-->

Pantai Seger Jejak Legenda Putri Mandalika di Lombok Tengah

Pantai-pantai pada Lombok memang sudah usang dikenal indah dan menakjubkan. Hal ini jua yang membuat Pulau Seribu Masjid sekarang jadi galat satu tujuan favorit wisatawan mancanegara. Para turis asing haus akan panorama alam perawan dan sporadis terjamah manusia. Salah satunya merupakan Pantai Seger.

Pemandangan di sisi utara Pantai Seger (c) Rosita/Travelingyuk

Selain wisata Lombok yg satu ini.

Pantai Melegenda di Lombok Tengah

Pantai dengan air laut jernih & damai (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Seger termasuk keliru satu yang wisata melegenda dan terkenal di Kabupaten Lombok Tengah. Posisi tepatnya terdapat di wilayah Desa Sukadane, Kecamatan Pujut. Termasuk keliru satu wisata andalan Mandalika, pantai ini sebenarnya masih segaris dengan Pantai Kuta Lombok. Kedua destinasi itu hanya terpisah jarak kurang lebih 2 kilometer.

Apabila berangkat berdasarkan Bandara Internasional Lombok, butuh ketika kurang lebih 30 mnt untuk hingga di sini. Sementara bagi Teman Traveler yg menginap di tempat Senggigi, bepergian akan memakan saat kira-kira satu setengah jam. Tak perlu risi soal akses, syarat jalan menuju daerah Mandalika sudah sangat baik.

Masuk Kawasan Pusat Wisata Lombok

Pemandangan pantai dari arah utara pada siang hari (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Seger terus berbenah dalam beberapa bulan belakangan, demi menggapai target menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) unggulan Tanah Air. Selain Seger, daerah ini pula mempunyai Pantai Kuta & Tanjung Aan yang wajib dikunjungi.

Kawasan Pantai Seger terbilang relatif luas. Ada beberapa titik yang sanggup Teman Traveler jelajahi buat menikmati estetika alamnya. Tiap sisi destinasi ini memberikan panorama tidak sinkron, semuanya begitu memanjakan mata. Bagi yg ingin melihat pesona cantik Seger berdasarkan ketinggian, bisa naik ke bukit pada kurang lebih bibir pantai.

Legenda Putri Mandalika

Pantai dicermati berdasarkan atas bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Saat berkunjung ke Seger, Teman Traveler akan menemukan perpaduan patung pada pinggir Pantai. Patung-patung tersebut didirikan pada bagian utara, pada mana arus lautnya lebih damai. Kalian akan melihat semacam monumen yg menggambarkan seorang puteri hendak membebaskan diri menurut 3 pria. Patung ini tidak lain menggambarkan Legenda Putri Mandalika.

Masyarakat Sasak konfiden bahwa Pantai Seger adalah lokasi Putri Mandalika menenggelamkan diri. Hingga sekarang, legenda tersebut terus dilestarikan melalui Festival Bau Nyale. Ketika program tahunan tersebut digelar, penduduk akan ramai berusaha menangkap cacing bahari. Hewan ini diyakini adalah jelmaaan Putri Mandalika.

Festival Bau Nyale

Pemandangan dari atas bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Festival Bau Nyale adalah kegiatan berburu cacing laut. Kegiatan ini telah sebagai rencana tahunan yang diadakan antara Februari sampai Maret. Biasanya dilaksanakan pada hari ke-20 bulan ke-10 dalam penanggalan tradisional Sasak.

Dalam festival ini warga dan wisatawan akan berlomba mencapai bibir pantai. Bahkan kadang ada yg sudah mencari nyale semenjak pukul 03.00. Begitu festival rampung, cacing hasil tangkapan umumnya diolah sebagai hidangan tradisional Lombok. Kemeriahan Festival Bau Nyale kerap memancing minat wisatawan nusantara & mancangeara buat tiba ke Lombok.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Seger, daerah wisata melegenda pada Lombok Tengah. Tak hanya menikmati panorama kurang lebih, Teman Traveler jua bisa melihat eksklusif jejak Legenda Putri Mandalika pada sini. Jadi, kapan kalian berencana liburan ke sini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter