-->

Mengunjungi Pulau Lusi di Tengah Kawasan Sidoarjo

Sidoarjo merupakan galat satu kota pada Jawa Timur yang dikenal sebagai kawasan industri dan tambak. Tak heran apabila wilayah ini jua dijuluki Kota Udang. Namun, tak banyak yang memahami bahwa Sidoarjo mempunyai pulau sendiri, Pulau Lusi namanya. Lihat lebih dekat seindah apa, yuk.

Pulau Lusi (c) Gede Prima/Travelingyuk

Sejarah terbentuknya Pulau Lusi menyimpan cerita menarik tersendiri. Daripada Teman Traveler penasaran, yuk kita simak beserta ulasan kontributor Travelingyuk berikut ini.

Berawal berdasarkan Tragedi Lumpur

Jembatan pada pada pulau (c) Gede Prima/Travelingyuk

Siapa yang tidak pernah mendengar soal tentang Lumpur Lapindo? Hampir semua warga Indonesia telah mengetahui riwayat peristiwa tadi. Namanya bahkan sudah identik dengan tempat Sidoarjo. Tetapi kenyataan tadi harus diterima dengan nrimo. Kota Udang pun terus berupaya bangkit berdasarkan insiden 12 tahun silam tadi.

Lantas apa kaitannya bencana tersebut menggunakan Pulau Lusi? Menurut rakyat setempat, pulau ini terbentuk lantaran endapan dari aliran sungai yang mengarah ke laut lepas. Aliran tadi membawa material dari Lumpur Lapindo.

Seiring berjalannya waktu, endapan tadi membangun pulau baru. Pemerintah Sidoarjo lantas berinisitif menjadikannya sebagai loka wisata anyar. Harapannya, mampu membawa manfaat positif secara ekonomi.

Akses Praktis dan Murah

Papan nama di pada pulau (c) Gede Prima/Travelingyuk

Akses menuju Pulau Lusi bisa dibilang relatif gampang. Meski jaraknya menurut pusat Kabupaten Sidoarjo sekitar kurang lebih 20km, akses jalannya sangat nyaman. Sudah diaspal halus dan tidak akan sulit dilalui tunggangan roda dua maupun empat.

Untuk bisa menyebrang ke Pulau Lusi, pengunjung harus menaiki kapal menurut tempat Wisata Tlocor. Tarifnya lumayan terjangkau, hanya lebih kurang Rp25.000 per orang. Hingga goresan pena ini diturunkan, akses menuju pulau sebenarnya belum dibuka buat generik. Tetapi wisatawan bisa masuk dengan mengantongi biar menurut Koramil setempat.

Keindahannya Dirawat sang Pemerintah

Bocah di Pulau Lusi (c) Gede Prima/Travelingyuk

Perjalanan menuju Pulau Lusi memakan waktu kurang lebih 15-20 mnt menggunakan kapal nelayan setempat. Begitu hingga, Teman Traveler bisa melihat pulau ini begitu terawat. Meski terkesan gersang, suasananya terasa asri. Tidak ada sampah berserakan sama sekali.

Lantas siapa yg merawat Pulau Lusi? Usut punya usut, ternyata pulau ini dihuni oleh satu famili. Mereka diberi amanat buat menjaga dan merawat lingkungan sekitar. Tetapi demikian, mereka juga dibantu sang para anggota koramil, dan menerima fasilitas menurut pemerintah.

Tips Berkunjung ke Pulau Lusi

Menyebrang naik kapal (c) Gede Prima/Travelingyuk

Sebelum mengunjungi Pulau Lusi, terdapat baiknya Teman Traveler memastikan beberapa hal. Pertama, pastikan syarat tubuh tengah fit. Berikutnya, ingat membawa perbekalan misalnya kuliner ringan maupun air minum. Sepanjang bepergian menuju lokasi penyebrangan sangat minim orang berjualan.

Jangan lupa buat menilik persediaan bahan bakar tunggangan. Jangan hingga kehabisan karena menemukan stasiun pengisian bahan bakar di daerah lebih kurang pulau lumayan sulit.

Menikmati estetika sekitar (c) Gede Prima/Travelingyuk

Terakhir, waktu terbaik buat mengunjungi Pulau Lusi adalah pagi atau menjelang sore. Jika nekat tiba di siang hari, Teman Traveler akan mencicipi teriknya sinar matahari Sidoarjo. Namun pula jangan berkunjung terlalu malam, karena jalanan di sekitarnya sangat sepi dan cukup jauh berdasarkan tempat tinggal penduduk.

Itulah sekilas ulasan mengenai indahnya Pulau Lusi pada Sidoarjo. Bagaimana Teman Traveler, sudah terdapat yang tertarik berkunjung ke sini pada waktu dekat?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter