-->

Petis Runting Pak Lasjan Kuliner Bermula dari Banyaknya Tulang Kambing Sisa Sate

Pati merupakan wilayah pada Jawa Tengah yang menyuguhkan banyak hidangan khas. Salah satunya merupakan olahan yg terbuat berdasarkan formasi antara petis runting & daging kambing. Tempat yg populer dikunjungi buat mencoba masakan ini merupakan merupakan Petis Runting Pak Lasjan. Yup, tidak perlu berlama-lama , ayo kita ulas lebih mendalam.

Berkenalan dengan Petis Runting Khas Pati

Petis Pak Lasjan yang unik, via Instagram/satrian_chivas_regal
Petis Pak Lasjan yg unik, via Instagram/satrian_chivas_regal

Merupakan jenis olahan berdasarkan petis kambing yg diolah menggunakan gulai tulang kambing yang dicampur menggunakan tepung beras, rebusan daging, dan kuahnya yang gelap & kental. Diberi nama Petis Runting lantaran diambil dari nama sebuah daerah di Pati bagian utara, Runting.

Banyak warga Runting yang berjualan masakan ini. Cita rasa dan karakteristik khasnya tidak ditemukan pada makanan lainnya. Unik, terlihat misalnya gulai, tetapi bukan.

Pak Lasjan Tempat Populer Berburu Petis Runting

Rasa yang begitu istimewa, via Instagram/umi_faridz
Rasa yang begitu istimewa, via Instagram/umi_faridz

Salah satu tempat yg begitu terkenal berburu runting merupakan Pak Lasjan. Awalnya, Pak Lasjan merupakan seseorang teknisi listrik & akhirnya banting setir untuk menggeluti bisnis warung ini. Keputusannya didukung sang istri, Darmini. Perlahan namun pasti, Petis Runting Pak Lasjan ini jadi salah satu tempat yg populer.

Daging Pilihan untuk Citarasa Istimewa

Kuliner unik dan enak, via Instagram/detikfood
Kuliner unik & lezat , via Instagram/detikfood

Petis runting yg dipadukan menggunakan kambing memberian rasa yg menggiurkan. Tekstur dagingnya pula empuk. Ternyata keliru satu rahasianya adalah pemilihan pada daging kambing Jawa yg masih muda. Dagingnya empuk menggunakan tulang yg lunak.

Resep petis runting ini ternyata berawal menurut tahun 1970an. Awalnya poly sekali tulang kambing residu sate lalu masyarakat Runting mengkreasikannya jadi petis runting.

Lokasi Blusukan Namun Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Mblusuk namun banyak diburu, via Instagram/menterikulinerpati
Mblusuk tetapi poly diburu, via Instagram/menterikulinerpati

Lokasi Petis Runting Pak Lasjan berada pada Desa Payang, Kecamatan Pati, Jawa Tengah. Dari Pati menuju ke Utara ke Tayu-Jepara, tepat sebelum Kantor Balai Desa Mulyoharjo ada pertigaan, belok ke kanan dan masuk sekitaran 500 meter ada papan nama Petis Runting Pak Lasjan.

Pantas dicoba saat di Pati, via Instagram/farlindasaid
Pantas dicoba ketika di Pati, via Instagram/farlindasaid

Lokasinya memang blusukan, meskipun begitu tidak menyurutkan niat orang-orang buat mencicipinya. Tidak perlu khawatir, harganya begitu terjangkau. Satu porsinya dipatok Rp15.000 saja. Kamu tak akan mengambil kocek terlalu dalam.

Petis yang sangat unik dan beda ini memang bikin bertanya-tanya, ya Teman Traveler. Kekayaan masakan Indonesia ini sanggup banget membuat poly orang terperangah. Jangan lupa merasakan apabila berkunjung.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter