-->

Menyibak Keindahan Wisata Ternate dari Batu Angus Hingga Danau Tolire

Berada pada Maluku Utara, Ternate menunjukkan panorama alam mempesona. Topografi pulau ini sebagian akbar terdiri berdasarkan gunung &
perbukitan. Salah satunya merupakan Gamalama, gunung berapi aktif yang sekaligus jadi ikon wisata Ternate. Jejak letusan dahsyatnya masih sanggup dipandang sampai kini .

Kawasan Batu Angus, bukti dahsyatnya letusan Gunung Gamalama (c) Rosita/Travelingyuk

Selain Gunung Gamalama, Ternate juga punya panorama alam lain yg tidak kalah memikat. Bahkan kalian mampu melihat pribadi lokasi indah yang diadabadikan pada pecahan uang seribu rupiah. Yuk, simak kumpulan objek wisata Ternate ini dia.

Danau Tolire

Danau Tolire (c) Rosita/Travelingyuk

Jika sedang berlibur ke Ternate, Teman Traveler jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke Danau Tolire. Destinasi indah ini berada tepat pada kaki Gunung Gamalama. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Ternate.

Danau Tolire sendiri memiliki 2 perairan, Tolire Besar dan Tolire Kecil. Dua loka tersebut hanya terpisah jarak lebih kurang 200 meter.

Jalan menuju Danau Tolire (c) Rosita/Travelingyuk

Danau menggunakan luas mencapai lima hektar ini memiliki kedalaman yang belum terukur sampai kini . Menurut mitos, Tolire terbagi 2 lantaran kekhilafan seorang ayah menodai anak gadisnya sendiri. Setelah kejadian tersebut, danau meluap & mengakibatkan longsor sampai menenggelamkan seluruh desa.

Tolire jua dikenal tradisi unik bernama lempar batu. Menurut agama warga setempat, batu yg dilempar takkan pernah mencapai bagian atas danau lantaran percikannya tidak terlihat.

Batu Angus

Kawasan Batu Angus membentang sampai bibir pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Kawasan Batu Angus adalah saksi bisu letusan Gunung Gamalama pada masa lalu. Area seluas 40 hektar, membentang dari kaki gunung hingga ke bibir pantai, ini sekaligus jadi bukti konkret dahsyatnya amukan Gamalama dalam 1673.

Destinasi wisata ini berada pada poros ruas jalan lingkar Ternate. Sangat gampang ditemukan. Jaraknya hanya kurang lebih 10 km menurut pusat kota.

Sesuai namanya, pemandangan di lebih kurang Batu Angus terdiri dari hamparan batu yang tampak misalnya hangus terbakar. Namun sebenarnya daerah ini terbentuk dari lahar yang sudah mengering, mengeras, sebelum
berubah warna sebagai kehitaman. Selain keunikan tadi, menurut sini kalian jua bisa melihat panorama apik birunya lautan Ternate.

Pulau Maitara

Pemandangan yg diabadikan di uang kertas pecahana seribu rupiah (c) Rosita/Travelingyuk

Jika Teman Traveler pernah memperhatikan lebih jelasnya desain uang kertas pecahan seribu rupiah, kalian akan melihat citra latif panorama Maluku. Tempat yang dijadikan ide tak lain merupakan Maitara, pulau cantik di kawasan Ternate. Tempat ini dikelilingi pantai berpasir putih dan samudra biru.

Maitara berada di antara Ternate & Tidore (c) Rosita/Travelingyuk

Pulau Maitara sendiri memainkan kiprah penting dalam sejarah Indonesia. Menurut beberapa asal, pulau seluas 206 hektar ini sebagai tempat bangsa Portugis pertama kali menjejakkan kaki di Nusantara. Pulau ini juga sebagai pembatas daerah Kesultanan Ternate & Tidore.

Itulah ulasan singkat tentang sederet objek wisata Ternate yang tidak boleh Teman Traveler lewatkan. Tunggu apalagi? Segera rencanakan berlibur ke pulau indah di sisi timur Indonesia ini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter