-->

Unik Waterpark Terbengkalai di Tengah Danau Ini Malah Jadi Destinasi Backpacker

Destinasi nir hanya terbatas dalam wisata alam latif, maupun atraksi instagenic. Beberapa pelancong yang getol mencoba hal-hal dan mengunjungi tempat nir biasa, contohnya bangunan yg telah terabaikan. Termasuk wisatawan yg liburan di Vietnam, mereka sempatkan mampir ke waterpark terbengkalai di tengah danau. Seperti apa rupanya hingga menarik minat para turis?

Dibuka buat Umum Tahun 2004

Sempat Dibuka Tahun 2004 via Shutterstock
Sempat Dibuka Tahun 2004 via Shutterstock

Sebelum terbengkalai, bangunan ini adalah waterpark bernama Ho Thuy Tien yang berlokasi di tengah sebuah danau. Pembangunan taman bermain ini memakan biaya sekitar Rp41 miliar. Walaupun masih setengah jadi, Ho Thuy Tien dibuka buat umum pada tahun 2004. Pengunjung tiba buat menyaksikan kemegahan waterpark 3 tingkat berbentuk naga.

Menyaksikan Hamparan Hutan di Dalam Mulut Naga via Instagram @mpodbury
Menyaksikan Hamparan Hutan pada Dalam Mulut Naga via Instagram @mpodbury

Menyaksikan ikan-ikan pada ‘perut’ naga, naik ke bagian mulut demi melihat panorama hutan pada sekitarnya, juga makan pada restoran yg berada di pinggi kolam renang kaca. Tetapi sayangnya, taman bermain ini tiba-datang ditutup beberapa tahun sesudah debut. Walaupun tersebar rumor akan dibuka kembali, namun sampai kini bangunan ini permanen terbengkalai.

Berada di Tengah Danau Thuy Tien

Berada di Tengah Danau via Instagram @ale_tars
Berada di Tengah Danau via Instagram @ale_tars

Waterpark terbengkalai ini berada di tengah Danau Thuy Tien, Kota Hue. Pengunjung harus berjalan kaki menurut ujung danau menuju Ho Thuy Tien melewati jembatan yg juga terlihat terabaikan.

Beredar informasi bahwa buaya yang dulu dipelihara di akuarium waterpark ini dilepaskan ke danau. Tetapi keterangan tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan buat mampir ke bekas taman bermain ini.

Menjadi Tujuan ‘Wajib’ Backpacker

Bagian Dalam Ho Thuy Tien via Shutterstock
Bagian Dalam Ho Thuy Tien via Shutterstock

Kepopuleran Ho Thuy Tien tersebar menurut lisan ke verbal, lalu kini gambarnya banyak ditemukan pada media umum. Waterpark terbengkalai ini seolah menjadi destinasi harus bagi pelancong, terutama backpacker. Mereka menyusuri bangunan yg sudah retak, dipenuhi grafiti, flora liar, bahkan airnya penuh lumut.

Menuju Ho Thuy Tien

Ho Thuy Tien, Waterpark Terbengkalai via Instagram @blancog14
Ho Thuy Tien, Waterpark Terbengkalai via Instagram @blancog14

Bekas waterpark ini berlokasi lebih kurang 10 kilometer dari pusat Kota Hue, Provinsi Thua Thien-Hue, Vietnam bagian timur. Tidak diketahui ada transportasi umum menuju Ho Thuy Tien, jadi coba menyewa motor atau dipandu agen bepergian. Pengunjung akan melewati jalanan bertanah dan perkebunan sebelum mencapai gerbang. Sebenarnya tidak terdapat tiket masuk, tetapi masyarakat setempat umumnya akan meminta sejumlah biaya .

Setelah membaca ulasan pada atas, Teman Traveler berminat singgah ke Ho Thuy Tien waktu liburan di Vietnam? Bagaimana dari Teman Traveler? Bangunan ini menakutkan tidak?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter