-->

Yuk Icip-icip Lezatnya Kuliner Ponorogo Cita Rasa Kota Reog yang Menggugah Selera

Masih galau menentukan tujuan traveling akhir pekan ini? Teman Traveler bisa coba datang ke Kabupaten Ponorogo. Kota yang populer menggunakan kesenian reog ini punya sederet sajian kuliner khas menarik. Patut kalian coba apabila sedang bertandang ke Jawa Timur.

Hampir tiap sudut Ponorogo menyajikan variasi santapan majemuk. Lantas apa saja sih, masakan Ponorogo yg relatif direkomendasikan buat dicoba? Yuk Teman Traveler, kita simak daftar lengkapnya satu-persatu.

Nasi Pecel Iwak Kali Bu Carik

Nasi Pecel Iwak Kali Bu Carik(c) Era Pradita/traveling yuk
Nasi Pecel Iwak Kali (c) Era Pradita/Travelingyuk

Salah satu masakan Ponorogo yang pantang Teman Traveler lewatkan adalah Nasi Pecel Iwak Kali Bu Carik. Hidangan satu ini identik dengan sambal spesial menggunakan rasa pedas legit. Rempeyek iwak kali jua jadi komponen yg tidak boleh ketinggalan, sekaligus menjadi karakteristik khas sajian ini.

Cukup merogoh kocek Rp8.000 Teman Traveler telah sanggup menikmati seporsi Nasi Pecel Iwak kali. Apabila penasaran, pribadi saja tiba ke Jalan Ponorogo-Wonogiri, Sekayu, Ponorogo. Lokasinya persis pada sebelah barat Jembatan Sekayu.

Sego Gegog

Sego Gegog Ponorogo(c) Era Pradita/Traveling yuk
Sego Gegog (c) Era Pradita/Travelingyuk

Dibandrol mulai Rp5.000, kelezatan Sego Gegog (Sego Genem Godhong Gedang) pantang kalian lewatkan. Penamaan tadi terinspirasi dari istilah Bahasa Jawa, sego yg berarti nasi, genem yg artinya dibungkus, godhong berarti daun, dan gedhang berarti pisang.

Sajian khas Ponorogo ini dimasak menggunakan cara dikukus. Nasi yang digunakan umumnya kira-kira satu kepal, dipadukan menggunakan daun kemangi serta parutan kelapa yg telah dibumbui. Makin nikmat disantap dalam keadaan hangat.

Selain pedas, Sego Gegog umumnya pula dijajakan bersama varian lauk dan isian. Sebut saja Gegog ayam, ikan salem, jamur, tomat,, dan masih banyak lagi. Tertarik mencoba? Teman Traveler sanggup langsung meluncur ke Jalan Puspowarno, Prajuritan, Kecamatan Tambakbayan, Ponorogo. Penjaja nasi gegog di sini buka mulai pukul 08.00 sampai 22.00. Rasanya dijamin bikin ketagihan.

Es Dawet Gempol

Es Dawet Gempol Khas Ponorogo(c)Era Pradita/Traveling yuk
Es Dawet Gempol (c) Era Pradita/Travelingyuk

Termasuk keliru satu minuman terkenal Ponorogo, kelezatan Es Dawet jua patut dicoba. Teman Traveler bisa menemukannya di Jalan Jenderal Sudirman atau kurang lebih sentra kota. Tepatnya pada sisi timur SMKN 1 Ponorogo.

Isiannya terdiri berdasarkan dawet putih, ketan hitam, & gempol. Semua bahan tadi lantas disiram kuan santan & gula legit. Rasanya manis dan legit, pas sekali diminum siang hari di tengah panasnya hawa Ponorogo. Dibandrol Rp3.000 per porsi, dijamin Teman Traveler bakal minta nambah buat dibawa pergi.

Sate Setono Pak Ateng

Sate Setono Yang Gurih Ngangenin(c)Traveling yuk
Sate Setono Pak Ateng (c) Era Pradita/Travelingyuk

Ponorogo memang terkenal menggunakan satenya. Nah, sate satu ini relatif terkenal lantaran selain enak, harganya pula murah. Seporsi Sate Setono Pak Ateng mampu didapat menggunakan harga Rp12.000, telah termasuk lontong dan 10 tusuk sate ayam lembut.

Ciri spesial Sate Setono Pak Ateng ada di sambal kacangnya, yg bikin masakan ini beken dan jadi keliru satu favorit pada Ponorogo. Apabila tak sabar ingin mencoba, Teman Traveler sanggup pribadi datang ke Jalan Soekarno Hatta. Lokasinya ada di sebelah timur jalan dan mereka buka mulai pukul 16.00 sampai 22.00.

Lontong dan Nasi Tahu Telor Gembleg 1

LONTONG & NASI TAHU TELOR “GEMBLEG 1” (c)Era Pradita/Traveling yuk
Warung Mas Iwan (c) Era Pradita/Travelingyuk

Lontong & Tahu Telor Mas Iwan juga patut jadi tujuan wisata kuliner Teman Traveler selama berada di Ponorogo. Kalian sanggup menemukannya pada Jalan Letjen Supraptop, Desa Siman. Tepatnya pada perempatan Pasar Pon Ponorogo, menuju arah selatan.

Mereka buka mulai pukul 17.00 sampai habis. Seporsi tahu lontong/telur pada sini dihargai Rp10.000, lengkap dengan taburan bawang goreng, irisan kubis tipis, & beberapa kacang utuh. Tetapi yg membuatnya terasa istimewa & beda dari hidangan homogen merupakan parutan kelapa goreng dan saus kacang istimewa.

Jadi tunggu apa lagi Teman Traveler? Buruan ayo, tiba ke Bumi Reog buat memuaskan keinginan akan kelezatan kuliner Ponorogo. Apalagi harganya jua murah meriah dan tidak bikin kantong bolong. Jadi, telah tahu hendak memilih santapan yang mana?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter