-->

Weekend Getaway di Penang Modal 1 Jutaan Begini Caranya

Setelah seminggu bekerja, weekend memang selalu jadi momen yg dinantikan-tunggu. Banyak yg memanfaatkannya buat sekedar beristirahat, atau bahkan liburan. Nah, bila Teman Traveler lagi pengen jalan-jalan ke luar negeri tapi budget & saat terbatas, weekend getaway pada Penang sanggup jadi pilihan.

Tak cuma indah, pulau pada Malaysia ini tergolong ramah kantong. Cukup bermodal Rp1 juta-an, Teman Traveler sanggup puas menjelajah pulau ini selama akhir pekan. Penasaran? Yuk, simak cara mengatur short escape murah meriah ke Penang ini dia.

Transportasi 

Bukti pemesanan tiket Jakarta-Penang (c) Main Dimana/Travelingyuk

Rajin-rajinlah memantau tiket promo. Apabila beruntung, Teman Traveler mampu mendapatkan tiket PP Jakarta – Penang menggunakan harga sekitar Rp600 ribu-an saja.

Perjalanan udara Jakarta – Penang memakan ketika sekitar 2 setengah jam. Jangan lupa siapkan playlist lagu, buku favorit, atau wahana hiburan apapun yg sanggup membantu Teman Traveler membunuh waktu selama perjalanan.

Akomodasi

Tarif sewa hotel pada Penang relatif terjangkau, mulai menurut Rp150 ribu-an buat tipe kamar double bed. Jika Teman Traveler bepergian bareng sahabat, bisa split bill buat berhemat pengeluaran. Percaya kan bila weekend getaway pada Penang mampu irit?

Ada baiknya memilih hotel sesuai menggunakan tujuan liburan di Penang. Apabila ingin menjelajah daerah kurang lebih pusat kota, sebaiknya pilih penginapan di Georgetown. Jika ingin liburan dekat pantai, mampu coba menginap di wilayah Batu Ferringhi.

Ada beberapa pilihan transportasi yang tersedia. Jika tak sedang buru-buru, Teman Traveler mampu coba berkeliling memakai RapidPenang. Bus umum ini mirip TransJakarta, akan tetapi siapkan uang pas karena sopir takkan memberi kembalian.

Tiket RapidPenang (c) Main Dimana/Travelingyuk

Tarif RapidPenang bergantung pada jeda. Perjalanan di bawah 14 km, relatif membayar RM dua atau kurang lebih Rp7.000 saja. Murah banget, kan? Apalagi dominan tempat wisata sudah dilalui transportasi generik ini. Tetapi, jika Teman Traveler ingin menghemat waktu, sanggup menggunakan Grab atau taksi. Tentu saja saja biayanya akan lebih mahal.

Wisata

Budget minim tak dan merta membatasi pilihan wisata ketika weekend getaway pada Penang. Di pulau ini ada poly tempat wisata perdeo yang mengasyikkan, kok. Pastinya jua indah & mampu bikin feed Instagram Teman Traveler makin kece.

Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple (c) Main Dimana/Travelingyuk

Jangan lupa buat berkunjung ke keliru satu kuil Budha terbesar se-Asia Tenggara. Untuk mencapa kuil ini, Teman Traveler mampu naik RapidPenang dari KOMTAR Bus Terminal no. 204, menggunakan tujuan Pasar Air Itam. Perjalanannya akan memakan saat sekitar 30 menit. Setelah hingga di Pasar Air Itam, Teman Traveler masih wajib berjalan kaki lebih kurang 10 mnt, sebelum hingga pada pintu masuk.

Sebelum mengunjungi Kek Lok Si Temple, sebaiknya pastikan tubuh berada pada syarat fit dan stamina relatif prima. Pasalnya buat sampai zenit, Teman Traveler wajib menapaki lumayan banyak anak tangga.  

Pertunjukan kembang barah (c) Main Dimana/Travelingyuk

Waktu terbaik buat mengunjungi Kek Lok Si adalah waktu perayaan Imlek. Kuil akan dibuka malam hari & tampak meriah dengan hiasan lampu rona-warni pada tiap sudutnya.   

Selama hari-hari biasa, Kek Lok Si Temple buka antara jam 07.00 – 17.30. Sedangkan waktu Imlek, kuil ini sanggup dikunjungi antara pukul 19.30 – 00.00. Tak ada tiket masuk sama sekali, hanya saja Teman Traveler wajib membayar RM tiga atau lebih kurang Rp10.000 bila ingin masuk area Patung Dewi Kwan Im.

Hin Bus Depot

Mural pada Hin Bus Depot (c) Main Dimana/Travelingyuk

Bisa dibilang, inilah loka orang-orang artsy Penang berkumpul. Jangan heran jika Teman Traveler disambut beragam mural & instalasi seni saat berkunjung ke tempat ini.

Tak hanya menjelajah spot-spot Instagenic, Teman Traveler jua mampu mencoba kelas yoga, membuat keramik, atau bahkan mini skatepark di kurang lebih Hin Bus Depot.   

Mural manis (c) Main Dimana/Travelingyuk

Teman Traveler sebaiknya berkunjung di hari Minggu. Pada hari tersebut, loka ini akan ramai menggunakan adanya event Sunday Pop Up Market. Kalian sanggup membeli barang-barang unik dari bisnis lokal rakyat Penang, mulai dari aksesori, handmade soap, sampai tanaman hias. Tak perlu takut kelaparan, lantaran event ini jua kerap diramaikan food bazaar.     

Clan Jetties

Dermaga Clan Jetties (c) Main Dimana/Travelingyuk

Clan Jetties merupakan pemukiman tradisional Tionghoa yang sudah ada semenjak abad ke-19. Keunikan tempat ini terletak dalam struktur pemukimannya yang dibangun pada atas air, ditopang kayu-kayu kokoh.

Suasana mentari terbenam di Clan Jetties (c) Main dimana/Travelingyuk

Sebaiknya Teman Traveler mengunjungi tempat ini menjelang sore hari. Pasalnya, estetika mentari terbenam pada tepian dermaga Clan Jetties benar-sahih sayang buat dilewatkan.

Penang Street Art

Mural pada Penang Street Art (c) Main dimana/Travelingyuk

Sudah bukan rahasia bahwa Penang terkenal akan muralnya. Tersebar d seluruh penjuru kota, pada banyak sekali macam gaya dan desain. Tetapi apabila ingin tiba ke ‘pusat’ mural, Teman Traveler sanggup pribadi meluncur ke Penang Street Art.

Kuil pada lebih kurang Penang Art Street (c) Main Dimana/Travelingyuk

Kawasan ini kerap dipadati sang turis-turis mancanegara. Rasakan asyiknya sensasi jalan-jalan sore beserta wisatawan dari negara lain. Bakal jadi pengalaman yang sangat mengasyikkan lho!  

Nah, apabila dikalkulasi mulai dari tiket pesawat sampai porto wisata, hotel, dan makan buat weekend getaway pada Penang, berikut merupakan budget yang harus Teman Traveler siapkan:

  • Tiket pesawat PP : Rp600.000
  • Hotel : Rp200.000
  • Transportasi (dua hari) : Rp200.000
  • Makan (2 hari) : Rp200.000
  • TOTAL: Rp1.200.000

Terbukti kan, weekend getaway pada Penang sangat terjangkau dan layak dicoba? Yuk Teman Traveler, mulai menabung sejak sekarang.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter