-->

Berencana Mendaki Gunung Merbabu? Dilarang Bawa Tissue Basah Mulai Sekarang!

Teman Traveler hobi mendaki gunung dan berencana untuk mendaki Gunung Merbabu pada saat dekat ini? Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Resort Selo mengeluarkan anggaran pendakian, yang galat satunya adalah dilarang membawa tissue basah saat mendaki. Mengapa begitu? Berikut ini Travelingyuk lansirkan informasinya berdasarkan Kompas.

1. Menjadi Larangan yang Ditekankan berdasarkan 16 Larangan Lain

Mendaki Merbabu Patuhi Peraturannya via Instagram/kecapsedaapp

Setidaknya ada 16 larangan yg diberlakukan bagi siapa saja yg akan mendaki Gunung Merbabu. Salah satu yang ditekankan dan digarisbawahi adalah larangan membawa tissue basah. Disampaikan Kepala BTNG Merbabu, Edy Sutiyarto, hal tadi sudah dibahas beserta menggunakan pihak yg peduli terhadap lingkungan.

2. Tissue Basah Penyumbang Sampah Kedua pada Gunung

Sampah Tissue Basah Kedua Terbanyak di Gunung Merbabu via Instagram/pejalan_kaki

Pendaki dihentikan buat membawa tissue basah ketika naik ke atas gunung. Alasannya merupakan karena faktor lingkungan. Disebutkan bahwa tissue basah merupakan sampah terbanyak kedua yg ditemukan pada gunung selesainya sampah botol bekas air mineral.

Sayang apabila Keindahan Merbabu Dicemari Sampah via Instagram/buang.Ketika

Tissue basah poly tertinggal dan sebagai sampah yang sulit terurai sang tanah. Walau ukurannya kecil, beliau sebagai keliru satu barang harus para pendaki. Sayangnya, dia jua sebagai sampah yang mencemari lingkungan pada daerah gunung.

3. Diberlakukan pada Jalur Selo & Menyusul Jalur Lainnya

Diberlakukan pada Jalur Pendakian Selo via Instagram/alsyamrohnrg

Peraturan tidak boleh membawa tissue basah ketika melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, baru dikeluarkan buat pendakian via Selo. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan buat diberlakukan di jalur pendakian yg lain.

Jalur Selo yang Hits pada Kalangan Pendaki Merbabu via Instagram/nedikusnedi

Perlahan-lahan, dibarengi dengan sosialisasi kepada warga luas agar jangan menambah poly bahan sampah yg sulit terurai. Dengan adanya peraturan ini, pendaki bisa mengganti tissue basah menggunakan membawa sapu tangan atau tissue kemarau yg dibasahi. Meski begitu, sampah tissue tetap jangan ditinggalkan begitu saja.

4. Larangan Lainnya

Ilustrasi Api Unggun yang Juga Dilarang via Instagram/firesled.Mobile.Grill

Selain embargo membawa tissue basah, waktu mendaki Gunung Merbabu, pendaki jua dihentikan membuat barah unggun, merusak kawasan taman nasional, membawa pisau menggunakan panjang bilah lebih dari 15 cm, dan penetapan batas usia minimal pendakian, yaitu 10 tahun.

Indahnya Pemandangan dari Merbabu via Instagram/wahyudwihartono

Mendaki Gunung Merbabu sebagai agenda menurut cukup banyak pecinta gunung. Pemandangan yang anggun dan lokasi yang gampang dijangkau, merupakan beberapa sebab.

Mulai sekarang, apabila Teman Traveler memiliki rencana untuk mendakinya, jangan membawa tissue basah ya! Gunakan saja alternatif lain seperti yg disarankan oleh petugas. Setuju? Jadi kapan berencana buat mendaki?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter