-->

Kereta Api Terpanjang Setara 12 Lapangan Sepakbola!

Kalau biasanya ukuran kereta barah tidak terlalu diperhatikan, sebab kita penekanan pada perjalanan. Namun kali ini akan tidak sinkron, lihat saja The Ghan, kereta api dengan panjang sekitar 1 kilometer. Bahkan hingga masuk ke The Guiness World Records sebagai kereta barah terpanjang. Seperti apa sih cerita dibalik keunikan tersebut? Yuk, disimak ulasan berikut.

Kereta The Ghan Panjangnya Sekitar 1 Kilometer, Seperti 12 Lapangan Sepakbola

Panjangnya Mencapai 1 Kilometer via Instagram @miss_alexa
Panjangnya Mencapai 1 Kilometer via Instagram @miss_alexa

The Ghan adalah nama resmi berdasarkan kereta api yg berlokasi pada Australia. Kendaraan transportasi ini memiliki panjang kurang lebih 1,09 kilometer. Kalau diperkirakan setara menggunakan 12 kali panjang lapangan sepakbola.

Nah saking panjangnya, The Ghan bahkan dinobatkan menjadi kereta api terpanjang sang The Guiness World Records. Mengalahkan The Indian Pacific yang punya panjang lebih kurang 774 meter, melayani rute Sydney-Perth.

Termasuk Kereta Legendaris, Beroperasi Semenjak 1929

Kereta Api Legendaris yang Telah Beroperasi Semenjak 1929 via Instagram @shannonmcgrath7
Kereta Api Legendaris yang Telah Beroperasi Semenjak 1929 via Instagram @shannonmcgrath7

The Ghan tidak hanya punya keunggulan pada ukuran panjangnya, namun kereta ini pun termasuk legendaris. Kereta api terpanjang ini sudah beroperasi semenjak tahun 1929.

Rute kendaraan ini merupakan menghubungkan Adelaide di Australia Selatan, menggunakan Darwin di bagian utara Benua Kangguru ini. Kereta barah ini hanya menyediakan jasanya selama satu kali dalam seminggu.

Perjalanan Ditempuh Selama 3 Hari 2 Malam

The Ghan Menempuh Perjalanan Selama 3 Hari 2 Malam via Instagram @craving_fortravel
The Ghan Menempuh Perjalanan Selama tiga Hari 2 Malam via Instagram @craving_fortravel

Kecepatan rata-rata The Ghan adalah 85 kilometer per jam dengan panjang rute dua.979 kilometer. Dapat ditempuh pada kurun ketika 54 jam atau sekitar tiga hari dua malam. Kereta api terpanjang ini hanya berhenti sekali di Alice Springs, kota antara Adelaide menggunakan Darwin. Pemberhentian tadi memiliki durasi sekitar 4 jam.

Punya 44 Gerbong, Mampu Memuat lima.800 Penumpang

Punya 44 Gerbong Penumpang via Instagram @australia
Punya 44 Gerbong Penumpang via Instagram @australia

Kereta api terpanjang ini memiliki 44 gerbong penumpang & dua lokomotif. Dengan banyaknya gerbong yang disediakan, The Ghan dapat menampung lebih kurang 5.800 penumpang buat sekali jalan.

Berhubung tamunya sangat banyak, kru yg ditugaskan pun wajib menyesuaikan yaitu sebesar kira-kira 55 orang. Kereta ini pun dilengkapi dengan fasilitas diantaranya, lima gerbong lounge, 6 gerbong restoran, dan gerbong spesifik barang bawaan pelancong.

Selain memperbanyak kru, persediaan bahan standar buat restoran pun nir kalah poly. Sekali jalan saja, harus mengangkut hampir 200 kilogram sayur & daging ikan hingga 3 ribuan terlur.

Kalau Teman Traveler naik The Ghan, tentu akan merasakan pengalaman tidak selaras menikmati keindahan Australia. Dapat menyaksikan panorama berdasarkan bagian selatan ke utara. Kalau punya kesempatan, Teman Traveler berminat menjajal naik kereta api terpanjang ini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter