-->

Kuliner Bernama Buto di Indonesia Panggilan Boleh Seram Tapi Rasa Bikin Ketagihan

Apa yang ada pada benakmu waktu mendengar kata Buto? Raksasa berwarna hijau & seram ya. Ternyata, nama sosok satu ini poly diaplikasikan pada kuliner lho Teman Traveler. Ada yg diberi nama Buto karena berukuran akbar terdapat juga karena warnanya yang hijau. Inilah masakan bernama Buto pada Indonesia, rasanya tidak seseram sebutannya kok.

Mie Buto Ijo, Malang

Mie Buto Ijo, via Instagram/jalanyuk.Mamyuk
Mie Buto Ijo, via Instagram/jalanyuk.Mamyuk

Kuliner bernama Buto di Indonesia yg mampu dicoba pertama adalah Mie Buto Ijo. Bukan karena ukurannya super besar, diklaim demikian lantaran mempunyai rona hijau. Tenang saja, pewarna yang digunakan pada sini alami, memanfaatkan sayur sebagai bahan bakunya.

Teman Traveler sanggup memesan level kepedasan. Mie Buto Ijo ini berada pada Jl. Patimura No. 5A, Klojen, Malang. Harganya, satu porsi dipatok Rp13.000 saja. Rasanya lezat , engkau perlu coba ya.

Es Buto Ijo, Kediri

Es Buto Ijo, via Instagram/e_ndro
Es Buto Ijo, via Instagram/e_ndro

Di Kediri, Jawa Timur terdapat es yang prominen bernama Es Buto Ijo. Cabangnya poly di kota lain. Dalam satu porsi es ini akan terdapat berisi kelapa belia, nata de coco, kolang kaling, mutiara sagu, sampai dengan biji selasih. Warna hijaunya dari sirup yg kemudian diberi kental cantik.

Kuliner bernama Buto di Indonesia ini dikarenakan warnanya yg hijau, dianggap mencerminkan sosok menakutkan dari Buto Ijo yg adalah legenda menurut Tanah Jawa. Salah satu tempat di Kediri yg sanggup dikunjungi adalah yang berada pada Jl. Kilisuci No. 85, Kediri. Bukanya mulai menurut jam 10:00 hingga 16:00 WIB. Harganya, satu porsi es campur buto ijo dipatok Rp5.000 saja.

Nasi Goreng Buto (Nasi Goreng Papua), Jogja

Nasi Goreng Buto, via Instagram/streetfoodstories
Nasi Goreng Buto, via Instagram/streetfoodstories

Kemudian ada yg namanya Nasi Goreng Buto atau yg disebut jua dengan Nasi Goreng Papua. Disebut demikian lantaran porsinya yang benar-benar melimpah, satu piring mampu buat tiga-4 orang. Meskipun poly, namun rasanya lezat dan harganya murah meriah. Seringkali jadi langganan mahasiswa Jogja.

Nasi Goreng Papua ini berada di Jl. Godean Km. 2,9. Dari arah Tugu Jogja ke barat, setelah Mirota Kampus Godean kemudian berada pada samping Bakso Tengkleng Mas Bambang. Jam bukanya mulai dari jam 17:00 sampai habis. Harganya murah meriah, satu porsi tumpah-tumpah dipatok Rp12.000 saja.

Burger Buto, Malang

Burger Buto Panjang, via Instagram/angelinafebrianti
Burger Buto Panjang, via Instagram/angelinafebrianti

Di Malang lagi terdapat yg namanya Burger Buto yg menyajikan burger pada ukuran jumbo. Tempat ini telah terkenal semenjak beberapa waktu yg lalu. Alamatnya berada di Jl. Sarangan No. 27, Malang. Di sini terdapat yang burger biasa, namun berukuran jumbo dan berwarna hijau. Ada jua burger buto panjang yang ukurannya mencapai 40cm.

Burger Buto bulat, via Instagram/burger_buto
Burger Buto bulat, via Instagram/burger_buto

Burger Buto ini mulai berdasarkan jam 12:00 hingga 21:30 WIB. Harganya sendiri mulai menurut Rp15.000 hingga dengan Rp35.000. Salah satu yang poly dipesan adalah Burger Buto Ijo yg ukurannya jumbo mampu dimakan 5-7 orang. Jangan lupa coba ya.

Kuliner bernama Buto di Indonesia di atas sangat menarik buat dicoba ya, Teman Traveler. Jangan lupa mampi apabila sedang jalan-jalan ke tempat masakan buto itu asal, ya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter