-->

Soto Sadang di Purwakarta Kenikmatan Melegenda Sejak Tahun 1970-an

Jawa Barat tidak hanya punya Bandung & Bogor buat dikunjungi. Kuliner di 2 kota tadi jua dikenal enak. Banyak juga lokasi lainnya yg mempunyai kuliner menggunakan rasa ngangenin, termasuk Purwakarta. Salah satunya merupakan Soto Sadang yg sudah ada berpuluh-puluh tahun lamanya pada Purwakarta. Intip yuk seenak apa.

Cikal Bakal Soto Sadang yg Dirintis Tahun 1970-an

Alamatnya di Soto Sadang, via Instagram/adityadewantoro
Alamatnya di Soto Sadang, via Instagram/adityadewantoro

Kawasan sekitaran daerah Sadang, Purwakarta selama in dikenal menjadi industri sekaligus perlintasan berdasarkan & wilayah Jawa Barat lainnya. Di animo mudik, lokasi ini sangat padat. Dengan alasan itulah, Pak Karta dan keluarganya memutuskan buat membuka warung Soto Sadang Asli Pertama Kali pada tahun 1970-an.

Awalnya, di tahun 1970-an ini, hanya adalah warung kecil yang dibuka Pak Karta buat menambahkan pemasukan kelurganya. Awalnya mereka menjual soto mie sebagai sambilan. Namun lama -kelamaan tempat makan pada Purwakarta ini dipadati sang para pengunjung.

Tawarkan Dua Jenis Soto (Kuah Bening dan Santan)

Pilihan di Soto Sadang, via Instagram/ivanwongso
Pilihan menu, via Instagram/ivanwongso

Tempat ini menunjukkan beberapa menu yg mengenyangkan. Unggulannya adalah soto dengan kuah bening ataupun menggunakan kuah santan. Soto bening ini adalah kuliner menggunakan kuah kaldu yg asal menurut daging panaskan dengan barah mini dalam saat yg usang. Kuahnya jernih, tetapi cita rasanya legit pekat menggunakan kaldu.

Soto Bening, via Instagram/istiyuli
Soto Bening, via Instagram/istiyuli

Sementara buat Soto Santan akan ada irisan lauk, berkuah santan berwarna kuning pucat & cita rasanya legit kuat. Bumbunya lebih ringan, namun cita rasanya sama-sama menggoyang pengecap. Tidak hanya soto, loka makan ini pula menyuguhkan hidangan lainnya. Misalnya saja sate maranggi.

Informasi Umum Soto Sadang di Purwakarta

Soto Santan, via Instagram/purwakarta.Kuliner
Soto Santan, via Instagram/purwakarta.Kuliner

Soto Sadang sentra berada pada Jl. Veteran, Jembatan Layang Sadang, Purwakarta. Lokasinya persis samping Jembatan KA, Purwakarta. Tempat makan ini buka 24 jam. Bisa jadi kuliner buat makan kapan saja saat perut sedang kelaparan. Soto di sini dibanderol Rp30.000-an.

Pengin yang hangat-hangat saat melintas ataupun sedang di Purwakarta, Soto Sadang yang melegenda ini patut buat dicoba. Semoga engkau senang.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter