-->

Cicipi 7 Kuliner Penang Paling Terkenal Cita Rasa Otentik Kelas Dunia

Bicara soal Penang, Teman Traveler mungkin akan memikirkan sebuah kota sederet bangunan berarsitektur lawas. Namun yang tidak kalah menarik tentu saja merupakan masakannya. Warisan masakan Penang bahkan telah dikenal luas di semua global.

Pada 2014 silam, Penang sempat dinobatkan sebagai ‘No 1 Food Destination in The World’ sang Lonely Planet. Nah, berikut merupakan 5 rekomendasi kuliner Penang yang wajib Teman Traveler coba apabila sedang berkunjung ke Malaysia.

Char Koay Teow

Choar Koay Teow pada Chulia Street Night Hawker Stalls (c) Main Dimana/Travelingyuk

Pada dasarnya Char Koay Teow adalah kwetiau yang dimasak memakai tungku dan arang. Dibandingkan olahan kwetiau Indonesia yang gurih & cenderung pedas, Char Koay Teow terasa lebih ringan & manis.

Makanan ini relatif populer di Penang, jadi tidak sulit menemukannya. Salah satu yg populer merupakan Chulia Street Night Hawker Stalls yang masuk dalam daftar 5 Char Koay Teow paling top di Penang.

Popiah

Popiah pada Chulia Street Night Hawker Stalls (c) Main dimana/Travelingyuk

Masih pada Chulia Street Night Hawker Stalls, terdapat jajanan bernama Popiah yg wajib dicoba. Cemilan ini mirip lumpia, hanya saja isiannya menggunakan lobak parut, daun selada, rabat telur, wortel, dan saus manis. Teman Traveler mampu mencoba 2 jenis popiah, basah atau goreng.  

Chulia Street Night Hawkere Stalls (c) Main dimana/Travelingyuk

Nasi Lemak

Nasi Lemak & Sotong Goreng di Projek Nasi Lemak Dato Keramat (c) Main dimana/Travelingyuk

Kalau sudah pernah mencoba nasi lemak biasa, nir terdapat salahnya mencoba versi unik dari Projek Nasi Lemak. Tidak misalnya kebanyakan, restoran ini menyediakan nasi lemak berwarna biru lho!

Projek Nasi Lemak di Jalan Dato Keramat (c) Main Dimana/Travelingyuk

Jangan khawatir, rona birunya berasal menurut bunga telang yang dipercaya baik bagi kesehatan. Ditemani sotong goreng crispy & daging lembut, sepiring nasi lemak biru ini niscaya terasa kurang deh.   

Assam Laksa

Assam Laksa, Loh Bak, & Popiah (c) Main Dimana/Travelingyuk

apabila sedang berkunjung ke Kek Lok Si Temple, pastikan buat menyempatkan diri merasakan asam laksa paling legendaris pada Pasar Air Itam. Kedai ini tidak pernah sepi pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Kedai pada Pasar Air Itam Laksa (c) Main Dimana/Travelingyuk

Kuah asam laksa di sini relatif kental, menggunakan campuran rasa pasta udang, mint, dan kaldu ikan. Di kurang lebih sini Teman Traveler jua mampu menemukan jajanan misalnya Loh Bak & Popiah. Keduanya sanggup dijadikan pelengkap saat menikmati assam laksa.  

Teochew Chendul

Penang Road Famous Teochew Chendul (c) Main Dimana/Travelingyuk

Untuk mengobati rasa haus waktu berkeliling Penang pada siang hari, melipir saja ke Penang Road Famous Teochew Chendul. Mungkin Teman Traveler akan disambut antrean panjang, akan tetapi sepadan menggunakan rasa cendol spesial Penang ini.

Berbeda dengan cendol Indonesia, rasa Teochew Chendul tidak terlalu anggun dan dilengkapi kacang merah. Bentuknya jua tidak sama, kurus dan memanjang.  

Penang Road Famous Teochew Chendul (c) Main Dimana/Travelingyuk

Nasi Kandar

Nasi Kandar Line Clear (c) Main Dimana/Travelingyuk

Teman Traveler mampu menemukan banyak kuliner India di Penang, galat satunya Nasi Kandar. Salah satu kedai nasi kandar yang sangat terkenal pada sini merupakan Nasi Kandar Line Clear. Buka 24 jam, mereka menyediakan dua pilihan nasi, yaitu nasi putih & nasi briyani. Pengunjung sanggup memilih sendiri lauk pauknya, mulai dari ayam goreng, sotong, sampai kepala ikan.

Roti Canai

Roti Canai Telur di Transfer Road (c) Main Dimana/Travelingyuk

apabila sedang gundah menentukan hidangan sarapan saat liburan pada Penang, kunjungilah Roti Canai Transfer Road yg selalu dipadati pengunjung. Apapun roti canai yg Teman Traveler pilih, pastikan meminta ‘kuah campur’ agar kuah kari sedap mampu meresap paripurna ke pada lembutnya roti canai. Tenang saja, walaupun namanya kuah kari, teksturnya nir kental & terasa ringan untuk disantap pada pagi hari.

Suasana di Roti Canai Transfer Road (c) Main Dimana/Travelingyuk

Itulah pengalaman saya merasakan tujuh kuliner Penang paling terkenal, menggunakan cita rasa memanjakan kelas dunia. Bagaimana dengan kalian Teman Traveler? Siap berburu kuliner maknyus di Penang?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter