-->

Tahu Teck Teck Pak Ali yang Melegenda di Surabaya Lucu Namanya Juara Enaknya

Tahu Tek merupakan masakan asal Surabaya yang terbilang mempunyai sejarah penamaan yg unik. Terbentuk berdasarkan penjual yg keliling kampung memakai gerobak dorong menggunakan karakteristik spesial penjualnya memukul-mukul wajan atau loka penggorengan, sebagai akibatnya berbunyi tek-tek. Ada banyak penjual tahu tek-tek di Surabaya, galat satu yang tersohor adalah Tahu Teck Teck Pak Ali. Apa istimewanya?

Kuliner Legedaris yg Sudah Ada Sejak Tahun 1960-an

Menu Tahu Telur, via Instagram/nongkrong_surabaya
Menu Tahu Telur, via Instagram/nongkrong_surabaya

Perintis Tahu Teck Teck di Surabaya, Haji Ali awalnya bertani di Lamongan, Jawa Timur. Tetapi, lantaran banyak pemuda di desanya yang mencoba keberuntungan pada Surabaya, Ali muda pun turut mengikuti arus tersebut. Singkat cerita, Ali muda iseng buat menjual memahami tek keliling pada wilayah Kauman, Peneleh kurang lebih tahun 1962.

Tahu Tek Pak Ali, via Instagram/nusantarafoodies
Tahu Tek Pak Ali, via Instagram/nusantarafoodies

Awalnya iseng, tetapi di tengah bepergian ia serius menekuni usahanya. Memasuki tahun 1970-an, Haji Ali pindah ke Jl. Dinoyo buat membuka warung miliknya sendiri. Dengan jatuh bangun menciptakan usaha kulinernya, waktu ini Haji Ali sudah memiliki cabang dan tahu teknya masuk ke dalam jajaran legendaris Surabaya. Tidak sendirian, Haji Ali sudah dibantu sang anaknya.

Rahasia Kenikmatan berdasarkan Tahu Teck Teck di Surabaya

Tempat makan rekomended, via Instagram/infinitysby
Tempat makan rekomended, via Instagram/infinitysby

Bisa bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya, tentu saja Haji Ali memiliki rahasia tersendiri. Ternyata salah satu rahasianya merupakan seluruh bahan-bahan yg dipakai buat membuat memahami tek ataupun hidangan-hidangan lainnya merupakan terjamin kesejukan & kebersihannya.

Tidak hanya itu, Haji Ali selalu menerapkan P5K, yakni pekerja keras, ketrampilan, kesopanan, kedisiplinan, kerajinan, dan laba.

Langganan Artis dan Para Pejabat

Tahu tek dengan citarasa wenak, via Instagram/samurai_jagoan
Tahu tek dengan citarasa wenak, via Instagram/samurai_jagoan

Saat engkau masuk ke dalam warung Tahu Teck Teck Pak Ali, akan poly foto-foto seniman terpajang pada dinding, pula para pejabat. Kuliner Surabaya ini berada pada Jl. Dinoyo No. 147 A, Surabaya. Bukanya mulai berdasarkan jam 17:00-24:00 WIB. Menunya antara lain tahu teck teck (memahami tek), memahami telor, soto ayam, & beberapa jenis minum. Menu utamanya dibanderol mulai berdasarkan Rp15.000 hingga menggunakan Rp20.000.

Traveling ke Surabaya tanpa mencoba aneka macam kuliner khasnya merupakan hal yg sangat disayangkan. Maka dari itulah Teman Traveler, selalu sempatkan waktu buat mencicipi kuliner-kuliner enak di destinasi wisata, misalnya halnya apabila pada Surabaya, Tahu Teck Teck Pak Ali jadi rekomendasi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter