan. 

Satu dari Banyak Pilihan Nasi Liwet

Pilihan lauk pada Bu Nisa (c) Natalia/Travelingyuk

Sebenarnya tidak susah menemukan kuliner tengah malam pada Solo. Tetapi, Nasi Liwet Bu Nisa adalah galat satu yg mematok harga murah meriah. Itulah yg membedakan menurut panjaja nasi liwet lainnya.

Kala berkunjung ke sana, aku memesan seporsi nasi liwet. Isinya terdiri dari nasi, sayur santan, serta potongan ayam kare. Tak ketinggalan areh, yg membuat cita rasa makan malam saya semakin menggugah kesukaan.

Seporsi nasi liwet pada sini dipatok tak lebih berdasarkan Rp15.000. Itu telah termasuk teh hangat yang eksklusif bikin badan terasa lezat . Apalagi untuk Teman Traveler yang baru saja melakukan perjalanan panjang. Serasa disambut hangat pada Solo karena makanan ini.

Beragam Pilihan Lauk

Beragam lauk pada Nasi Liwet Bu Nisa (c) Natalia/Travelingyuk

Selain seporsi biasa, Teman Traveler pula sanggup tambah lauk. Pilihannya lumayan majemuk. Kalian juga mampu merasakan sate kulit lezat menggunakan bumbu pas pada sini. Rasanya tidak relatif apabila hanya ambil satu tusuk. Saya pula sempat menjajal sate telur puyuh bacem seharga Rp1.000 per tusuk.

Kepala ayam (c) Natalia/Travelingyuk

Bagian ayam mana yang paling Teman Traveler senang? Nasi Liwet Bu Nisa menyediakan semuanya. Kalian bisa menikmati nasi liwet menggunakan tambahan ketua ayam renyah, ceker, hingga jeroan.

Sate nugget (c) Natalia/Travelingyuk

Tak ketinggalan tahu, tempe, & telur ayam legit yang pula dibumbu bacem. Nasi Liwet Bu Nisa bahkan pula menyediakan sate tempura & nugget, lho. Pilih saja sesuai selera. 

Sate kulit (c) Natalia/Travelingyuk

Lokasi Strategis

Lokasi strategis (c) Natalia/Travelingyuk

Tak hanya enak dan murah meriah, Nasi Liwet Bu Nisa juga buka lapak di lokasi yg sangat mudah dicari. Bertempat di Jalan Radjiman, masakan tengah malam ini berjarak lebih kurang 10 menitan saja berdasarkan Stasiun Balapan Solo. 

Nasi Liwet Bu Nisa mulai melayani pelanggannya pada pukul 21.00 hingga 05.00. Namun tak sporadis lapaknya telah tutup pukul 03.00 lantaran semua lauk dan bahannya telah habis. Bisa dibayangkan kan enaknya seperti apa?

Lesehan Sederhana

Ceker ayam (c) Natalia/Travelingyuk

Rasanya kurang sempurna jika bertandang ke Solo, tapi malah hanya mencoba kuliner pada restorannya. Itulah yg jadi alasan saya memilih masakan sederhana yg mendeskripsikan suasana Solo yang kental, misalnya Nasi Liwet Bu Nisa. 

Kuliner ini dijual pada pinggir trotoar. Sepertinya apabila siang lapak ini digunakan buat toko. Digelar tikar sederhana & penjelasan seadanya. Meski jauh menurut kesan wah, yg kentara tidak mengurangi kelezatan nasi liwet itu sendiri. 

Bisa Dipesan Online

Jerohan (c) Natalia/Travelingyuk

Solo termasuk kondusif buat solo traveling, seperti yang pernah aku lakukan. Kawasannya nir terlalu sepi, tetapi jua tak padat hingga bikin sumpek. Apabila ingin pribadi ke hotel, engkau juga mampu tetap mencicipi Nasi Liwet Bu Nisa, lho. Pasalnya, kuliner satu ini pula sudah mampu dipesan secara online.

Itulah secara singkat kuliner tengah malam saya pada Solo, mencicipi Nasi Liwet Bu Nisa. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba sendiri?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter