-->

Eksotisnya Pulau Molana di Maluku Syahdu Bagai Milik Pribadi

Teman Traveler pernah mendengar Pulau Molana? Bagi sebagian orang nama tadi mungkin cukup asing. Bisa jadi kalian mungkin banyak yg penasaran pada mana letak pulau ini.

welcome sign
Papan selamat datang pada Molana (c) Helga Christina/Travelingyuk

Molana masuk pada wilayah Provinsi Maluku. Keberadaannya jarang diketahui wisatawan, sehingga wisata ini nir poly dikunjungi. Tetapi hal tadi justru membuat suasana kurang lebih terasa syahdu, bagaikan pulau langsung. Daripada penasaran, ayo simak ulasannya ini dia.

Keindahannya Tak Kalah menggunakan Raja Ampat

Pantai di Pulau Molana yang indah
Pemandangan indah pada sekitar latif (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pulau Molana masuk daerah Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah. Letaknya nir terlalu jauh menurut Ambon & sangat direkomendasikan buat Teman Traveler kunjungi.

Molana mempunyai panorama sangat indah, dengan hamparan pasir putih halus dan gradasi air jernih yang memukau. Apabila Teman Traveler pernah mengunjungi Pantai Friwen di Raja Ampat, pemandangan di pulau ini lebih kurang hampir sama. Selain itu, kawasan ini pula mempunyai kekayaan biota bahari luar biasa.

pasir pantai yang halus
Pasir pantai yg halus (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selama berada pada Molana, Teman Traveler mampu merasakan liburan bagai di pulau eksklusif. Suasana pada sekitarnya masih tidak mengecewakan sepi dan sporadis terdapat pengunjung. Apalagi buat masuk ke sini kalian relatif membayar Rp15.000 per orang.

Perjalanan Menuju Molana

perahu jenis body yang kami naiki
Perahu jenis body yg kami naiki (c) Helga Christina/Travelingyuk

Ada beberapa transportasi yang harus dipakai buat menuju Pulau Molana berdasarkan Ambon. Pertama, Teman Traveler wajib menyebrang menggunakan kapal cepat di Pelabuhan Tulehu menggunakan tujuan Saparua. Tiketnya kurang lebih Rp65.000 dan jadwal keberangkatan umumnya dimulai pukul 09.00. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 60 menit.

Dari Pelabuhan Saparua, Teman Traveler bisa menyebrang ke Pulau Molana dengan bahtera atau speedboat. Biaya sewanya beragam, tergantung konvensi menggunakan pemilik.

Berdasarkan pengalaman saya, sewa speedboat dari daerah Haria berkisar antara Rp400.000 sampai Rp600.000 buat bepergian pergi pulang. Apabila ingin lebih murah, Teman Traveler mampu menyewa pada daerah Booi. Harganya umumnya berkisar Rp280.000 buat bepergian pergi pulang. Lumayan, bukan?

Perjalanan menurut Saparua ke Molana umumnya akan memakan saat sekitar satu jam. Akan lebih baik apabila Teman Traveler pergi berombongan lantaran bakal menghemat poly porto.

Pilihan Akomodasi pada Molana

molana island resort
Resort pada lebih kurang pulau (c) Molana Island Resort

Bagi Teman Traveler yg berencana menginap, beberapa akomodasi pada Molana atau Saparua sanggup jadi pilihan. Di dalam pulau sendiri terdapat resort nyaman menggunakan tarif lumayan.

Namun jika tidak ingin mengeluarkan budget lebih kalian sanggup mendirikan membuka tenda dan berkemah di sini. Memasang hammock jua diperbolehkan. Akan terasa lebih seru apabila Teman Traveler kemping beserta sahabat atau keluarga.

Berenang Hingga Snorkeling

berenang di pantai yang eksotis
Berenang di pulau eksotis (c) Helga Christina/Travelingyuk

Aktivitas primer selama berada di Pulau Molana adalah berenang & snorkeling. Suasana sekitar yg begitu syahdu, berenang pada sini akan memberikan sensasi tidak selaras. Teman Traveler bakal merasa bagaikan sedang berada di pulau langsung.

pintu laut
Lorong alami pada perairan Molana (c) Helga Christina/Travelingyuk

Saat perjalanan pergi Teman Traveler jangan lupa meminta kru kapal buat membawa kalian ke spot foto berbentuk lorong. Kapal sanggup berhenti sejenak agar kalian mampu berpose sepuasnya di sini.

Itulah sederet estetika dan keseruan yang mampu Teman Traveler rasakan pada Pulau Molana. Jadi bagaimana, adakah di antara kalian yg tertarik menghabiskan saat di sini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter