-->

Megahnya Rammang-Rammang Sulsel Karst Terbesar Ketiga Dunia

Karst (pegunungan kapur) merupakan bentang alam spesial yang terbentuk dampak proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat, sebagai akibatnya menghasilkan permukaan bumi nan unik. Siapa sangka, Indonesia mempunyai deretan
pegunungan karst terbesar ketiga di dunia. Kawasan tadi sanggup Teman Traveler temui pada Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dikenal dengan nama Rammang-Rammang, tempat wisata satu ini sudah sangat populer pada Sulsel.

Spot foto favorit wisatawan di Kampung Berua (c) Rosita/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang suka mengunjungi objek wisata anti mainstream, tempat ini bisa jadi pilihan sempurna. Apalagi bila kalian berencana mengunjungi wilayah utara Makassar.

Berada Tak Jauh berdasarkan Makassar

Kampung Barua dikelililing pegunungan karst (c) Rosita/Travelingyuk

Rammang-Rammang berada tidak jauh berdasarkan sentra Kota Makassar. Tepatnya di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Objek wisata alam menggunakan pemandangan tidak biasa ini terpisah jarak kurang lebih 40 km menurut Ibu Kota Sulses. Bisa ditempuh dalam ketika lebih kurang dua jam, memakai mobil maupun motor.

Salah satu kegiatan favorit wisatawan pada Rammang-Rammang merupakan menyaksikan pemandangan mentari terbit. Tak heran, para pemuja sunrise rela berada di sini sejak pagi buta.

Namun tanpa melihat sunrise pun, ada laba lain yang sanggup Teman Traveler rasakan ketika tiba pagi hari. Kalian akan punya ketika lebih untuk menjelajah wilayah kurang lebih. Sebab ketika memasuki siang hari, sinar
matahari pada Rammang-Rammang bakal terasa tidak mengecewakan terik.

Apakah Arti Rammang-Rammang?

Kampung Berua, salah satu spot favorit di Rammang-Rammang (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah di antara Teman Traveler yg mengetahui makna Rammang-Rammang? Kata tadi asal dari Bahasa Makassar dan memiliki makna kabut atau awan. Saat pagi hari, formasi pegunungan pada lebih kurang sini memang kerap diselimuti kabut. Pemandangan yang tercipta begitu dramatis dan menakjubkan.

Karst Terbesar Ketiga Dunia

Megahnya pemandangan sekitar, dilingkupi sawah (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler patut berbangga karena hanya terdapat sedikit negara yg mempunyai pegunungan karst. Seperti yang disebutkan sebelumnya Rammang-Rammang, adalah Taman Hutan Batu Kapur satu-satunya pada Indonesia dan terbesar ketiga pada global.

Objek wisata yg berada di daerah Kabupaten Maros ini hanya kalah menurut Tsingy pada Madagaskar & Shilin di Tiongkok. Luar biasa bukan Teman Traveler? Oleh karena itu jangan lewatkan datang ke sini apabila ada kesempatan & waktu.

Sungai Menjadi Jalan Utama

Sungai sebagai jalan primer (c) Rosita/Travelingyuk

Rammang-Rammang memiliki sederet objek wisata menarik buat dikunjungi. Selain Telaga Bidadari, ada Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, dan Kampung Berua. Menariknya, Teman Traveler hanya bisa menuju sana memakai perahu motor mini , menyusuri aliran Sungai Pute. .

Sungai tadi sekaligus jadi jalan primer menuju sederet destinasi di kawasan Rammang-Rammang. Teman Traveler akan diajak merasakan sensasi melewati tebing-tebing batu tinggi memakai bahtera motor. Biaya sewa bervariasi, berkisar antara Rp 100.000-Rp 300.000 per perahu dengan daya angkut maksimal enam orang.

Itulah sekilas ulasan mengenai Rammang-Rammang, satu-satunya pegunungan karst terbesar di Indonesia yang sekaligus masuk peringkat ketiga dunia. Apabila Teman Traveler berencana datang Kota Makassar, jangan sampai melewatkan kesempatan buat mengunjungi loka eksotis ini. 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter