-->

Asyiknya Jelajah Pasar Karetan Dimanja Ragam Jajan Khas Tradisional

Pada hari Minggu, aku berniat ingin melakukan ritual tidur hingga siang, tetapi mendadak teringat terdapat ajakan tiba ke Pasar karetan di pagi hari. Undangan itu tiba dari seseorang pengurus Genpi. Ia hendak mengajakku berkeliling area sekitar pasar karet, semacam fun walk lah

Genpi adalah akronim menurut Generasi Pesona Indonesia. Komunitas bentukan pemerintah ini tersebar di semua Nusantara. Aku sendiri saat ini tercatat menjadi anggota Genpi Semarang.

Singkat cerita, ada program fun walk yang diselenggarakan di kurang lebih Pasar Karetan pada Minggu, 20 Januari 2019. Teringat hal tadi, aku membatalkan melakukan ritual tidur hingga siang.

Setelah mandi & bersiap-siap, kurang lebih pukul 06.00 aku mengendarai motor menuju Karetan. Aku sama sekali buta pada mana pasar tadi berada. Tetapi, dengan bermodalkan pedoman google maps, aku bergegas menuju lokasi. 

Pasar dengan Konsep Unik

Papan nama Pasar Karetan (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Pasar Karetan terletak di wilayah Boja, lengkapnya pada Jl. Sasak tiga, Krajan, Meteseh, Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tempatnya relatif jauh berdasarkan rumahku di Semarang timur. Setelah perjalanan satu setengah jam, saya akhirnya hingga juga di Karetan.

Rimbunnya pohon karet (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Sesuai namanya, terdapat ribuan pohon karet berada pada kurang lebih sini. Aku eksklusif membatin sembari terkagum. Konsep yg diusung pasar ini benar-sahih unik.

Beragam Varian Menu

Stand makanan tradisional (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Tanpa basa-basi, aku eksklusif masuk ke pada pasar dan melihat apa saja yang ditawarkan di sini. Aku lantas terpaku melihat majemuk stand beredar di setiap sudut, menyajikan deretan kuliner tradisional.

Selain menikmati panorama alam lebih kurang, engkau pula bisa mengisi perut menggunakan beberapa kuliner tradisional. Dijamin luar biasa lezat dan mengenyangkan.

Stand penjual kopi (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Menu yg ditawarkan di sini tidak mengecewakan poly. Beberapa yang sempat saya lihat antara lain jajan tradisional seperti cengkelek, gemblong bakar, dan kacang godhog. Selain itu ada makanan berat misalnya gendhar pecel, nasi jagung, nasi gudangan, pecel keong, & baceman. Untuk minuman, kalian sanggup menjajal wedang ronde juga rempah.

Wedang Rempah tersedia di Karetan (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Deretan kuliner yg disebutkan di atas baru sebagian saja. Tentu saja kamu mampu menemukan beragam sajian lain di sini. Bisa jadi pembuka anggun buat mengawali Minggu.  

Alat Transaksi Unik

Alat tukar bernama girik (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Masih terdapat lagi keunikan yg membuatku kian kagum dengan Pasar Karetan. Untuk membeli jajanan juga makanan di sini, kamu wajib menggunakan girik (homogen koin-red), indera tukar yg hanya berlaku di pasar ini.

Suasana asri sekitar pasar (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Kamu sanggup menukarkan uang dengan girik di stand spesifik. Lokasinya ada sempurna di depan pintu masuk. Apabila terlewat, tak perlu risi. Ada jua stand penukaran lain tepat di tengah-tengah pasar, dekat panggung pertunjukkan.

Selfie Hingga Memanah

Spot foto-foto (c) Adieb Maulana/Travelingyuk

Setelah puas dimanjakan sederet jajanan di Pasar Karetan, terdapat beberapa hal menarik yg mampu kamu jelajahi. Selain pertunjukan live music, pengelola pasar pula menyediakan beberapa spot foto dan arena mini buat belajar memanah! Wow, sangat lengkap.

Arena memanah (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Kamu bisa menemukan spot foto di hampir setiap sudut Pasar Karetan. Apalagi wilayahnya cukup luas, engkau mampu berkeliling sembari menjelajah semuanya semaksimal mungkin.

Panorama Alam Memukau

Salah satu sudut indah di pasar (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Kehadiran sederet stand makanan tradisional serta pemandangan alam luar biasa, mungkin sanggup menciptakan Pasar Karetan sebagai opsi bagi kamu buat mengisi aktivitas pada Minggu pagi. Destinasi yang seru dikunjungi bersama keluarga, bukan?

Suasana pada lebih kurang pasar (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Bagi kamu yg sedang berkunjung ke Semarang atau memang menjadi warga sekitar, sempatkanlah berkunjung ke Pasar Karetan pada akhir pekan. Kalian sanggup sekadar memanjakan pengecap dengan kuliner tradisional, sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Fasilitas generik di sini pula lumayan lengkap. Tersedia toliet higienis serta nyaman dipakai. Dijamin takkan menyesal berkunjung ke Pasar Karetan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter